Skip to content
Iklan

APA ITU FTALAT? DITEMUI DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI? (Episode 1)


Ftalat adalah suatu senyawa/zat kimia yang biasa digunakan sebagai plasticizer, dengan tujuan untuk memberikan fleksibilitas dan daya tahan pada polimer, seperti pada Polyvinyl Chloride (PVC). Ester ftalat adalah dialkil atau alkil aril dari asam ftalat (bisa disebut 1,2-asam benzene dikarboksilat). Dalam keadaan murninya, ftalat biasanya berupa cairan bening, beberapa dengan aroma yang cukup enak dan berwarna kuning samar.

Ftalat menunjukkan kelarutan yang rendah dalam air, kelarutan dalam fasa organik yang tinggi, dan volatilitas yang rendah. Gugus polar karboksil berkontribusi sedikit terhadap sifat fisik dari ftalat, kecuali bila R dan R ‘yang sangat kecil (seperti gugus etil atau metil).

ftalat 2

Struktu Kimia Ftalat

Berdasarkan fisikokimia dan sifat toksikologinya ester ftalat terbagi menjadi 3 sub kategori, yaitu: ftalat dengan berat molekul rendah, ftalat transisi, dan ftalat dengan berat molekul besar. Ftalat dengan berat molekul yang rendah dihasilkan dari alkohol dengan rantai lurus dan memiliki kerangka karbon C < 3. Ftalat transisi atau ftalat dengan berat molekul sedang merupakan o-DAPs mengandung > 10% molekul dari turunan alcohol dengan rantai alkil 4, 5, atau 6 karbon (U.S. EPA 2001). Secara umum ftalat ini memiliki potensi toksik yang lebih besar terhadap mamalia, toksisitas reproduksi dan perkembangan pada khususnya, bila dibanding ftalat yang memiliki berat molekul yang rendah ataupun yang tinggi (US EPA 2001, Heindel et al 1989; Foster et al. 1980). Bila dibandingkan ftalat yang memiliki berat molekul besar, ftalat transisi ini cenderung memiliki kelarutan air yang lebih tinggi, volatilitas, kecenderungan untuk bermigrasi dan penyerapan dermal (US EPA 2001; Elsisi et al. 1989).

Ftalat digunakan secara luas dalam berbagai produk, mulai dari pelapisan pil pada bidang farmasi yang digunakan sebagai agen pengontrol viskositas, stabilizer, agen pengemulsi, agen pensuspensi, dan plasticizer pada polimer (khususnya PVC). Plastik yang mengandung ftalat biasa digunakan dalam aplikasi yang meliputi bahan bangunan, pakaian, kosmetik, parfum, kemasan makanan, mainan anak-anak, dan produk vinyl (misalnya, lantai, tirai mandi, dan mantel hujan), dan dalam aplikasi medis yang meliputi kantong transfusi darah, kantong dan tabung cairan intravena, dan alat kesehatan lainnya. Ftalat juga ditemukan dalam minyak pelumas, pelarut, dan deterjen

duck ftalat

Residu Ftalat Pada Mainan Anak-Anak

Reference: Makalah Polutan Organik Residu Ftalat Pada Mainan Anak-Anak

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: