Skip to content
Iklan

Bagaimana Cara Menggunakan Sebuah Tabel Periodik?


tabel periodik

Tabel periodik dari unsur-unsur berisi berbagai macam informasi seperti simbol-simbol, nomor atom dan massa atom dari unsur-unsur tersebut adalah hal-hal yang paling umum, tetapi tabel periodik itu bahkan dapat mengandung lebih banyak data dari yang diharapkan sebelumnya. Ini akan menunjukkan kepada Anda bagaimana cara menggunakan sebuah tabel periodik untuk dapat mengumpulkan informasi tentang unsur-unsur tersebut.

Tabel periodik itu mengandung sel-sel informatif untuk setiap unsur yang diatur oleh meningkatnya nomor atom dan sifat-sifat kimia. Setiap sel unsur biasanya berisi:

  • Simbol unsur. Simbol-simbol tersebut adalah singkatan-singkatan dari nama-nama unsur. Dalam beberapa kasus, singkatan itu berasal dari nama Latin unsur tersebut.
  • Nomor atom unsur. Nomor ini adalah jumlah dari proton yang terdapat di sebuah atom yang terkandung dalam unsur ini. Nomor dari proton-proton ini adalah faktor yang memutuskan untuk dapat membedakan satu unsur dari yang lainnya.
  • Massa atom unsur dalam satuan-satuan massa atom. Nomor ini adalah sebuah massa rata-rata yang tertimbang dari isotop-isotop unsur.
  • Nama unsur. Banyak tabel-tabel periodik yang turut memasukkan nama-nama dari unsur dalam upaya membantu mereka yang mungkin tidak memiliki kemampuan untuk mengingat semua simbol dari unsur-unsur tersebut.

Baris-baris horisontal yang terdapat pada tabel periodik itu disebut sebagai periode-periode. Setiap periode menunjukkan tingkat energi tertinggi dari elektron-elektron yang menempati unsur itu di keadaan dasarnya.

Kolom-kolom vertikal yang juga terdapat pada tabel periodik itu disebut sebagai kelompok-kelompok. Setiap unsur yang berada dalam sebuah kelompok memiliki jumlah elektron valensi yang sama dan biasanya berperilaku dalam sebuah cara yang sama ketika terikat dengan unsur-unsur lain. Dua baris bagian bawah yakni lantanida dan aktinida adalah milik kelompok 3B dan tercantum secara terpisah.

Banyak tabel periodik mengidentifikasi jenis-jenis unsur dengan menggunakan warna-warna yang berbeda untuk jenis-jenis unsur yang berbeda.

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: