Skip to content
Iklan

BORON


Pernahkah kalian melihat unsur yang disebut boron?

Boron adalah suatu unsur kimia dalam tabel periodik yang memiliki lambang B dan nomor atom 5. Elemen metaloid trivalen, boron banyak terdapat di batu borax. Ada dua alotrop boron; boron amorfus adalah serbuk coklat, tetapi boron metalik berwarna hitam. Bentuk metaliknya keras (9,3 dalam skala Moh) dan konduktor yang buruk dalam suhu ruang. Tidak pernah ditemukan bebas dalam alam.

Boron didefinisikan sebagai sebuah unsur non-logam kristalin atau amorf berwarna coklat dan lunak, diekstraksi terutama dari kernite dan boraks dan digunakan dalam kembang api, campuran propelan, elemen kendali reaktor nuklir, dan paduan logam keras.

Apa kegunaan boron?

Boron digunakan dalam pembuatan kembang api untuk memberikan warna hijau.

Senyawa paling ekonomis dan penting dari boron adalah natrium tetraborat dekahidrat Na2B4O7 · 10H2O, atau boraks.

Boraks digunakan untuk isolasi fiberglass dan pemutih natrium perborate. Asam borat merupakan senyawa penting yang digunakan dalam produk tekstil.

Senyawa boron digunakan dalam sintesis organik, dalam pembuatan suatu jenis kaca, dan sebagai pengawet kayu.

Filamen boron digunakan untuk struktur kedirgantaraan canggih karena kekuatan tinggi dan bobotnya yang ringan.

Awal penggunaan boraks adalah sebagai membuat perborate, agen pemutih yang dulu banyak digunakan dalam deterjen rumah tangga.

Boron juga kadang disalahgunakan dan digunakan sebagai pengawet makanan seperti ikan dan daging.

Dimanakah Boron didapat di alam?

Unsur ini tidak ditemukan di alam, tetapi timbul sebagai asamot horboric dan biasanya ditemukan dalam sumber mata air gunung berapi dan sebagai borates di dalam boron dancol emantie.Ulexite, mineral boron yang lain dianggap sebagai serat optik alami.

Sumber-sumber penting boron adalahraso rite (kernite) dantincal (bijih borax). Kedua bijih ini dapat ditemukan di gurun Mojave.T i ncal merupakan sumber penting boron dari Mojave. Deposit borax yang banyak juga ditemukan di Turkey
Boron muncul secara alami sebagai campuran isotop10B sebanyak 19.78% dan isotop 11B 80.22%. Kristal boron murni dapat dipersiapkan dengan cara reduksi fase uapboron triklorida atau tribomida dengan hidrogen pada filamen yang dipanaskan dengan listrik. Boron yang tidak murni (amorphous boron) menyerupai bubuk hitam kecoklatan dan dapat dipersiapkan dengna cara memanaskan boron trioksida dengan bubuk magnesium.
Boron dengan kemurnian 99.9999% telah diproduksi dan tersedia secara komersil. Boron bukan konduktor listrik yang bagus pada suhu ruangan, tetapi pada suhu yang lebih tinggi.

Dimanakah Boron ditemukan dalam makanan?

Boron terutama ditemukan di sayuran dan buah-buahan, sedangkan produk daging mengandung boron dalam jumlah amat sedikit.

Berikut adalah makanan yang kaya akan boron:

  • Sayuran seperti tomat dan kacang panjang
  • Buah-buahan seperti anggur, apel, pir, kismis dan kiwi
  • Kacang-kacangan seperti almond dan kacang tanah

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: