Skip to content
Iklan

42 Manfaat Jeruk Nipis


42 Manfaat Jeruk Nipis

Jeruk nipis atau limau nipis adalah tumbuhan perdu yang menghasilkan buah dengan nama sama. Tumbuhan ini dimanfaatkan buahnya, yang biasanya bulat, berwarna hijau atau kuning, memiliki diameter 3-6 cm, memiliki rasa asam dan agak pahit,agak serupa rasanya dengan lemon.

Jeruk Nipis

Jeruk Nipis

Kandungan jeruk nipis setiap 100 g nya, terdapat 51 kal kalori, 0,9 g protein, 0,2 g lemak, 11,4 gkarbohidrat, 0,5 g mineral, 33 mg kalsium, 23 mg fosfor, 0,4 mg besi, dan 49 mg asam askorbat. Jeruk nipis juga mengandung asam sitrat, asam amino (triptofan, lisin), minyak atsiri (sitral, limonen, felandren, lemon kamfer, kadinen, gerani-lasetat, linali-lasetat, aktilaldehid, nildehid) damar, glikosida, asam sitrun, vitamin B1, dan C.

Jeruk nipis ini memiliki banyak sekali manfaat/khasiat bagi kesehatan tubuh kita baik dikonsumsi secara langsung maupun sebagai campuran untuk obar tradisional maupun modern. Berikut ini telah saya rangkum berbagai manfaat jeruk nipis dan cara mengatasi berbagai penyakit dengan jeruk nipis.

1.      Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Kandungan vitamin C yang tedapat pada tanaman ini akan memberikan perlindungan terhadap penyakit akibat dingin dan beragam penyakit lainnya. Dengan kekebalan tubuh yang meningkat akan menjaga dan melindungi tubuh dari infeksi dan penyakit.

2.      Menurunkan Berat Badan

Pengamat berat badan sering merekomendasikan agar memulai hari dengan segelas air jeruk nipis hangat. Selain memberikan perasaan kenyang, jeruk nipis juga menyediakan serat dan vitamin C yang membantu menurunkan berat badan.

3.      Menghambat Penuaan

Kandungan Vitamin C dari jeruk nipis bertindak sebagai antioksidan alami. Sehingga tubuh akan mampu melawan radikal bebas yang berbahaya bagi tubuh yang menyebabkan banyak kerusakan pada kulit Anda.Jika ingin awet muda, maka minum segelas jeruk nipis hangat memastikan Anda melawan kerutan akibat penuaan dini.

4.      Menurunkan Kolesterol

Flavonoid yang ditemukan dalam jeruk nipis bernama hesperidin juga mampu menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida. Sehingga konsumsi jeruk nipis berhubungan erat dengan risiko rendah penyakit jantung dan stroke.

5.      Membantu Meningkatkan Kesehatan Mata

Kandungan vitamin C serta antioksidan dalam buah jeruk nipis dapat melidungi mata dari penuaan dan juga degenerasi. Selain itu, kandungan flavonoid-nya dapat memberikan perlindungan kepada mata terhadap iritasi dan infeksi.

6.      Baik Bagi Kesehatan Wanita Menopause dan Ibu Hamil

Di dalam jeruk nipis terkandung kalsium dan folat, dua nutrisi yang penting bagi wanita menopause dan ibu hamil. Jeruk nipis segar setidaknya mengandung 22 mg kalsium dan 5 mikrogram folat.

7.      Agen Anti Kanker

Limonoid yang ada pada jeruk nipis telah terbukti ampuh menurunkan risiko kanker usus besar, darah, dan lambung. Hal tersebut diungkapkan oleh para peneliti. Limonoid juga aktif mengusir radikal bebas dari dalam tubuh seperti cara kerja teh hijau dan cokelat hitam

8.      Agen Pembersih Alami

Jeruk nipis hangat bisa membantu detoksifikasi dan membersihkan tubuh dengan membuang semua racun berbahaya yang terakumulasi didalam tubuh sehingga membuat lebih sehat dan segar.

9.      Meningkatkan Kinerja Pencernaan

Mengkonsumsi jeruk nipis yang dicampurkan pada segelas air hangat akan memberikan dampak baik pada proses pencernaan. Ini merangsang dan mengaktifkan seluruh proses pencernaan tubuh, sehingga membantu Anda tetap sehat dan aktif.

10.  Mengobati Panas Dalam dan Sariawan

Kandungan Vitamin C dalam Jeruk Nipis yang tinggi sangat baik dan bisa mengurangi gejala panas dalam dan sariawan

Lanjut ke halaman 2

Iklan
Pages: 1 2 3 4

5 Comments »

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s