Skip to content
Iklan

Pemisahan Logam dari Bijihnya


​Pernahkah kalian melihat proses pemisahan logam dari bijih logam? Bijih logam sendiri adalah kumpulan mineral yang mengandung satu atau lebih logam yang dapat diolah secara menguntungkan.

Ada banyak cara untuk memisahkan logam dari bijihnya. Cara-cara tersebut dipelajari dalam metalurgi. Apa itu metalurgi?

Metalurgi adalah pengetahuan yang mengkaji tentang cara-cara pengolahan logam dari bijihnya hingga memperoleh logam yang siap untuk digunakan. Pengolahan logam dilakukan melalui beberapa proses, yaitu proses pengolahan mineral, proses ekstraksi logam,dan proses metalurgi fisika. Dalam proses pengolahan mineral, tahap uji yang paling kecil dilakukan adalah tes metalurgi. Tes metalurgi dilakukan untuk mengetahui komposisi kimia bijih, mempelajari mineralogi bijih (seperti komposisi mineral), densitas mineral, penetuankadar air (moisture), distribusi ukuran, dan derajat liberasi (rasio antara berat mineral yang bebas dibandingkan dengan berat mineral keseluruhan). Tahap lanjutan dari tes metalurgi adalah pengujian skala laboratorium. 
Proses metalurgi fisika dibagi menjadi 3 prinsip pengerjaan

1) Perlakuan awal,dengan cara melakukan pemekatan bijih (concentration of ore) agar bijih yang diinginkanterpisah dari materi pengotor.

 2) Proses reduksi, yaitu mereduksi senyawa logam yang ada pada bijih agar berubah menjadi logam bebas. 

3) Pemurnian (refining), yaitu melakukan pengolahan logam kotor melalui proses kimia agar diperoleh tingkat kemurnian tinggi.

Tetapi materi yang akan kita bahas pada artikel saat ini adalah penggunaan bakteri untuk memisahkan logam dari bijihnya atau biasa disebut bioteknologi mikroirganisme. 

Bioteknologi mikroorganisme adalah aspek bioteknologi industri yang berhubungan dengan proses yang melibatkan mikroorganisme. 

Pemanfaatan mikroorganisme untuk memisahkan logam dengan bijih logam kini diterapkan di pertambangan logam. Banyak jenis bakteri, khamir, dan gangang yang dapatdigunakan untuk mengoksidasi mineral sulfida.

Bagaimana caranya?

di next artikel yah.

Iklan

2 Comments »

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: