ION DAN WARNA ION DALAM LARUTAN

Ternyata ada warna ion dalam larutan , Atom atau sekelompok atom yang bermuatan listrik disebut ion. Ion ada 2 macam, yaitu ion positif (+) dan ion negatif (-).

Ketika suatu atom melepas elektron, maka akan menghasilkan sebuah partikel bermuatan positif yang disebut ion positif atau kation.

Sedangkan jika suatu atom menerima elektron, maka akan membentuk partikel bermuatan negatif yang disebut ion negatif atau anion.

Baca juga Pembentukan Ion dan Pembentukan Pasangan Elektron Bersama

Kecenderungan atom untuk melepas atau menerima elekron ini didasarkan pada sifat periodik unsur, yaitu energi ionisasi dan afinitas elektron.

Energi ionisasi adalah energi yang diperlukan untuk melepas satu elektron dari suatu atom netral sehingga membentuk ion bermuatan +1 (kation). Makin besar energi ionisasi, maka semakin sukar untuk melepaskan elektronnya. Unsur-unsur logam memiliki energi ionisasi yang relatif lebih rendah sehingga akan lebih mudah melepas elektron dibandingkan dengan unsur non-logam yang memiliki energi ionisasi jauh lebih besar. Berikut contoh pembentukan kation.

WARNA ION DALAM LARUTAN

Sedangkan afinitas elektron adalah energi yang dilepaskan oleh suatu atom netral ketika menyerap sebuah elektron untuk membentuk ion bermuatan -1 (anion). Semakin besar afinitas elektron, semakin besar juga kecenderungan suatu atom untuk menjadi anion. Pada umumnya, unsur-unsur nonlogam memiliki afinitas elektron yang besar karena cenderung menyerap elektron membentuk ion negatif. Berikut contoh pembentukan anion.

Screenshot_2020-01-17-18-54-25-53

Pembagian ion juga didasarkan dari jumlah atom penyusunnya, yaitu ion monoatomik (ion sederhana) dan ion poliatomik. Ion monoatomik adalah ion yang tersusun atas satu atom, seperti MONOATOM1.

Sedangkan ion poliatomik adalah ion yang tersusun atas dua atau lebih atom, seperti POLIATOM

Selain itu, tahukah kalian kalau ion-ion juga memiliki beraneka warna?

Yuk kita bahas.

Jadi, dalam larutan dengan pelarut air, ion-ion ada yang tidak berwarna dan ada yang berwarna. Ion-ion logam transisi-lah yang cenderung memiliki warna-warna tertentu. Terjadinya variasi warna logam transisi dikarenakan orbital 3d mengalami pemisahan menjadi dua kelompok tingkat energi.

Adanya pemisahan ini mengakibatkan terjadinya celah energi yang dapat menyerap energi pada panjang gelombang sinar tampak. Berikut warna beberapa ion.

2020_01_17 12.11 Office Lens

2020_01_17 12.12 Office Lens

 

 

 

 

 

 

 

Sekian pembahasan tentang ION DAN WARNA ION DALAM LARUTAN. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kalian ya, terimakasih.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.