Skip to content
Iklan

Aroma jeruk pada lilin sudah menjadi hal yang biasa, tapi lilin yang terbuat dari jeruk? Penasaran? Yuk, simak cara pembuatannya!


Apakah Anda sedang mencari sebuah proyek dari api yang aman dan praktis? Cobalah membuat sebuah lilin dari jeruk mandarin!

Anda tidak perlu sebuah sumbu dan lilin untuk membuat sebuah lilin. Yang Anda butuhkan hanya sebuah jeruk mandarin dan sedikit minyak zaitun. Jeruk mandarin bertindak sebagai sebuah sumbu alami untuk minyaknya. Sebuah lilin bekerja dengan penguapan dari lilinnya sehingga ia terbakar melalui reaksi kimia untuk menghasilkan air dan karbon dioksida. Ini adalah sebuah proses yang bersih yang juga menghasilkan panas dan cahaya. Tidak ada yang ajaib dari buah atau minyak itu, sehingga bebaskanlah diri Anda untuk bereksperimen dengan bahan-bahan yang lain. Berikut adalah apa yang harus Anda lakukan…

Membuat sebuah lilin dari jeruk mandarin itu sangat mudah! Yang Anda butuhkan adalah:

  • Jeruk mandarin (bisa coba untuk menggunakan buah jeruk yang lain)
  • Minyak zaitun (sekali lagi, Anda bisa bereksperimen dengan minyak nabati lainnya)
  • Sebuah lighter

Secara teori Anda bisa menggunakan sebuah korek api untuk menyalakan lilin dari jeruk mandarin itu, tetapi saya sangat menyarankan untuk menggunakan sebuah lighter bergagang panjang karena mungkin bisa menjadi hal yang rumit dalam menyalakan lilin untuk pertama kalinya.

Sekarang setelah Anda mengumpulkan bahan-bahan Anda, mari kita membuat lilin ini…

Langkah-langkah yang dibutuhkan untuk membuat sebuah lilin dari jeruk mandarin tidak bisa menjadi lebih mudah lagi dari ini:

  1. Melubangi jeruk mandarin itu.
  2. Tuang sedikit minyak zaitun di bawah kulitnya.
  3. Nyalakan lilin tersebut.

Belah jeruk mandarin menjadi dua dan kupas buahnya dengan hati-hati, menyisakan bagian yang berwana putih, yang disebut pericarp atau albedo, terekspos. Pericarp secara utama terdiri dari pektin, yang merupakan sebuah polimer tanaman seperti selulosa yang akan Anda temukan di sebuah sumbu lilin biasa. Anda juga mungkin akan tertarik untuk mengetahui bahwa pericarp itu tinggi akan vitamin C. Jika Anda terampil, Anda dapat mengupas jeruk mandarin sampai ke bagian ini… apapun yang Anda inginkan. Tujuan Anda adalah untuk memiliki setengah dari kulit buah ini utuh, secara ideal kering. Jika Anda membuat sebuah kekacauan dengan jusnya, maka keringkan kulit jeruk tersebut.

Setelah Anda memiliki satu bagian kulit yang siap, tuang sedikit minyak zaitun ke dalam “lilin”. Saya mengatakan “sedikit” karena kulit itu benar-benar tidak membutuhkan minyak zaitun yang sangat banyak, ditambah Anda ingin “sumbu” Anda tetap terekspos dan tidak tenggelam dalam minyak.

Setelah Anda memiliki sebuah lilin dari jeruk mandarin, semua yang perlu Anda lakukan adalah menyalakannya. Ia mungkin dapat langsung dinyalakan atau bisa juga setelah melakukan beberapa kali percobaan. Jika “sumbu” pericarp Anda tidak mau menyala, maka gosokan sedikit minyak zaitun padanya dan coba lagi. Setelah lilin menyala, ia membakar dengan sangat bersih. Bagian bawah dari lilin saya tidak menjadi panas, tetapi Anda mungkin ingin menempatkan lilin tersebut pada sebuah permukaan yang tahan panas, hanya untuk membuatnya menjadi aman. Lilin saya mati dengan sendirinya setelah minyaknya habis. Jangan gila dan meninggalkannya di dekat tirai atau selimut atau apa pun itu yang dapat dengan mudah terbakar.

Anda mungkin ingin membersihkan setengah bagian lainnya dari jeruk mandarin itu dan meletakkannya di atasnya. Jika Anda melakukannya, Anda akan menginginkan untuk membuat sebuah lubang di bagian atas kulit sehingga lilin bisa mendapatkan oksigen yang cukup. Membuat cutting di kulit jeruk mandarin itu juga merupakan sebuah cara yang bagus untuk menambahkan sebuah bakat dekoratif pada proyek tersebut.

READ MORE

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: