Kimia “Study Hard, Play Harder”

Belajar Kimia Itu MudahSebelum belajar kimia, kita harus memastikan bahwa dulunya, seorang master kimia pun pernah tidak pernah mengerti kimia. Lalu kenapa sekarang mereka menjadi master? Karena, mereka tidak pernah berhenti untuk belajar. Yup, dengan belajar, kita menjadi lebih tahu.

Secara psikologi, kita diciptakan dengan kemampuan daya pikir yang sama kuat antara orang yang satu dengan orang yang lain. Saya sobat, dalam hal ini, percaya bahwa tidak ada orang yang pintar dan orang yang belum pintar. Yang ada hanyalah mereka yang terlalu rajin untuk belajar, dan orang yang terlalu rajin untuk TIDAK mau belajar. Jadi untuk gampangnya, pastikan bahwa sobat sudah membulatkan tekad untuk belajar.

Kemarin, ada yang bertanya kepada penulis, “Bro, gimana sih biar niat belajar?”. Penulis jawab dengan satu kata yang mudah saja, “Lu Harus Punya Hasrat Mau Tau”. Sebab, tanpa ada rasa penasaran dan keingintahuan maka hal-hal yang mudah saja akan terasa sulit. Sama seperti penulis tidak mampu mengingat siapa nama mantan pacar Zaskia “Goyang Itik”. Karena apa saya susah mengingat? karena penulis kurang tertarik dengan dunia gosip dan entertainment. Lah, ini koq jadi ngelantur pembicaraannya.

Nah, setelah sobat kimia memiliki rasa keingintahuan akan kimia. Maka kita bisa mencoba tips berikut ini untuk mempermudah belajar kimia.

Kimia adalah Cerita bersambung

Kimia adalah pelajaran yang diajarkan secara bertahap, dari yang paling mudah hingga kepada level yang paling sulit. Sama seperti ketika kita bermain game, tentunya, kita harus melewatkan setiap level secara bertahap. Kimiapun seperti itu, pastikan anda mengerti setiap bab yang diajarkan sebelum berlari menuju bab selanjutnya. Kalau belum mengerti? Tanya guru anda.

Buat Ringkasan

Ketika saya dulu masih berguru a.k.a masih sekolah, dinding kamar saya dipenuhi dengan coretan-coretan pelajaran (dan puisi) yang tidak jelas (bagi orang lain). Ya, membuat ringkasan, dan menempelkannya di tempat yang mudah anda lihat, akan sangat membantu anda untuk menghapalkan pelajaran yang anda pelajari.

Kimia adalah Teori dan Berhitung

Oh iya, pastinya juga ditambah dengan praktek. Bagian praktek adalah bagian yang paling menarik.  Tapi, teori adalah dasar yang tidak bisa kita kesampingkan begitu saja. Teori akan membuat anda “dapat melakukan praktek, dengan mengerti apa yang sebenarnya sedang terjadi”. Demikian juga perhitungan, perhatikan, bahwa kita berhadapan dengan zat-zat yang mungkin berbahaya. Oleh karena itu, kalkulasi yang tepat tentu sangat diperlukan.

Selalu Mencicil

Tidak hanya dalam pelajaran ekonomi akuntansi kita mengenal kegiatan mencicil. Di pelajaran kimia juga ada mencicil. Yaitu, mencicil pelajaran. Ini merupakan salah satu kunci sukses ujian, jangan pernah menggunakan sistem kebut semalam. Karena kemungkinan anda sukses lebih kecil dari pada kemungkinan anda tertidur di ruang ujian. Karena itu, biasakanlah untuk mencicil pelajaran.

Selamat belajar sobat kimia, we study hard and play harder!

Sumber. http://creativesmilekids.com/5-cara-mudah-belajar-kimia

One thought on “Kimia “Study Hard, Play Harder”

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.