Skip to content
Iklan

Pentingnya Yodium Untuk Kesehatan


yodium

Pengobatan tradisional mengutamakan tiga hal yaitu ketahanan tubuh, perbaikan dan kesembuhan. Pertama orang bertanya pada diri sendiri apakah daya tahan tubuhnya terhadap penyakit berada dalam tahap normal atau belum. Selanjutnya, mampukah dia memperbaiki jaringan tubuh yang rusak pada saat penyakit menyerang atau tidak. Akhirnya, jika suatu penyakit benar-benar menyerang, mampu tidak tubuhnya kembali sehat?

Bagaimanapun juga selama tahun-tahun terakhir ini, banyak orang telah belajar bahwa ada hubungan antara yodium dengan daya tahan terhadap penyakit.

Yodium begitu penting bagi kelenjar gondok agar tetap bisa berfungsi secara normal. Kelenjar gondok manusia terletak di bagian depan bagian leher terbawah. Seluruh darah dalam tubuh melewati kelenjar gondok setiap tujuh belas menit. Karena sel-sel pembentuk kelenjar ini memiliki daya tarik terhadap yodium, selama selang waktu tujuh belas menit ini, sekresi kelenjar yodium membunuh hasil-hasil lemah yang mungkin dan bisa menembus peredaran darah melalui luka di permukaan kulit hidung atau tenggorokan atau melalui penyerapan makanan lewat saluran pencernaan. Baksil atau kuman yang kuat dan berbahaya dilemahkan ketika melalui kelenjar gondok. Dengan tujuh belas menit sekali perputaran, baksil atau kuman yang kuat tersebut menjadi semakin lemah sampai mati jika kelenjar yang bersangkutan memiliki persediaan yodium normal.Jika persediaan tidak mencukupi, maka proses kerja kelenjar ini tidak mampu membunuh basil – basil yang berbahaya dalam darah sesuai kehendak alam

Perlu diingat bahwa gondok kadar yodium dalam kelenjar gondok tergantung pada yodium yang tergantung pada makanan dan air yang kita gunakan sehari-hari. Jika konsumsi yodium rendah, kelenjar gondok kekurangan elemen ini untuk melaksanakan fungsinya secara normal.

Dari pengobatan tradisional kita belajar bahwa bagaimana juga, kelenjar ini membentuk fungsi-fungsi lain selain membunuh basil basil yang berbahaya dalam darah. Yang pertama adalah membangkitkan tenaga yang kita perlukan untuk melakukan pekerjaan sehari-hari. Ada sebuah hubungan tertentu antara jumlah tenaga yang Anda miliki dengan konsumsi yodium. Pertanyaan pertama timbul pada keadaan kuasa berkurangan, jika stamina berada pada tingkat rendah dalam hubungan melaksanakan pekerjaan harian, maka konsumsi yodium perlu diperhatikan dengan lebih baik lagi

Fungsi kedua dari yodium adalah menstabilkan tubuh dan meringankan ketegangan mental. Jika ketegangan mental mendekati puncaknya, istirahat malam hari jadi amat terganggu sehingga tidur juga terganggu dan secara bertahap tubuh terus berusaha melawan gangguan gangguan tersebut. Semua penyertaan tersebut menekankan keperluan tubuh akan yodium untuk mengurangi ketegangan mental, menyantaikan tubuh dan menimbulkan kesempatan untuk mengorganisasikan kedamaian dan ketenangan tubuh, melalui pembentukan dan persediaan tubuh bagi saat-saat diperlukan.

Melalui pengobatan tradisional, kita tahu bahwa ada kemungkinan terulangnya perubahan pada anak-anak yang kurang sabar, tidak mau beristirahat dan selalu gelisah, terutama bagi mereka yang di bawah sepuluh tahun – jika satu tetes cairan yodium melalui mulut setelah dicampur dengan jus buah buahan atau segelas air apel – menjadi anak anaik yang sabar dan tenang dalam waktu dua jam. berulang kali saya menuliskan ramuan ini bagi ibu ibu yang memiliki anak anak lincah, baik laki-laki maupun perempuan, agar anak anak tersebut  hidup dalam situasi yang sehat dan menyenangkan. Saya belum pernah menjumpai kegagalan dalam menenagkan anak anak yang terlalu lincah ataupun gelisah menenangkan seperti ini.

Fungsi ketiga dari yodium dalam tubuh berhubungan dengan kejernihan pikiran. otak bekerja lebih baik jika tubuh menyediakan yodium dalam kadar yang diperlukannya.

Kasus berikut yang perlu diperhatikan adalah kasus penimbunan lemak yang tidak diperlukan. Yodium adalah salah satu katalisator oksida (bahan yang mempercepatkan reaksi-reaksi kimiawi) terbaik dan mampu membakar makanan yang kita gunakan sehari-hari. Jika pembakaran makanan ini kurang sempurna, maka hasil pembakarannya akan tersimpan dalam bentuk lemak yang tidak diperlukan

Sementara kelanjar gondok (tiroid) membantu menyimpan yodium dalam peredaran darah setiap tujuh belas menit, kelenjar ini juga bisa paskan simpanan yodiumnya. Misalnya, jika kita minum cairan yang cukup tinggi kadar kloridanya atau terlalu banyak mengkonsumsi sodium klorida (lebih dikenal dengan nama garam dapur).

Ada hukum kimiawi pergantian halogen. zat zat yang termasuk dalam kategori kelompok halogen adalah:

Halogen               Berat Atom Relatif

Fluor                              19.00

Klorida                           35.50

Bromida                        80.00

Yodium1                        27.00

kegiatan klinis tidak bisa melepaskan salah satu dari keempat halogen ini yang terdapat dalam kandungan yang memiliki kebalikanberat atom. Maksudnya bahwa zat apapun dari keempat zat tersebut bisa menggantikan elemen yang berat atom lebih tinggi

Contohnya, tepung bisa menyingkirkan klorida, bromida dan sodium karena berat tepung terhitung yang terendah dari keempat elemen tersebut. Demikian pula, klorida bisa menyingkirkan dan yodium karena berat atom klorida lebih rendah dari kedua elemen tersebut. Bromida bisa menyingkirkan yodium dari tubuh karena yodium mempunyai berat atom lebih tinggi. Tetapi peristiwa yang berlawanan tidak mungkin terjadi. Pengetahuan tentang hukum kimia ini membuat kita perlu memikirkan dan mempertimbangkan penambahan klorida terhadap air minum kita sebagai zat penjernih. yang perlu kita pertimbangkan dalam menyediakan air minum bukan karena kuman-kuman yang berbahaya, tetapi karena kadar klorida yang bisa menyingkirkan persediaan yodium dari tubuh kita padahal kita memerlukannya

Kita mungkin bertempat tinggal di daerah dengan kadar yodium rendah atau bahkan jarang sama sekali. Ini bisa dilacak pada beberapa faktor antara lain karena air minum kita sudah tercemar oleh klorida, Tiga konsekuensinya adalah kita rentan terhadap serangan penyakit atau kita selalu kekurangan stamina atau kita menghadapi ketegangan atau sulit mendayagunakan kemampuan berpikir positif kita sehingga menyebabkan terjadinya proses penimbunan zat lemak yang tak diperlukan. Bagaimana kita bisa memenuhi keperluan yodium dalam tubuh kita?

kita Pembaca, jangan bimbang, masih ada tiga cara lain yang bisa lakukan untuk menangani persoalan ini, yaitu.

  1. Menggunakan makanan yang setelah dianalisis memiliki cukup kaya kadar yodiumnya. Diantara dalam kategori ini adalah semua makanan yang berasal dari laut, lobak, asparagus, wortel, tomat, bayam, kentang, kacang, straw berry, selada, pisang , kuning telur dan bawang
  2. Membalut sebagian dari Mengkonsumsi permukaan tubuh dengan yodium
  3. Mengkonsumsi makanan dengan kadar yodium yang mencukupi. Salah satu adalah minyak ikan. Cairan yodium lainnya bisa diperoleh di toko obat atau farmasi

Campuran yodium sebenarnya tidaklah terlalu mahal.Pada tahun 1880 seorang dokter Prancis bernama Lugol menemukan sebuah cairan campuran yang berkadar 5% yodium elementil, 10% campuran Potassium yodida. Sejak itu kedua zat ini terus dimanfaatkan. Setiap ahli farmasi mengetahui bagaimana membuat campuran Lugo. Jika tidak sempat membuatnya, pembeli yang berminat dianjurkan membelinya di apotik karena hampir semua toko obat menyediakan zat campuran yang banyak diperlukan ini.

