Skip to content
Iklan

Bagaimana Cara Membuat Telur Transparan?


​Yuk kita intip salah satu permainan kimia ini. Kalian pasti tahu telur unggas memiliki cangkang yang melindungi isi dari telur tersebut. Bagaimana bila telur tersebut kita buat transparan sehingga terlihat isinya? Sebelumnya kita pelajari dahulu terdiri dari senyawa kimia apa saja cangkang telur?

Cangkang telur merupakan lapisan berkapur yang menyusun 9-12% dari berat telur total. Cangkang telur tersusun kira-kira 94% kalsium karbonat, 1% magnesium karbonat, 1% kalsium fosfat, dan 4% bahan organik terutama protein.
Telur di dalam uterus tinggal selama 20 jam 45 menit. Selain kelenjar uterus mensekresikan albumen juga menghasilkan bahan cangkang telur, yang terdiri dari sebagian besar CaCO3.CaCO3 di bawa aliran darah ke dalam kelenjar uterus. Pada temperatur yang tinggi, lubang pori-pori ini semakin besar dan cangkang telur cenderung menjadi tipis karena Ca dalam aliran darah sedikit. Pigmentasi terjadi di uterus 5 jam terakhir sebelum dikeluarkan. Disini disekresikan mucus yang ditimbun diluar cangkang telur. Mucus ini mempermudah dan memperlicin keluarnya telur. Setelah telur dikeluarkan mucus ini dengan segera mengering, sehingga meninggalkan sisa yang disebut kutikula. Lama telur berada dalm oviduct adalah ± 25 jam. Jadi lamanya pembentukan telur sejak awal pertumbuhan ovum dalam ovarium adalah ± 11 hari 2 jam. Kandungan utama cangkang telur adalah CaCO3, MgCO3, CaSO4 dan bahan organik.
Apa saja bahan-bahan yang perlu dipersiapkan?

Telur ayam mentah dan asam asetat glasial. Caranya?

Rendam telur dalam asam asetat glasial hingga 3 hari. Kemudian cuci bersih telur. Lihat apa yang terjadi.

Bahan utama yang digunakan adalah aaam asetat glasial. Bagaimana sifat asam asetat glasial?

Asam asetat merupakan salah satu asam karboksilat paling sederhana, setelah asam format. Larutan asam asetat dalam air merupakan sebuah asam lemah, artinya hanya terdisosiasi sebagian menjadi ion H+ dan CH3COO-. Asam asetat merupakan pereaksi kimia dan bahan baku industri yang penting. Asam asetat digunakan dalam produksi polimer seperti polietilena tereftalat, selulosa asetat, dan polivinil asetat, maupun berbagai macam serat dan kain.
Setelah melihat telur yang menjadi transparan, dapatkah kalian menjelaskan mengapa itu bisa terjadi?

Saat telur direndam dalam cuka, pada permukaan telur akan timbul gelembung-gelembung kecil CO2hasil reaksi asam-basa.  Bagian kulit telur yang keras mengandung 94% kalsium karbonat (CaCO3) yang bereaksi dengan cuka (asam asetat). Sehingga menjadikan kulit telur yang keras larut dalam cuka, dan akhirnya telur hanya dibungkus oleh kulit arinya saja. Nah…sekarang telurnya jadi bening dan lunak. Jadi prinsipnya adalah kelarutan ya.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: