Skip to content
Iklan

Cara Membuat Nitrous Oxide atau Gas Tertawa


Kita dapat membuat nitrous oxide atau gas tertawa cukup mudah di laboratorium atau di rumah. Namun, penting untuk melakukan persiapan kecuali kita sudah memiliki pengalaman di dalam laboratorium Kimia.

Contoh Reaksi Endoterm

Orang Tertawa. Sumber Gambar : http://www.shutterstock.com

Apa Nitrous Oxide atau Gas Tertawa ?

Nitrous oxide, umumnya dikenal sebagai gas tertawa, nitrous, nitro, atau NOS adalah senyawa kimia dengan rumus N2O. Gas ini adalah oksida dari nitrogen. Pada suhu kamar,gas ini tidak berwarna, dan tidak mudah terbakar, dengan bau dan rasa sedikit manis. Gas ini digunakan dalam operasi dan kedokteran gigi untuk anestesi dan efek analgesik. Gas ini dikenal sebagai “gas tertawa” karena efek euforia setelah menghirupnya, dan karena efek itu gas ini digunakan sebagai anestesi disosiatif. Selain itu gas ini juga digunakan sebagai oxidizer dalam peluncuran roket dan dalam balap motor untuk meningkatkan output daya mesin. Pada suhu tinggi, asam nitrat adalah oksidator kuat yang mirip dengan molekul oksigen.
Nitrous oksida menimbulkan NO (nitrat oksida) dari reaksi dengan atom oksigen, dan selanjutnya NO bereaksi dengan ozon. Akibatnya, gas ini adalah regulator utama alami ozon stratosfir. Nitrous oksida juga merupakan gas rumah kaca dan polutan udara utama. Dianggap dalam periode 100 tahun, nitrous oksida memiliki 298 kali lebih banyak dampak per satuan massa (potensi pemanasan global) dari karbon dioksida.
Gas ini masuk pada Daftar Obat Esensial Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization’s List of Essential Medicines), daftar obat yang paling penting yang dibutuhkan dalam sistem kesehatan.

Cara Membuat Nitrous Oxide atau Gas Tertawa

Joseph Priestley pertama kali mensintesis nitrous oxide pada tahun 1772 dengan mengumpulkan gas yang dihasilkan dari percikan asam nitrat di atas serbuk besi, bagaimanapun, nitrous oxide biasanya diproduksi menggunakan metode Humphry Davy dengan memanaskan amonium nitrat perlahan untuk menguraikannya menjadi nitrous oksida dan uap air:
NH4NO3 (s) → 2 H2O (g) + N2O (g)
Kunci di sini adalah perlahan memanaskan amonium nitrat antara 170 ° C dan 240 ° C, karena suhu yang lebih tinggi dapat menyebabkan amonium nitrat bisa meledak. Orang-orang telah melakukan hal ini tanpa insiden selama lebih dari 150 tahun, sehingga yang terpenting kuncinya adalah berhati-hati. Selanjutnya, gas panas didinginkan untuk mengembunkan air. Cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan menggunakan palung pneumatik, yang melibatkan tabung terkemuka dari amonium nitrat wadah yang gelembung gas melalui air ke dalam tabung penyimpanan. Hal ini menghilangkan air dari reaksi serta asap dari kotoran dalam amonium nitrat. Gas dalam tabung penyimpanan adalah oxide nitrous atau gas tertawa, dan sedikit nitrogen oksida lainnya, termasuk oksida nitrat atau nitrogen monoksida. Nitrat oksida dioksidasi menjadi oksida nitrat setelah terpapar oksigen.

Sumber :

chemistry.about.com

wikipedia.org

Iklan

2 Comments »

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s