Untuk memperoleh kadar yodium yang diperlukan tubuh, ternyata dosisnya kecil dan cukup digunakan beberapa kali dalam minggu.Jika kandungan mineral dalam tubuh dianalisa, hanya yodium yang terlacak. Sepuluh tetes yodium mewakili lebih banyak yodium yang terkandung dalam seluruh tubuh. Karena alasan inilah, dosis cairan Lugol yang mengandung yodium hanya diperlukan satu atau dua tetes tergantung pada berat badan Anda. Jika berat tubuh Anda kurang atau sama dengan 75 kg, maka dosisnya hanya satu tetes.

Perlu diingat bahwa tubuh manusia menuntut tingkat minimum yang diperlukan saja. Bagi mereka yang berat tubuhnya diatas 75 kg, dosisnya adalah dua tetes. Perlu diingat bahwa jika terjadi serangan penyakit di daerah tempat tinggal Anda, ada baiknya Anda menggunakan campuran Lugol tiga kali dalam seminggu selang sehari agar persediaan yodium dalam tubuh Anda cukup memadai.

bagaimana cairan ini kita gunakan? Pada umumnya para petugas akan menganjurkan agar yodium digunakan pada waktu perut kosong, setidak-tidaknya dua puluh menit sebelum makan

Pada tahun-tahun terakhir ini, pengobatan tradisional menemukan sebuah cara lain yang lebih saya sukai. Caranya adalah dengan mencampur satu sendok teh pada segelas air agar minuman kita bersifat asam, lalu  teteskan yodium dengan pipet tegak untuk mendapatkan dosis yang tepat. Aduk campuran isi gelas ini dengan sendok dan sesaplah minuman itu sebagai pendamping waktu makan Anda.

Dalam kaitannya dengan konsumsi yodium, penelitian saya pada sekelompok sapi perah memberikan bukti-bukti menarik mengenai hubungan induk-semang (host) dan mikroorganisme, virus dan parasit parasit lainnya.

seekor sapi perah diberi cairan yodium lugol sebanyak tiga tetes yang dicampurkan dengan empat ons sari apel. Sejak itu dokter hewan hanya perlu memeriksa kelompok sapi perah itu delapan bulan sekali untuk mengetahui ada tidaknya sapi yang sakit. Hal yang  berlawanan terjadi pada kelompok sapi yang tak diberi cairan yodium dimana beberapa ekor diantaranya terserang penyakit. Dalam waktu delapan bulan sekali ada baiknya setiap sapi mendapat suntikan pinisilin untuk pencegahan penyakit sapi.

Dari penelitian saya terlihat bahwa kutu akan meninggalkan persembunyiaannya dalam tubuh sapi yang telah diberi sari apel dan yodium, demikian juga lalat tidak akan mau hinggap di tubuh sapi.

Sapi-sapi yang menghadapi kesulitan pengguguran, bukti memperlihatkan adanya mikroorganisme Brucella abortus yang berkembang pada media basa dan menyebabkan keguguran yang disebut brucelosis. Keguguran pada berhenti jika setiap waktu makan, makanan sapi tersebut diberi tiga tetes untuk setiap dua ons sari apel per seekor sapi

Sementara terus melakukan penyelidikan sapi-sapi tertentu, saya juga tertarik mendalami kesulitan-kesulitan umum yang seringkali dikeluhkan oleh para peternak

Tujuan saya adalah hadapi pada daerah mengetahui kesulitan-kesulitan yang mereka hadapi pada daerah punggung dari lima puluh empat sapi  keturunan jersey. pada umumnya kesulitan-kesulitan ini berbentuk kotoran bulat sebesar pensil, tetapi kotoran kotoran di punggung tersebut sukar hilang sapi itu telah diberi sari apel dan yodium. Meski kotoran belum hilang, tetapi ukurannya semakin mengecil sampai sebesar tusuk gigi. Saya selidiki lebih lanjut dengan pemberian yodium dalam kadar yang lebih tinggi dan hasilnya jumlah bakteri yang terdapat susu hasil perahan menjadi berkurang. Jika pemberian yodium dihentikan, jumlahnya bertambah tetapi masih bisa diturunkan lagi dengan pemberian yodium dalam kadar yang tinggi kembali

Dari Dr. William Weston di South California dan pengalamannya dengan kuda-kuda pacu yang dititipkan di sana, saya semakin tertarik dengan signifikasi peran yodium dalam tubuh dan hubungannya terhadap daya-tahan tubuh baik manusia maupun hewan.

Sekitar seratus ekor kuda pacu dipelihara di sana selama musim dingin. Pada kunjungan dua tahun sebelumnya, pengurus kuda melaporkan bahwa salah seekor kuda yang dititipkan akan diikut sertakan pada perlombaan Kentucky Derby, tetapi kondisi fisiknya kurang memuaskan. Kalau saja mereka mengetahui dan mempelajari pemberian makanan yang tepat untuk mendapatkan kinerja fisik kuda yang prima, pastilah kuda yang diikutsertakan itu akan memperoleh salah satu kemenangan dalam pertandingan itu. Maukah Dr. Weston memperbaiki kondisi fisik kuda itu dengan pemberian makanan yang tepat ?

Ternyata Dr. Weston tertarik untuk mencobanya. Sebagai langkah pertama, dia meminta sampel seluruh makanan yang telah diberikan kepada kuda itu. Sampel kemudian dianalisis di Laboratory for esearch, South Carolina. Dari hasil analisis, Dr. Weston menganjurkan supaya meningkatkan pemberian yang akan diberikan makanan yang memiliki kadar yodium dan mencampurkannya pada makanan yang akan diberikan. Percobaan ini dilaksanakan. Pada musim berikutnya, kuda itu berhasil memenangkan setiap perlombaan yang d

Sebagai dampak dari keberhasilan percobaannya ini, dua hartawan pemilik kuda pacu mengundang Dr. Weston untuk meninjau peternakan kuda milik mereka dan memilihkan makanan yang tepat bagi kuda-kuda peliharaan mereka. Sekali lagi yang kaya yodium ditambahkan pada jumlah yang biasa dan hasilnya juga memuaskan dimana setiap kuda yang telah diberi diet kaya yodium mampu memenangkan setiap pertandingan yang diikuti. Tampaknya ini merupakan sebuah demonstrasi lengkap tentang hubungan antara yodium dengan tenaga dan stamina kuda.

Selanjutnya Dr. Weston mengirimkan salinan surat yang ditujukan padanya sebagai ketua Food Research Commission of South Carolina. Salinan surat itu menggambarkan bahwa hukum alam mengenai konsumsi yodium penting sekali untuk dipelajari dan dipraktekkan karena penerapan hukum alam pada hewan peliharaan bukan hanya sesuai untuk sapi, tetapi juga sudah berhasil diterapkan pada anjing pemburu

Setelah melacak kegunaan yodium untuk meningkatkan kecepatan serta daya tahan tubuh kuda pacu dan anjing pemburu, mari kita terapkan apa yang telah kita pelajari dalam kasus yang melibatkan kesehatan seorang pelaku bisnis.

Ketika bangun pagi, dia minum segelas air sambil berpakaian, dimana air itu telah dicampur dengan satu dua sendok teh asam atau sari apel. Apa yang dia harapkan dari minuman itu?

Pengetahuan tentang kemampuan asam dalam menipiskan cairan tubuh telah diketahuinya sejak dulu.Dalam peternakan sapi perah temukan bahwa susu sapi yang normal bersifat asam lemah. ketika susu sapi berubah ke sifat basa, maka susu akan menjadi lebih kental. Kekentalan ini akan lenyap dan susu kembali akan menjadi cair jika seekor sapi diberi empat ons air pada pagi dan malam hari.

ini Ada cara lain untuk Intinya, tidak ada mengamati tingkat praktikabilitas seorang pelaku bisnis yang sibuk mau mengental darahnya seperti soup karena dia mengerti bahwa darah harus tetap cair agar bisa beredar ke seluruh tubuh sehingga mempermudah kerja jantung pada saat memompa darah dalam setiap detak jantungnya.

Pada waktu sarapan, laki-laki ini tidak mau menggunakan makanan yang terbuat dari gandum maupun gula putih, buah-buahan ,madu dan sari apel agar sifat air kencing tetap bersifat asam. Kebebasan adalah sebuah pertanda bahwa tingkat kekentalan darah lebih kental dari seharusnya atau bahwa kekentalan darah akan mempersulit peredaran dan memperberat kerja jantung dalan mengubah menu yang kurang bijak ini dengan hidangan yang terbuat dari gandum hitam dan jagung. Gula pasir dia ganti dengan madu(manfaat madu lihat disini). Jika dia sempat memilih, dia akan lebih suka apel, anggur atau cranberry.

Pada waktu makan siang, dia akan minum segelas air yang telah dicampur dengan dua sendok teh madu dan dua sendok teh sari apel. Dengan ini dia menggunakan asam yang diperoleh dari tanah melalui buah, berry dan daun lalab dan kuasa dari matahari yang terdapat pada madu. Ini pilihan terbaik. Dia meminumnya sebelum ketika atau sesudah makan.

Ketika mengorganisir tubuhnya dalam menghadap kesibukan hari, air kencing yang tadinya bersifat asam atau normal berubah menjadi bersifat basa atau tidak normal. Tidak dianjurkan makan hidangan lengkap pada waktu sarapan karena hal ini malah membuat kencing bersifat basa. Karena itu hidangan dari gandum, gua pasir dan jeruk jerukan serta jusnya diubah sehingga pada akhir hari tersebut dia akan tiba kembali di rumah dengan keletihan mental dan fisik yang terlalu berat

Pada waktu makan malam dia juga akan minum satu gelas air yang telah sendok teh madu dan dua sendok teh air sari apel.  Dia bisa minum pada waktu sebelum, ketika atau sesudah makan malam

ada baiknya mengganti diet waktu makan dengan makan lalab atau salad sayuran agar asam-asam dari tanah bisa lebih terserap dan kekuatan matahari yang tersimpan di daun daun lalab tersebut bisa dimanfaatkanoleh tubuh.

Bila hari terlalu sibuk dan banyak ketegangan, dia akan lebih memilih makanan yang berasal dari laut seperti ikan dan sotong kerang dan sebagainya karena hidangan ini mengandung potassium tinggi yang berkhasiat untuk menenangkan susunan syaraf

Cobalah membatasi konsumsi daging berurat seperti daging sapi atau kambing hanya dua kali dalam seminggu dan pada hari-hari lain ketika jadwal kerja Anda ringan karena daging yang berotot akan mengorganisir tubuh Anda pada basis siap tempur yang sebenarnya kurang begtu Anda perlukan. Cobalah mengingat bahwa organ dalam hewan seperti hati mewakili gudang persediaan hewan yang dimanfaatkan pada saat-saat tertentu saja. Ada baiknya jika dalam seminggu Anda juga mengkonsumsi hati. Secara bertahap, dengan mengikuti hukum alam, Anda bisa mengubah menu makan Anda sehari hari sehingga keseimbangan tubuh Anda akan menjadi selalu terjaga, terutama untuk mempersiapkan kekuatan dan kuasa yang Anda perlukan

Misalnya bila Anda telah mematuhi peraturan yang telah dikemukakan di atas dan Anda tetap atau justru merasa minggu pertama kurang menyenangkan, terlalu cepat menyerah. Bila ini terjadi pada diri Anda, ambillah cairan Lugol setetes di campur dengan segelas jus apel atau anggur di waktu sarapan atau bisa Juga Anda campur dengan campuran air dan sari apel. Tujuannya tidak lain karena potassium dalam cairan itu memblokir mekanisme tubuh yang mengorganisir reaksi agresif. Yodium segera bereaksi pada mekanisme tubuhyang mengorganisir agar tubuh tenang ,relaks untuk menghemat tenaga. Jika menghadapi pekerjaan di bawah keadaan tenang,  sertakan dosis cairan Lugol setiap hari sampai ketegangan hilang. jika tubuh menghadapi penebalan cairan lendir di lubang hidung Anda, maka hentikan konsumsi yodium sampai hidung normal kembali.

Ketika Anda sudah merasa cukup mengamati dan mengerti diri Anda, maka Anda akan belajar kapan saatnya Anda memerlukan yodium dan kapan tidak. Jika tidur malam tidak cukup memberikan tenaga ekstra untuk melaksakan tugas-tugas rutin keesokan harinya, ituah saatnya Anda boleh berpikir tentang yodium. Jika Anda telah mempelajari bagaimana menggunakannya, maka yodium akan menyiapkan stamina prima seperti yang  Anda perlukan untuk menyelesaikan proyek-proyek yang telah Anda rencanakan.

Sumber :

M.D, D.C. Jarvis. 2002. Khasiat sari apel & Madu.Prestasi Pustaka : Jakarta

Iklan

2 Comments »

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: