Skip to content
Iklan

Protein dalam tubuh


https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/6/60/Myoglobin.png/592px-Myoglobin.png

Sudah satu tahun lebih kita pernah bahas tentang protein, namun masih dalam bahasan umum saja, bagaimana kalau kita bahas secara mendetail? ­čśë

Protein biomolekul besar , atau makromolekul , yang terdiri dari satu atau lebih panjang rantai residu asam amino. Protein melakukan sejumlah fungsi dalam hidup organisme , termasuk reaksi metabolisme, replikasi DNA, menanggapi rangsangan, dan mengangkut molekul dari satu lokasi ke lokasi lain. Protein berbeda satu sama lain terutama dalam urutan mereka dari asam amino, yang ditentukan oleh urutan nukleotida dari mereka gen , dan yang biasanya menghasilkan protein lipat menjadi spesifik struktur tiga dimensi yang menentukan aktivitasnya.

Seperti biologi lainnya makromolekul seperti polisakarida dan asam nukleat , protein adalah bagian penting dari organisme dan berpartisipasi dalam hampir setiap proses di dalam sel . Banyak protein adalah enzim yang mengkatalisis reaksi biokimia dan sangat penting untuk metabolisme . Protein juga memiliki fungsi struktural atau mekanis, seperti aktin dan myosin dalam otot dan protein dalam sitoskeleton , yang membentuk sistem perancah bahwa memelihara bentuk sel. Protein lain yang penting dalam sel sinyal, respon kekebalan , adhesi sel , dan siklus sel . Protein juga diperlukan dalam diet hewan, karena hewan tidak dapat mensintesis semua asam amino yang mereka butuhkan dan harus memperoleh asam amino esensial dari makanan. Melalui proses pencernaan , binatang memecah protein dicerna menjadi asam amino bebas yang kemudian digunakan dalam metabolisme.

Protein dapat dimurnikan dari komponen seluler lainnya dengan menggunakan berbagai teknik seperti ultrasentrifugasi , curah hujan , elektroforesis , dan kromatografi ; munculnya rekayasa genetika telah memungkinkan sejumlah metode untuk memfasilitasi pemurnian. Metode yang umum digunakan untuk mempelajari struktur dan fungsi protein termasuk imunohistokimia , mutagenesis situs-diarahkan , X-ray kristalografi , resonansi magnetik nuklir dan spektrometri massa.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: