Kimia Inti – I

Radioactive Materials Area
Radioactive Materials Area (Photo credit: LimeTech)

Kehidupan di bumi ini sangat membutuhkan sinar matahari, namun apa yang membuat matahari dapat terus bersinar? Ternyata itu ialah reaksi fusi hidrogen di pusat matahari untuk menghasilkan Helium, dan melepaskan energi yang luar biasa besar. Reaksi tersebut di sebut juga reaksi Inti.

Kimia inti atau biasa disebut kimia nuklir merupakan cabang ilmu kimia yang mempelajari mengenai sifat sifat dari inti atom, reaksinya dan fenomenanya termasuk nuklir dan radioaktivitas.

Radioaktivitas adalah fenomena pemancaran partikel dan atau radiasi elektromagnetik oleh inti yang tidak stabil secara spontan.  Siapa sebenarnya yang tidak stabil? Di pelajaran kimia awal. kita telah mengenal bahwa atom memiliki inti atom (nuklida) yang terdiri dari netron dan proton. Namun setiap unsur tidak semuanya memiliki jumlah proten dan netron yang sama. Misalmnya saja ada C12, ada pula bentuk tidak stabilnya yaitu C13. Inti yang bersifat radioaktif ini di sebut radionuklida.

Persamaan Kimia Inti

Dalam kimia inti ada sedikit perbedaan dalam penulisan reaksi kimia biasa. dimana kita harus mempertimbangkan nomor atom dan nomor massa. seperti:

images

prinsip kimia dimana jumlah muatan reaktan dan produk tetap berlaku. dalam persamaan tersebut jika dihitung  jumlah nomor atom dan momor massa sebelum dan sesudah reaksi tetap sama. itulah inti dari reaksi kimia inti.

yang diperlukan untuk menstabilkan unsur unsur radio aktif tersebut ialah partikel partikel radiasi yang memiliki muatan dan massa tersendiri. Berikut tabelnya:

tabel radioaktif

Contoh Soal :

Produk apa yang akan di hasilkan ketika Po 210 ketika terjadi peluruhan Alpha.?

Jawab:

Langkah pertama, ketahui nomor massa dan atom dari polonium 210. lalu di kurangi dengan muatan dan massa dari partikel Alpha. didapatlah suatu unsur dengan nomor massa dan nomor atom tertentu. langkah terakhir, segera cari unsur apa yang memiliki kombinasi nomor atom dan nomor massa tersebut
Peluruhan-alfa-3082013

 

Berlanjut ke kimia inti-III dan kimia inti-II

2 thoughts on “Kimia Inti – I

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.