Skip to content
Iklan

Mengapa Asap Bergerak Keatas


Asap telah menjadi pemandangan umum kita sehari hari, sangat ironis karena asap ini merupakan polusi udara yang

asap rokok

sumber : purelivingchina.com

dapat menyebabkan berbagai kerusakan lingkungan maupun kerusakan tubuh alias penyakit. Pembakaran sering terjadi dimana mana. Baik sampah, hutan dan yang paling sering di sekitar kita ialah asap rokok. Asap rokok tak perlu diragukan lagi sangat membahayakan orang lain namun justru itu yang sangat sering kita lihat. Kali ini bukan asap rokok yang ingin kita bahas melainkan mengapa asap bergerak keatas , bukan kebawah? Bukankah gravitasi ini menarik kebawah?

Mari kita bahas dari asap itu sendiri. apa itu asap? asap ialah campuran antara padatan dengan udara. asap ini termasuk dalam golongan koloid dengan fasa terdispersi padat dalam fase pendispersi gas. dalam asap terdapat banyak sekali padatan padatan kecil yang terbang sehingga kita melihat asap menjadi berwarna abu abu. Kembali kepada judul, mengapa asap bergerak keatas dan bukan kebawah mengikuti gravitasi ?

Kuncinya ialah karena UDARA PANAS, Asap merupakan hasil pembakaran, pembakaran terjadi karena api, dan api menyebabkan udara panas. Ketika terkena panas, udara disekitar api akan memuai(membesar). memuai membuat massa jenis udara menjadi lebih rendah dari pada udara di sekitarnya. sehingga udara bergerak keatas dan ikut membawa padatan padatan hasil pembakaran keatas dan terjadilah asap yang bergerak keatas. Apa yang terjadi setelah keatas? Tentunya diatas sana ketika suhu udara sudah normal yang semua massa jenis sudah sama. maka abu tadi akan jatuh lagi ke bumi dan siap untuk meracuni anda.

balon udara

sumber gambar :risqagusfirhanalova.blogspot.com

Salah satu contoh yang mendukung bahwa udara panas akan bergerak keatas ialah balon terbang. di bawah balon terbang biasanya ada api yang menyala tepat di bawah balon sehingga menjaga udara dalam balon untuk tetap panas dan tidak jatuh kebawah.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s