Skip to content
Iklan

Mengenal Senyawa Aromatik Benzena dan Turunannya


Kali ini kita akan coba untuk mempelajari dan Mengenal Senyawa Aromatik Benzena dan Turunannya , karena benzena merupakan salah satu senyawa yang banyak bermanfaat.

Apa itu senyawa aromatik?

Mengenal Senyawa Aromatik Benzena dan Turunannya

Senyawa aromatik ialah senyawa hidrokarbon yang memiliki ikatan tunggal dan ikatan rangkap di antara atom karbonnya. Senyawa aromatik yang paling sederhana ialah benzena yang memiliki formula kimia C6H6, senyawa benzena bersifat karsinogen dan mudah terbakar, namun merupakan bahan kimia industri yang penting. Kongfigurasi 6 atom C (karbo) pada senyawa benzena ini di kenal dengan istilah cincin benzene.

(baca juga artikel apa itu senyawa aromatik )

Benzena distabilkan oleh delokalisasi elektron-pi. Energi resonansi senyawa aromatik merupakan salah satu cara untuk memperoleh kestabilan. Sehingga rangkapnya terus berpindah pindah dan akhirnya di simbilkan dengan cincin karena terus berpindah. Seperti pada gambar di bawah :

Mengenal Senyawa Aromatik Benzena dan Turunannya

Persyaratan Senyawa Aromatik:

  1.      Molekul harus siklik dan datar .
  2.      memiliki orbital p yang tegak lurus pada bidang cincin (memungkinkan terjadinya delokalisasi elektron pi).
  3.      memiliki orbital p yang tegak lurus pada bidang cincin (memungkinkan terjadinya delokalisasi elektron pi)

 

Perbedaan dengan sikloheksan

Jika kita lihat sekilas mungkin akan terlihat sama karena bentuknya yang emang persegi enam dan juga memiliki jumlah karbon yang sama yaitu enam. Namun di mana perbedaannya ? Perbedaannya ialah Siklo heksana tidak memiliki ikatan rangkap , sehingga tidak termasuk senyawa aromatik. Bahkan kalau di gambar dengan bentuk sebenarnya, siklo heksana tidaklah datar melainkan menekuk atau di sebut juga bentuk kursi seperti pada gambar di bawah :

 Data mengenai Benzena

Nama lain benzena : Benzena; Benzol; Benzole; Cyclohexatriene; Pyrobenzole; Benzine

Rumus : C6H6

Massa Molekul : 78.114 g/mol

Sifatnya Beracun, mudah menguap, merupaka produk sampingan hidrokarbon cair yang mudah terbakar dari distilassi batubara. Benzene digunakan sebagai pelarut industri pada cat, pernis, thinner , bensin, dll. Benzena menyebabkan kerusakan sistem saraf pusat akut dan kerusakan sumsum tulang secara kronis dan bersifat karsinogenik. Ini sebelumnya digunakan sebagai parasiticide(pembasmi parasit).

Senyawa Turunan benzene

Berikut ialah poster mengenai senyawa turunan benzen yang cukup lengkap dan menarik untuk dilihat .

Atau gambar verssi besarnya bisa di download disini :

Benzene-Derivatives-in-Organic-Chemistry

Awal pembentukan senyawa turunan benzena ialah dari awal lepasnya satu atom H dari senyawa menyebabkan 1 muatan negatif . Hal itu menyebabkan terbentuknya senyawa fenil. Formula molekul yang dihasilkan untuk Senyawa adalah C6H5.

CATATAN: Meskipun formula molekul gugus fenil adalah C6H5, gugus fenil akan selalu memiliki sesuatu yang melekat pada tempat hidrogen dikeluarkan. Jadi, rumusnya sering ditulis sebagai Ph-R, di mana Ph mengacu pada kelompok fenil, dan R mengacu pada gugus R yang dilekatkan ke tempat hidrogen dikeluarkan.

Dari situlah awal terbentuknya senyawa turunan benzena yang lain. Seperti yang terlihat pada gambar diatas. Demikian artikel Mengenal Senyawa Aromatik Benzena dan Turunannya

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: