ada yang tahu HPLC?

15

Banyak instrumen kimia yang digunakan di industri maupun instansi pendidikan. Salah satunya HPLC. Kalau pembaca pernah membaca artikel sebelumnya tentang kromatografi. Nah, alat ini adalah hasil pengembangan dari metoda kromatografi tersebut. Hebat bukan??

Hmmm seperti apa sih HPLC ?

Coba lihat lagi gambar diatas, HPLC (high performance liquid chromatography) atau disebut Kromatografi  Cair Kinerja Tinggi merupakan salah satu teknik kromatografi untuk zat cair yang biasanya disertai dengan tekanan tinggi. Seperti teknik kromatografi pada umumnya, HPLC berupaya untuk memisahkan molekul berdasarkan perbedaan afinitasnya terhadap zat padat tertentu. Cairan yang akan dipisahkan merupakan fase cair dan zat padatnya merupakan fase diam (stasioner). Teknik ini sangat berguna untuk memisahkan beberapa senyawa sekaligus karana setiap senyawa mempunyai afinitas selektif antara fase diam tertentu dan fase gerak tertentu. Dengan bantuan detektor serta integrator kita akan mendapatkan kromatogram. Kromatorgram memuat waktu tambat serta tinggi puncak suatu senyawa.

Prinsip kerjanya bagaimana?
Pada prinsipnya, kerja HPLC adalah sama yaitu pemisahan analit-analit berdasarkan kepolarannya, alatnya terdiri dari kolom (sebagai fasa diam) dan larutan tertentu sebagai fasa geraknya. Yang paling membedakan HPLC dengan kromatografi lainnya adalah pada HPLC digunakan tekanan tinggi untuk mendorong fasa gerak. Campuran analit akan terpisah berdasarkan kepolarannya dan kecepatannya untuk sampai ke dektetor (waktu retensinya) akan berbeda, hal ini akan teramati pada spectrum yang puncak-puncaknya terpisah.
Belum kebayang hasilnya?
Berikut kromatogram hasil pemisahan dengan HPLC.

16

Terlihat jelas kan analit- analit terpisah dan membentuk peak sesuai dengan waktu retensinya. Nah setelah membaca ini ada yang penasan ingin mencoba ga? 😉

2 thoughts on “ada yang tahu HPLC?

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.