Skip to content
Iklan

10 Tips untuk Sukses dalam Mempelajari dan Menguasai Kimia


Photoxpress_8344567

Pernahkah kalian berpikir kadang memang bidang studi kimia memang cukup susah untuk  dipahami? Bahkan sebagian besar orang jarang untuk menyukai bidang studi yang satu ini karena alasan tersebut. Dalam hal ini, maka ada beberapa tips untuk menguasai kimia dengan baik dan mengembangkannya.

  1. Berpikir pada tingkat elektron

Yang dimaksud pada hal ini adalah seperti berapa banyak elektron yang ada? Apa yang mereka lakukan? Mengapa? Setelah Anda berpikir pada tingkat molekuler atau lebih detailnya lagi, maka Anda dapat memahaminya lebih baik daripada Anda bergantung pada hafalan.

Siapa yang mampu mempelajari sesuatu tanpa membaca? Tentunya dalam mempalajari segala hal, orang harus banyak membaca. Maka dari itu, sebelum dimulai ada baiknya Anda baca dulu materi yang akan disampaikan supaya dapat lebih memahami.

  1. Tetap menjalankan tugas meskipun tidak ada guru atau dosen.

Adalah tanggung jawab tersendiri bagi kalian untuk tetap merampungkan tugas atau mau melakukan eksperimen meski tidak ada guru atau dosen. Hal ini bisa jadi kesempatan bagi Anda untuk lebih memahami materi yang kurang Anda pahami dengan mengulang subjek tersebut.

  1. Mengolah catatan

Yang dimaksud mengolah catatan disini adalah dengan merubah struktur catatan yang telah Anda catat selama pelajaran dengan kata-kata Anda sendiri sehingga lebih mudah untuk memahaminya.

  1. Studi harian

Buatlah flashcard dan uraikan materi Anda pada saat-saat bebas untuk mempelajari persamaan, menguasai terminologi, mengidentifikasi senyawa yang dapat menguji pengetahuan Anda.

  1. Berlatih

Seberapa banyak materi yang Anda kuasai tetap Anda membutuhkan latihan. Latihanlah yang penting untuk mempertajam kemampuan Anda dalam materi tersebut. Carilah sumber masalah baru dan mencoba untuk menyelesaikannya.

7.Dapatkan jawaban atas pertanyaan Anda

Jika Anda telah menghabiskan beberapa waktu dengan masalah dan Anda masih merasa bingung maka ada baiknya Anda mencari bantuan dari teman sekelas, guru ataupun dosen yang dapat menjawab pertanyaan Anda. Sebab dengan munculnya masalah di benak Anda dan masih belum terselesaikan dapat mengganggu dalam memahami materi selanjutnya.

  1. Jangan bekerja dalam isolasi

Arti isolasi disini adalah tekanan, tentunya kita tidak dapat berkonsentrasi penuh jika bekerja dalam tekanan. Kimia memang merupakan materi yang cukup menantang bagi hampir semua orang. Seringkali orang merasa cukup frustasi untuk memahami materi yang ada di dalamnya. Solusinya adalah Anda dapat membentuk kelompok belajar dari teman sekelas sehingga dapat membantu memecahkan beberapa masalah tersebut tanpa membuat frustasi. Dengan demikian, belajar akan lebih menyenangkan serta mampu memotivasi satu sama lain.

Anda dapat membuat diagram atau mnemonik untuk membantu Anda dalam mengingat materi, bisa juga Anda gunakan model tiga dimensi untuk membantu Anda dalam memvisualisasikan molekul secara baik. Dengan begitu Anda tidak semata-mata menerima pelajaran tersebut dan membiarkan apa adanya.

  1. Cukup makan dan istirahat.

Otak butuh nutrisi serta istirahat, maka pastikan Anda makan dan tidur dengan baik sebelum mempelajari materi atau test. Dengan begitu, dalam kondisi prima Anda mampu menangkap materi secara optimal.

Sumber : uri.edu

 

Iklan

2 Comments »

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: