Materi dari Kimia Organik

Materi dari Kimia Organik ini mencakup banyak hal karena Kimia Organik Ilmu yang mempelajari senyawa yang mengandung karbon disebut kimia organik. Atom – atom karbon unik karena dapat bergabung untuk membentuk molekul – molekul yang mengandung ratusan, bahkan ribuan atom – atom karbon. Terdapat lebih banyak senyawa karbon dibandingkan senyawa gabungan unsur lain. Teknologi karbon menggunakan senyawa – senyawa karbon untuk membuat banyak materi modern, mulai dari interior pesawat hingga ilmu kedokteran.

Materi dari Kimia Organik

 

»Karbon Di Semua Makhluk Hidup

Mulai dari sayap kupu – kupu hingga kelopak bunga, seluruh makhluk hidup tersusun atas senyawa – senyawa karbon. Semua proses yang terjadi di dalam makhluk hidup seperti pencernaan, pergerakan dan pertumbuhan, merupakan reaksi kimia yang melibatkan senyawa karbon. Kemampuan karbon untuk membentuk senyawa – senyawa yang berbeda menghasilkan keanekaragaman di Bumi.

(baca juga artikel komposisi tubuh manusia karena berkaitan dengan Materi dari Kimia Organik)

 

SENYAWA – SENYAWA KARBON

Banyak senyawa karbon mengandung unsur – unsur yang sama, namun dalam jumlah dan susunan berbeda. Unsur – unsur yang paling penting untuk bergabung dengan karbon adalah hidrogen, oksigen dan nitrogen. Atom – atom karbon juga dapat membentuk cincin karbon yang disebut aromatik.

 

»HIDROKARBON SEDERHANA

Metana adalah hidrokarbon. Metana terdiri dari satu atom karbon yang berikatan dengan empat atom hidrogen. Awalan “met-” mengacu pada senyawa yang hanya memiliki satu atom karbon. Metana merupakan gas alam, yang digunakan dalam pemanasan sentral.

 

»RANTAI KARBON

Gas butana sedikit lebih kompleks dibandingkan dengan metana. Butana mengandung empat atom karbon dan 10 atom hidrogen. Awalan “but-” selalu mengacu pada senyawa yang memiliki empat atom karbon dalam satu rantai.

 

»CINCIN KARBON

Sebuah molekul benzena tersusun dari enam atom karbon, masing – masing berikatan dengan sebuah atom hidrogen. Benzena digunakan untuk membuat zat warna. Senyawa yang molekul – molekulnya tersusun atas cincin karbon disebut aromatik karena memiliki aroma yang unik.

 

»ALKOHOL DAN ESTER

Ester memberikan aroma khusus pada apel. Ester merupakan cairan manis, wangi dan cepat menguap. Ester terbentuk ketika alkohol bereaksi dengan asam. Alkohol dan ester mengandung atom – atom karbon, hidrogen dan oksigen.

 

TEKNOLOGI KARBON

Industri karbon merupakan salah satu industri yang paling besar dan paling penting karena sangat banyak produk yang mengandung senyawa – senyawa organik (karbon). Teknologi karbon vital bagi produksi obat – obatan, cat, kain sintetis, perasa makanan, plastik, kosmetik dan lem. Bahan baku yang menjadi dasar bagi produk – produk ini berasal dari batu bara, minyak mentah dan gas alam.

Rangka sepeda dari karbon : Sepeda balap biasanya terbuat dari serat karbon karena kuat dan ringan, serta dapat dibentuk menjadi bentuk – bentuk rumit. Serat – serat karbon dapat dijahit menjadi kain yang dapat dipotong dan disusun dalam suatu cetakan. Cetakan diisi dengan suatu bahan kimia yang disebut resin kemudian dipanggang dalam oven agar menjadi materi serat karbon yang keras dan kuat.

Serat – serat karbon : Poliakrilonitril (PAN) dipanaskan pada suhu 3000 °C untuk membuat lembaran – lembaran tipis serat karbon. Materi ini tahan api dan lima kali lebih ringan dibandingkan baja, juga dua kali lebih kuat. Serat karbon memiliki banyak kegunaan, misalnya untuk perlengkapan olahraga yang ringan, panel tubuh mobil, pipa – pipa konstruksi dan pada sayap dan hidung pesawat ulang alik.

Demikian beberapa Materi dari Kimia Organik yang telah dijelaskan secara singkat, semoga dapat di pahami dan silahkan bertanya jika ada pertanyaan

 

 

 

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.