Skip to content
Iklan

Kalium, si sahabat karib Natrium


index

Kalium

Tentun masih ingat dong artikel sebelumnya tentang Natrium? Kalau lupa atau belum tahu dibuka lagi ya 😀

Ada yang tahu kalium? siapasih dia? kok ada gambar pisang segala? 😀

Kalium adalah suatu unsur kimia dalam tabel periodik yang memiliki lambang K dan nomor atom 19. Sama seperti Natrium, Kalium berbentuk logam lunak berwarna putih keperakan dan termasuk golongan alkali tanah.

https://i0.wp.com/media-2.web.britannica.com/eb-media/77/131177-004-FCC8F85D.jpg

Logam Kalium

Dimanakah kita bisa menemukan kalium?

Secara alami, kalium ditemukan sebagai senyawa dengan unsur lain dalam air laut atau mineral lainnya. Kalium teroksidasi dengan sangat cepat dengan udara, sangat reaktif terutama dalam air duuuuaaaar hmmm ingat natrium ga? ;), dan yap, secara kimiawi memiliki sifat yang mirip dengan natrium. Dalam bahasa Inggris, kalium disebut potassium.

sudah lihat?? 😮 😮 :O :O

dahsyat bukan? hati-hati ya bila praktikum dengan logam kalium dan natrium, tentunya jangan digunakan dengan tujuan jahat ya.. Pastikan didampingin oleh orang yang sudah faham sekali dengan ini 🙂

hmm ok, balik lagi ke reaksi diatas,, kira-kira ada yang tau reaksi apa yang terjadi? kasi komentarnya yaa? 😉

Karena kalium bereaksi begitu mudah dengan air, ia tidak ditemukan dalam bentuk unsur di alam. Sebaliknya ditemukan di berbagai mineral seperti silvit, karnalit, langbeinite, dan kainit. Kebanyakan mineral yang mengandung kalium disebut sebagai kalium.

Kalium mencakup 2,1% dari massa bumi, kalium adalah unsur kedelapan yang paling melimpah di kerak bumi. Hal ini juga dapat ditemukan dalam air laut dan juga merupakan unsur kedelapan yang paling berlimpah.

Bila kita lihat reaksi diatas, mirip sekali dengan reaksi pada natrium, kira-kira tubuh membutuhkan logam seperti ini ga sih? terus gambar pisang tadi apa? lalu kira-kira bagaimana kalau Na dan K ini di gabungkan dan direaksikan dengan air? 😮 :O

 

 

 

Iklan

2 Comments »

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: