Skip to content
Iklan

Manfaat Elektrolit untuk Tubuh


Elektrolit adalah pokok bahasan yang sangat menarik, tetapi kita akan membahasnya sekilas saja. Mineral (bahan padat kering pada suhu sedang) diwakili oleh formula kimia seperti CaCl2 karena Ca-kalsium dalam hal ini – dan Cl2 – dua klorida dalam hal ini – terikat bersama secara listrik. (Istilah klorida adalah bentuk listrik aktif dari unsur netral listrik klorin. Hal yang sama berlaku bagi unsur yodium dan fluorin). Bentuk aktif listrik unsur ini adalah yodium dan fluorida). Namun,di dalam air, kedua unsur kimia yang membentuk mineral ini mungkin terpisah menjadi apa yang disebut dengan ion. Sebuah ion didefinisikan sebagai sebuah atom yang telah kehilangan satu elektron atau lebih dan bermuatan positif atau sebuah atom yang mendapatkan satu elektron atau lebh dan bermuatan negatif. Demi kemudahan, ion yang bermuatan positif disebut katoda, sedangkan yang bermuatan negatif disebut anoda. Ketika atom kalsium dan klorida dalam CaCl2 terpisah dalam air, mereka diwakili dalam bentuk persenyawaan Ca++ + 2Cl. Sekarang, Anda melihat sebuah mineral yang berubah menjadi dua elektrolit.

Setiap sel tubuh mempunyai cairan di dalam dan di luarnya,dengan elektrolit di dalam membran sel dan elektrolit di cairan luar Elektrolit ini berkoordinasi untuk mengirim nutrisi ke dalam sel dan mengumpulkan sisa dari dalam sel untuk dikeluarkan dari tubuh. Konsentrasi elektrolit tertinggi di dalam sel terdiri dari potasium, magnesium, dan fosfat, sementara konsentrasi tertinggi di luar sel terdiri dari sodium, klorida, dan karbonat. Ketika konsentrasi elektrolit di bagan dalam sel lebih besar daripada konsentrasi di luar sel, cairan mengalir ke dalam sel sampai kedua konsentrasi sama dan sebaliknya ketika konsentasielektrolit lebih tinggi di luar sel. Tekanan yang berkembang dari perbedaan dalam konsentrasi elektrolit ini disebut tekanan jelas, sel menyusut ketika air mengalir keluar dan mengembang ketika air mengalir ke dalamnya. Proses ini yang melibatkan seluruh tubuh dikaitkan dengan proses seperi pemapasan sel dan produksi energi), tekanan darah, edema, keseimbangan pH, dan pembuangan selektif (atau penyimpanan) dari beberapa elektrolit tertentu dalam air seni. Seluruh proses ini penting hubungannya dengan kondisi kesehatan Anda sekarang. Harapan saya adalah bahwa keterangan ini dapat membantu Anda melihat betapa pentingnya memastikan tubuh Anda memiliki seluruh elektrolit dan air yang dibutuhkannya. ( Dehidrasi akibat asupan caran yang kurang secara menahun dapat membahayakan kesehatan seseorang)

Sodium

manfaat natrium

Sodium, potasium, dan klorida adalah tiga elektrolit terpenting dalam tubuh. (Kalsium. magnesium, fosfat, sulfat dan bikarbonat juga merupakan elektrolit) Sodium mungkin yang paling aktif dari semua elektrolit,bahkan membantu penyimpanan kalsium di tulang. Sesungguhnya, banyak di antara kita yang nyaris kekurangan apa yang saya sebut sodium makanan bio-organik. Tetapi banyak orang, terutama pria, mengonsumsi sampai 30 gram garam dapur setiap hari dalam makanan dan minuman mereka. Ada orang yang menggarami buah melon dan semangka mereka, dan yang mencucukkan seledri atau buah radis ke dalam garam. Ahli gizi menganggap 15 sampai 30 gram pemasukan garam sangat berisiko. Menurut mereka terlalu banyak garam dapur diyakini berisiko memicu hipertensi. Apabila terlalu tinggi kadarnya dalam tubuh, biasanya sodium dikeluarkan dalam air seni bersamaan dengan sejumlah besar potasium. Hal itu akan sangat memberatkan jantung, yang selalu membutuhkan pasokan potasium yang cukup. Secara pribadi, saya percaya 5 gram garam dapur adalah pemasukan garam yang sudah berisiko tinggi. Saya ingin memberitahu Anda alasannya.

Garam dapur tidak terbuat secara alami. Garam ini harus dihaluskan dan dimurnikan pada temperatur tinggi untuk menjadi kristal atau sodium klorida. Makan garam mengakibatkan efek samping yang tak diinginkan. Terlalu banyak garam menimbulkan rasa haus yang kemudian menahan air dalam tubuh. Memakai lebih dari 5 gram garam dapur setiap hari membuat seseorang lebih berisiko terkena hipertensi. Dengan kata lain, garam ini lebih bekerja sebagai obat daripada makanan.

Sebaliknya, sodium dalam makanan dikelilingi oleh sejumlah vitamin dan mineral yang bekeria secara sinergis dengan cara yang saya yakini berbeda dengan aktivitas sodium dalam garam dapur. Menurut saya, kita harus mengurangi atau membatasi konsumsi garam dapur, dan meningkatkan asupan sodium makanan. Kelebihan sodium klorida dalam diet menimbukan ekskresi dari sejumlah besar potasium dalam air seni, menambah deposit kalsium dalam sendi dan tulang belakang serta menarik dan menahan air dalam tubuh. Tidak ada kabar baik. Kita semua membutuhkan makanan alami dan mengurangi makanan kalengan.

Saya ingin Anda memahami banyaknya reaksi kompleks dalam tubuh yang mengagumkan gang sebagian besar tidak disadari),yang memegang peran besar dalam pola hidup dan gerak manusia. Elektrolit,

termasuk sodium, terlibat dalam proses hidup yang penting seperti transmisi saraf, perawatan dan pemberian makan sel, stabilitas keseimbangan asam/basa, kontraksi dan pengenduran otot, serta masih banyak lagi. Sodium pada makanan, menurut saya, membantu menjaga kalsium tetap dalam larutan, mencegah Spurs, penyimpanan yang tidak diinginkan,dan peradangan sendi

RDI orang dewasa 2,4 gram.

Sumber terbaik: Sodium dari makanan banyak terdapat dalam buah zaitun, makanan laut, rumput laut, saus kedelai, daging, dan ayam. Zaitun hijau mengandung paling banyak sodium dibandingkan buah atau sayuran lainnya, walau sedikitnya terdapat sodium dalam semua buah dan sayuran Yang terbaik adalah raisin, apel kering melon-casaba, bit hijau,lobal, kacang panjang, dan artichoke. Tidak mengherankan, sebagian besar dari ini mengandung potasium yang jauh lebih tinggi daripada sodium.

Potasium

manfaat kalium

Potasium membantu mengatur tekanan darah bersama sodium. Sembilan puluh delapan persen potasium dalam cairan tubuh ditemukan dalam cairan intrasel pada sel kita, sementara sodium berada dalam cairan di luar sel. Potasium bekerja dengan magnesium untuk mengatur fungsi jantung. Unsur  ini diperlukan untuk pertumbuhan yang normal, reaksi enzim, serta metabolisme protein dan karbohidrat. Pengeluaran racun dari ginjal dibantu dengan potasium, yang juga bekerjasama dengan fosfor untuk mengirim oksigen ke otak.

Ada banyak potasium dalam sebagian besar makanan. Karena usus kecil mengasmiasi 90 persen potasium dari makanan, sedikit saja kemungkinan Anda kekurangan mineral ini. Kekurngan dapat terjadi dengan berlebihnya kadar sodium garam dapur, yang menimbulkan pembuangan berlebihan dari potasium melalui ginjal. Tubuh kita biasanya sangat mudah menyesuaikan dengan penyeimbangan hubungan unsur kimia satu sama lain, kecuali kita menyerang hukum alam dengan memasukkan terlalu banyak benda yang salah ke tubuh kita Baik sodium maupun potasium mudah membentuk garam klorida, yang akan saya bahas berikutnya.

RDI orang dewasa 3,5 gram.

Klorida

manfaat ion klorida

Karena ion klorida biasa berpasangan dengan sodium dan potasium untuk membentuk garam, baik di luar tubuh dalam makanan maupun di dalam tubuh dalam cairan, kekurangan sodium atau potasium dapat mengakibatkan kekurangan klorida. Klorida biasanya memasuki sistem pencernaan dalam makanan yang mengandung sodium atau potasium.

Elektrolit ini membantu sel darah merah membuang karbon dioksida dan membantu sodium serta potasium dalam mengirim impuls saraf dan bergabung dengan elektrolit lainnya untuk mempertahankan keseimbangan asam/basa. Klorida dibutuhkan untuk produksi asam hidroklorat bagi lambung Enzim pepsin dari lambung mampu memecah protein hanya di dalam lingkungan asam. Lingkungan asam itu tecipta oleh asam hidroklorat, yang juga membunuh bakteri yang mungkin menyertai makanan. Konsentrasi tertinggi dari ion klorida ditemukan dalam sekresi pencernaan dan dalam cairan serebrospinal.

Setiap kelebihan klorida dikeluarkan melalui keringat atau dalam air seni. Makanan sama yang kaya akan sodium dan potasium juga kaya akan klorida; tidak ditemukan kekurangan klorida.

RDI orang dewasa: 3,4 gram.

Sulfur

manfaat ion sulfur

sulfur tidak mempunyai RDI. Mungkin hal itu disebabkan oleh ketika asupan protein kita sudah cukup kita memperoleh sulfur yang dibutuhkan tubuh. sulfur adalah bagian dari struktur dua asam amino, yaitu metionin dan sistin, yang ditemukan dalam rambut, kulit,kuku, dan sendi. Membakar rambut akan mengeluarkan bau seperti sulfur karena memang terdiri sebagian dari sulfur Thiamin (vitamin B1) dan biotin mengandung sulfur. Sulfur diperlukan untuk lubrikasi sendi. Unsur ini ditemukan dalam substansi yang berhubungan dengan peradangan alergi. Sulfur diperlukan untuk sintesis kolagen. Dalam hati, sulfur menstimulasi pembuatan empedu. terdapat dalam keratin, protein keras pada rambut dan kuku, dan di dalam insulin,sebuah hormon pankreas yang membantu mengontrol jumlah gula darah dan membantu sel memanfaatkan gula darah untuk menghasilkan energi.

RDI orang dewasa: tidak diketahui.

Sumber terbaik: Telur adalah sumber sulfur terbaik, tetapi juga dapat diperoleh dari daging ikan, keju, dan susu.

SUMBER : Jensen’s, B.2006. Terapi Jus:menuju Hidup Sehat dan panjang umur. BIP : Jakarta

Iklan

1 Komentar »

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s