BENTUK MOLEKUL (2)


Masih ingat artikel tentang bentuk molekul?

Apa yang kalian ingat?

Setelah membahas tentang teori Valence Shell Electron Pair Repulsion (VSEPR), mari kita lanjutkan dengan pola dasar kedudukan elektron.

Kedudukan pasangan-pasangan elektron mempunyai beberapa pola dasar yaitu:

  1. Linear

Dalam molekul linear, atom-atom tertata pada satu garis lurus. Sudut yang dibentuk oleh dua ikatan ke arah atom pusat akan saling membentuk sudut 180oC. Sudut itu disebut sudut ikatan. Contoh molekul yang berbentuk linear adalah BeCl2.

 

  1. Segitiga Dasar

Atom-atom dalam molekul berbentuk segitiga tertera dalam bidang datar, dimana tiga atom akan berada dalam titik sudut segitiga sama sisi dan di pusat segitiga terdapat atom pusat. Sudut ikatan antar atom yang mengelilingi atom pusat membentuk sudut 120oC. Contoh molekul segitiga sama sisi adalah BCl3.

 

  1. Tetrahedron

Atom-atom dalam molekul yang berbentuk tetrahedron akan berada dalam suatu ruang piramida segitiga dengan keempat bidang permukaan segitiga sama sisi. Atom pusat terletak di pusat tetrahedron dan keempat atom lain akan berada pada keempat titik sudut yang mempunyai sudut ikatan 109,5oC. Contoh molekul tetrahedron adalah CH4.

 

  1. Trigonal Bipiramida

Dalam suatu molekul trigonal bipiramida, atom pusat terdapat pada bidang sekutu dari dua buah limas segitiga yang saling berhimpit, sedangkan kelima atom yang mengelilinginya akan berada pada sudut-sudut limas yang dibentuk. Sudut ikatan masing-masing atom tidak sama. Setiap ikatan yang terletak pada bidang segitiga mempunyai sudut 120oC, sedangkan sudut antara bidang datar ini dengan dua ikatan yang vertikal sebesar 90oC. Contoh molekul trigonal bipiramida adalah PCl5.

 

  1. Oktahedron

Oktahedron adalh bentuk yang terjadi dari dua buah limas alas segiempat yang bidang alasnya saling berhimpit, sehingga membentuk delapan bidang segitiga.

Pada molekul yang berbentuk oktahedron, atom pusatnya berada pada pusat bidang segiempat dari dua limas yang berhimpit tersebut, sedangkan enam atom yang mengelilinginya akan berada pada sudut-sudut limas. Sudut ikatannya 90oC. Contoh molekul yang mempunyai bentuk oktahedron adalah SF6.

 

Dari pola dasar bentuk molekul tersebut akan terdapat beberapa varian bentuk molekul yang lain karena adanya pasangan elektron bebas. Pasangan elektron bebas mempunyai gaya tolakan yang lebih kuat dan mempunyai sudut yang lebih lebar sehingga dapat menekan pasangan elektron ikatan agar mempunyai sudut yang sempit. Contohnya molekul amonia (NH3). Di sekitar atom nitrogen sebagai atom pusat terdapat empat pasangan elektron yaitu tiga pasang elektron ikatan (digunakan untuk berikatan dengan atom hidrogen) dan sepasang elektron bebas ( yang tidak memberi bentuk). Akibatnya, bentuk molekul NH3 tidak tetrahedron tetapi segitiga piramida dengan sudut 107,3oC yang lebih kecil daripada sudut tetrahedron yang besarnya 109,5oC.

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s