Belajar pengolahan air limbah yuk! (1)

https://encrypted-tbn3.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcRo8M9Ns_VkAqGQngSsIt3-NpaKKXNT6u-YW3olvhIKo-HJj1mG

wwtp

Apa sih air limbah?

Air limbah merupakan air yang keluar dan tidak terpakai lagi dari suatu aktivitas (Industri, rumah tangga, supermarket, hotel dan sebagainya). Air limbah ini biasanya mengandung berbagai zat pencemar (kontaminan) seperti padatan tersuspensi, padatan terlarut, logam berat, bahan organik, bahan beracun, dan dapat bertemperatur tinggi.

Kemanakah air limbah ini dibuang?

Air limbah ini umumnya akan dibuang ke badan air penerima seperti sungai, laut dan kedalam tanah. Pembuangan air limbah dengan kandunganberbagai zat pencemar mengakibatkan terjadinya pencemaran pada sungai, laut, tanah dan bahkan mencemari udara. Oleh karena itu semakin banyak industri-industri dan rumah sakit yang membangun instalasi pengolahan air limbah agar tidak berdampak pada lingkungan. ngerti kaaan?

Pengolahan limbah cair  terdiri dari beberapa tahapan sehingga diperoleh air yang sesuai dengan baku mutu air. Apa itu baku mutu air?

Baku mutu air limbah adalah ukuran batas/kadar unsur pencemar dan/jumlah unsur pencemar yg ditenggang keberadaanya dalam air limbah yg akan dibuang/dilepas kedalam sumber air dari suatu usaha/kegiatan. Penetapan baku mutu air limbah didasarkan pada dua (2) aspek yaitu :

  1. Berdasarkan air limbah yang dihasilkan oleh setiap industri disebut sebagai standar air
    limbah (Effluent Standard)
  2. Berdasarkan peruntukan dari badan air penerima disebut sebagai standar air badan
    penerima (Stream Standard)

11

Gambar diatas adalah contoh parameter baku mutu

Diantaranya ada COD, BOD, dan TSS. apa sih itu? tunggu artikel selanjutnya. 😉

Tinggalkan Balasan