kenapa sapi bisa gendut, bukankah sapi hanya makan rumput?

seringkali saya mendengar pertanyaan. Kenapa sih sapi gendut? padahal sapi cuma makan rumput. apakah

Carbohydrate
Carbohydrate (Photo credit: Wikipedia)

teman teman sudah tau jawabannya?
ya, kalo bagi yang tau syukurlah, tetapi bagi yang belum tau tenang saja. karena saya akan menjelaskannya secara sederhana untuk membuat teman teman mengerti.

Begini, kita sering mendengar bahwa makanan pokok kita ini berupa karbohidrat. Ya ! itu benar, tapi tentu tidak hanya karbohidrat saja, ada beberapa mineral, vitamin dan bahkan Protein. tergantung dari jenis makanan pokoknya.

untuk lebih memperjelas lagi, karbohidrat ialah senyawa organik yang berupa gabungan antara atom C, H dan O dengan rumus empiris Cm(H2O)n, (m & n ialah bilangan >0). Karbohidrat ini memiliki beberapa jenis. ada monosakarida, disakarida, oligosakarida dan polisakarida(pengelompokan berdasarkan jumlah molekulnya). Jenis jenis ini tak perlu kita bahas disini. Dan glukosa yang sering kita dengar ini ternyata termasuk dalam karbohidrat mono sakarida. bahkan gula hanya terdiri dari karbohidrat monosakarida berupa glukosa dan fruktosa. (tergantung jenis gulanya)

Perlu diketahui pula, glukosa merupakan bentuk karbohidrat yang paling banyak dipakai didalam tubuh sebagai sumber energi. Glukosa ini mengallir di aliran darah dan disimpan di hati sementara. Karena itulah setelah makan, gula darah akan meningkat. namun setelah beraktifitas gula darah akan berkurang karena telah diubah menjadi energi kita.

Lalu bagaimana dengan rumput? Rumput secara umum kaya akan serat atau disebut juga selulosa. dan selulosa

Structure of cellulose (chain conformation)
Structure of cellulose (chain conformation) (Photo credit: Wikipedia)

ini juga merupakan karbohidrat termasuk golongan polisakarida. Oleh karena itu salah besar jika anda mengatakan Karbo hanya kepada nasi. sebenarnya sayur sayuran juga merupakan karbo.

disilah pertanyaan kita akan terjawab. Mengapa manusia dengan bebas dapat memakan sayur tanpa takut semuk? Karena manusia tidak memiliki Enzim untuk mencerna serat yaitu enzim selulase, sedangakn hewan herbivora termasuk sapi memiliki enzim tersebut sehingga tanpa makan nasi mereka dapat mencerna serat menjadi glukosa dan menggunakannya untuk energi

Semoga ini semua menjawab pertanyaan teman teman. 😀

4 thoughts on “kenapa sapi bisa gendut, bukankah sapi hanya makan rumput?

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.