Apakah Ikan Tidur ?

Apakah ikan Tidur?

T2i - Fish
T2i – Fish (Photo credit: @Doug88888)

Apa sebuah pertanyaan di benak kita jika melihat ikan yang selalu bergerak gerak dengan mata terbuka. Bahkan mungkin itu pertanyaan dari adik atau anak kita. Untuk yang tidak tahu, pasti anda bingung menjawabnya karena tidak tahu apa yang sebenarnya terjadi dengan si ikan.

Jadi begini, sebenarnya ikan itu juga TIDUR seperti kita manusia. Ya, semua hewan butuh istirahat. Namun ada yang berbeda dengan tidurnya ikan. Cara tidur ikan tidak seperti manusia. Ikan tidak memiliki kondisi tidur REM seperti manusia. Bahkan ikan hiu dapat berenang sambil tidur. Ikan juga tidak memiliki kelopak mata seperti manusia, oleh karena itu mata ikan selalu terbuka. Ikan tinggal di dalam air dan matanya selalu basah, tidak seperti manusia yang butuh kelopak mata untuk selalu membasahi mata.

Ikan juga tidak tidak tidur telentang , telengkup ataupun miring. Lalu bagaimana ikan tidur?  Ikan hanya menurunkan aktifitasnya saat tidur, terkadang ikan pergi ke pojok pojok akuarium atau batu karang. Namun aktivitas metabolisme tubuhnya sama seperti saat manusia tidur, saatnya istirahat dan pengobatan diri. Yang menarik tentang tidurnya ikan, ada suatu penelitian yang dilakukan pada tahun 2007. Menyatakan bahwa ikan yang terus di ganggu tidurnya, maka ikan tersebut akan mengalami insomnia.

Sumber:

How do fish sleep?

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.