Kesehatan

Bagaimana Whey Protein Bisa Bagus Untuk Binaragawan

Advertisements

Whey protein adalah salah satu suplemen yang dipakai oleh binaragawan. Salah satunya adalah dengan meningkatkan massa otot dan meningkatkan metabolisme dalam tubuh.

Selain digunakan untuk kebutuhan olahraga, whey protein juga dianggap bagus untuk kesehatan. Beberapa diantaranya seperti dapat menurunkan kolesterol, menurunkan tekanan darah, mengurangi peradangan atau bahkan meningkatkan kekebalan dalam tubuh.

Terlepas dari pamornya yang juga baik dalam kesehatan, mungin banyak orang yang masih bertanya-tanya bagaimana bisa whey protein bagus untuk binaragawan khususnya saat memaksimalkan latihan fisik.

Supaya menambah pengetahuan tentang whey protein, artikel ini akan membahas tentang bagaimana whey protein bisa bagus untuk binaragawan, yang salah satunya membuat mereka bisa mampu meningkatkan massa otot. Mari simak pembahasannya!

Membantu Dalam Membangun Tubuh Binaragawan

Tubuh binaragawan tidak akan terbentuk dengan sempurna selama ia tidak melakukan latihan fisik, tak peduli seberapa banyak whey protein yang dikonsumsi oleh seseorang.

Dilansir dari NHS.uk salah satu cara bagaimana whey protein dapat membangun tubuh binaragawan adalah karena adanya kandungan asam amino yang tinggi di dalam whey. Asam amino dipercaya sebagai pembangun pertumbuhan otot yang ada pada tubuh, sehingga massa otot menjadi bertambah.

Asam amino tidak sendirian dalam mengembangkan massa otot. Protein yang ada di dalam whey juga berperan penting untuk membentuk sel-sel yang ada pada tubuh, khususnya jaringan otot.

Sudah menjadi hal yang umum bahwa whey protein memang digunakan sebagai pembentuk massa otot. Namun whey protein ternyata juga memiliki cara lain dalam membangun tubuh, salah satunya adalah menyuplai metabolisme tambahan saat binaragawan sedang melatih tubuh mereka.

Metabolisme tambahan yang ada dalam kandungan whey protein berperan penting memaksimalkan kinerja binaragawan saat berlatih. Di samping itu metabolisme ini juga dipercaya mampu meningkatkan energi sehingga dapat membuat tubuh menjadi lebih ideal.

BACA JUGA  Keistimewaan Wortel Untuk Wanita

Cara Kerja Lain Whey Protein

Pembentukan massa otot dan penyuplai metabolisme adalah cara kerja utama whey protein untuk membangun tubuh binaragawan. Namun pendorong lain yang menyebabkan whey protein bisa bagus untuk tubuh binaragawan adalah dengan mengurangi rasa lapar.

Latihan secara terus menerus tidak akan bisa maksimal selama tidak diikuti dengan diet dan konsumsi kalori yang cukup. Untuk itulah dibutuhkan penunda rasa lapar agar dapat meningkatkan cara kerja whey protein dalam membangun tubuh.

Menariknya saat mengkonsumsi whey protein, rasa lapar menjadi tertunda. Sehingga ini dapat mencegah para binaragawan untuk mengkonsumsi makanan yang tidak sehat. Hasilnya lemak tubuh terbakar dan mereka mengkonsumsi lebih sedikit kalori.

Di samping itu mengkonsumsi whey protein juga mampu mengubah kebutuhan kalori dari makanan yang tinggi karbohidrat dan lemak menjadi protein. Dengan ini binaragawan dapat menjalankan diet seimbang di setiap harinya.

Beberapa Saran

Meskipun dianggap bagus dalam membangun massa otot dan mengurangi rasa lapar, namun whey protein tidak boleh diminum secara sembarangan.

Bila whey protein dikonsumsi secara berlebihan dapat menyebabkan terjadinya osteoporosis dan kerusakan ginjal. Penggunaan whey protein diharapkan tidak lebih dari 55.5 gram untuk pria dan 45 gram untuk wanita.

Saran lain ketika menggunakan whey protein adalah dengan selalu ingat bahwa pembentukan tubuh seperti binaragawan tidak datang secara instan. Butuh waktu bertahun-tahun untuk bisa mendapatkan tubuh ideal yang diimbangi dengan tekad dan disiplin yang tinggi. Tidak ada whey protein yang mampu membuat massa otot terbentuk hanya dalam waktu beberapa hari.

Penutup

Bila Anda sudah mengetahui bagaimana whey protein bisa bagus untuk binaragawan, kini saatnya Anda harus mengetahui apa-apa saja yang harus dilakukan untuk membeli whey protein terbaik.

BACA JUGA  5 Kiat Sukses Belajar Kimia

Beberapa hal yang harus dilakukan adalah dengan temukan rasa protein yang disukai, pilihlah jenis whey protein yang sesuai dengan kebutuhan, pastikan whey protein yang dibeli adalah produk yang mudah larut di dalam air, dan tentunya pilih merk yang sudah dikenal sebagai penghasil whey protein yang bagus. 

Itulah artikel tentang bagaimana whey protein bisa bagus untuk binaragawan, semoga Anda sudah mengetahui bagaimana cara kerja whey protein dalam membentuk massa otot binaragawan dan memilih whey protein yang sesuai dengan kebutuhan.

Trisna Dwi Wardhana
Latest posts by Trisna Dwi Wardhana (see all)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.