Skip to content
Iklan

Furfural


https://i2.wp.com/www.sigmaaldrich.com/content/dam/sigma-aldrich/structure8/168/mfcd00003229.eps/_jcr_content/renditions/mfcd00003229-medium.png

Pernah dengar tentang furfural?
Seperti apa ya?
Furfural adalah senyawa organik siklik dengan lima atom karbon sebagai penyusun utama kerangkanya. Nama IUPAC Furfural adalah Furan-2-karbaldehida. Julukan lain Furfural, Furan-2-karboksaldehida, 2-Furaldehida, atau Piromusat aldehida.


Furfural termasuk dalam sakarida dan merangsang saraf lidah mersakan manis. Karena banyak dipakai dalam industri pangan, kosmetika, dan obat-obatan, senyawa yang terutama diperoleh dari sisa panen pertanian serealia ini menjadi komoditas dagang penting.

Dari mana ya mendapatkan furfural?
Furfural dapat dibuat dari bahan baku yang  mengandung pentosan dengan kadar tinggi, diantaranya dapat diperoleh dari tongkol  jagung, kulit gandum, kulit kapas, atau kulit padi.Vanili juga mengandung senyawa ini.

Bagaimana ya bentuk dan sifat furfural ini?
Secara kimiawi, furfural tergolong aldehida heterosiklik. Pada suhu kamar berwujud cairan bening agak licin dengan aroma seperti amandel (almond). Jika terpapar udara bebas warnanya berubah kekuningan.
Furfural mengendap dalam jenis reaksi yang sama seperti aldehida lain dan senyawa-senyawa aromatik lain.  Menunjukkan aromatisitas yang relatif berkurangdibandingkan benzena, furfural yang dihidrogenasi mudah untuk turunan tetrahidrofuran yang sesuai. Ketika dipanaskan di atas 250 °C, furfural terurai menjadi furan dan karbon monoksida, kadang-kadang eksplosif. Ketika dipanaskan dengan adanya asam, furfuralireversibel membeku menjadi resin kerasthermosetting.

Terus apa kegunaan furfural ya?
Furfural merupakan bahan baku kimia penting, berbasis non-minyak bumi  yang dapat diperbarui.  Hidrogenasi furfural menghasilkan furfuril alkohol (FA), yang merupakan zat kimia antara yang berguna dan dapat dihidrogenasi selanjutnya menjadi tetrahidrofurfuril alkohol (THFA). THFA digunakan sebagai  pelarut tidak berbahaya sebagai formulasi pertanian dan sebagai adjuvant untuk membantu penetrasi herbisida ke dalam struktur daun.  Furfural digunakan untuk membuat zat kimia furan lain, seperti asam furoat, melalui oksidasi,  dan furan itu sendiri melalui dekarbonilasi fasa uap yang dikatalisis palladium. Furfural juga merupakan pelarut kimia penting.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: