Skip to content
Iklan

10 Manfaat Madu


Manfaat madu

Dibawah ini ialah diambil dari sebuah buku yang tertulis di daftar pustaka. maka kata “saya” di bawah ialah untuk penulis buku sebenarnya.

1. Madu untuk Menghilangkan Kebiasaan Ngompol

Mungkin aneh bahwa pengobatan tradisional juga bisa mencegah terjadinya kencing pada waktu anak-anak tidur (ngompol) Jika anak anak masih kencing ketika tidur sampai melebihi usia tiga tahun, mungkin kebiasaan ini akan menjadi masalah. Tetapi ini hal yang biasa bagi anak-anak walaupun mengganggu bagi anak-anak lain dan keluarganya

sudah lama para dokter, jika ditanya apa yang bisa dilakukan ntuk mencegah anak-anak dari kencing waktu tidur di malam hari, menjawab bahwa waktulah yang akan mengubahnya ketika anak anak bertambah besar dan menyadari kebiasaanya itu. Ini menunjukkan bahwa tidak ada bantuan tertentu yang bersifat umum untuk mencegah ngompol.

mengatasi ngompol

Gejala gejala kebiasaan kencing di tempat tidur di malam hari sudah jelas. Dalam sebagian besar kasus, ini sifat umum karena kebiasaan anak menahan buang air kecil pada siang harinya. Padahal anak-anak bisa digolongkan sebagai manusia yang mirip kuda balap yaitu mereka teramat sensitif pada rangsangan yang kuat atau menakjubkan. Sebagian besar anak-anak di bawah dua tahun belum bisa mengendalikan buang air kencing dan beberapa bulan kemudian sebagian besar di antara mereka mampu tidur tanpa perlu kencing lagi.

perbuatan kencing dan membasahi tempat tidur ini pada umumnya terjadi pada setiap malam, biasanya satu atau dua kali semalam dan mungkin mulai setelah kandung kemihnya berkembang. Tetapi alasan ini bisa dikesampingkan karena kebiasaan kurang baik terhadap struktur kandung kemih sendiri terutama di malam hari sejak bayi.

Beberapa anak membasahi tempat tidur dalam satu jam setelah mereka tidur, sedangkan anak-anak lainnya baru kencing pada dini hari. Beberapa anak terbangun ketika kencing, anak-anak lainnya tetap terlelap dan tidak terganggu. Ketika bangun di pagi hari, mereka merasa tidak menyadari bahwa mereka telah kencing tetapi sringkali mereka samar-samar ingat bahwa mereka telah bermimpi terlebih dahulu, ketika atau bersamaan dengan waktu kencing, anak yang tidur bukannya terbangun karena rangsangan kandung kemih yang penuh. bermimpi bahwa dia sudah berada di kamar mandi atau di tempat lain yang sesuai untuk buang air kecil. Mimpi di kamar mandi itu begitu nyatanya sehingga anak-anak tersebut sering bersikeras bahwa mereka tidak kencing di tempat tidur, tetapi buang air di kamar mandi atau di WC.

biasa Bayangan ketakutan hampir selalu muncul pada anak-anak yang gejala kencing pada malam hari selain, mungkin juga terlihat gejala menggigit kuku atau menghisap ibu jari

Pengobatan tradisional membagi kebiasaan kencing malam hari dalam dua bagian yaitu preventif dan kuratif. Latihan bisa mengatasi kandung kemih dan sebaiknya dimulai sekitar usia satu tahun. Bayi yang dibawa ke WC pada waktu tertentu seperti pada waktu bangun tidur, setelah setiap waktu makan dan setiap tiga jam sekali pada mulanya dan pada waktu yang lebih panjang jumlah kandung kemih dan kawalan kandung kemihnya meningkat Menjelang usia dua tahun. sebagian besar anak akan mampu memberitahu kapan mereka ingin buang air kecil.

Dalam pengobatan kuratif, kita memberi zat terapeutik yang mengkombinasikan kemampuan tertentu untuk menarik
air kencing dan menahannya dengan zat sedatif pada tubuh anak bersangkutan. Agen pengobatan ini harus sesuai untuk program pengobatan jangka panjang dan tidak berbahaya bagi anak. Zat itu harus bisa diadaptasi untuk kegunaan sehari-hari secara bersambungan atau bila diperlukan pada saat-saat tertentu. Yang terpenting adalah bahwa zat itu sebaiknya bisa diterima oleh anak-anak. Pengobatan menemukan bahwa persyaratan ini bisa dipenuhi oleh madu.

Madu dengan sifat hidroskopisnya mampu menyerap dan mengenalkan uap lembab udara. Levulosa dalam madu memiliki kemampuan untuk menarik uap gula dengan kuat. Kemampuan penyerapan madu ini telah diselidiki dalam roti dan kue kering Yang berisi madu, yang akan tetap lembab dan memiliki rasa yang enak Untuk memaksimalkan daya serap ini, madu sebaiknya jangan dalam lemari es atau gudang, tapi carilah sebuah tempat tidak terlalu hangat dan tempat yang tertutup rapat karena inilah tempat menyimpan madu yang paling tepat. salah satu kegunaan kemampuan menyerap kelembaban madu bisa dimanfaatkan untuk menarik dan menahan cairan dalam tubuh anak-anak pada waktu tidur sehingga kencing di atas tempat tidur tidak akan terjadi

Tetapi jika anak Anda memiliki kebiasaan kencing di malam hari apa yang bisa Anda lakukan dengan pengobatan tradisional?

Sebelum tidur berilah anak Anda satu sendok teh madu. Madu yang diambil ini akan beraksi dalam dua cara. Pertama, madu akan bertindak sebagai sedati pada susunan syaraf. Kedua, seperti yang telah dikemukakan, madu akan menarik dan menahan cairan kencing ketika tidur. Dalam menarik dan menahan air kencing, madu membantu kerja ginjal.

Begitu Anda melanjutkan pemberian madu untuk tujuan ini, Anda melakukannya, Anda akan Raitu Anda melanjutkan pemberian madu untuk tujuan ini, Anda akan tahu kapan saat yang tepat untuk melakukannya. Anda akan menyadari keadaan-keadaanyang menyebabkan kesulitan.contohnya dangan ke pesta anak-anak, dengan kegembiraan yang meluap dan minuman yang berlimpah, perlu diimbangi dengan satu sendok teh madu sebelum tidur. Demikian juga jika terjadi konsumsi cairan yang berlebihan setelah jam lima petang memungkinkan anak kehilangan kontrol terhadap kandung kemihnya, tetapi masih bisa dicegah dengan satu sendok teh madu sebelum tidur.

Jika Anda telah mempelajari cara mengatasi untuk kebiasaan ngompol dengan madu sebelum tidur, mulailah dengan percobaan untuk anak menggunakan madu, jika Anda merasa perlu kandung kemih tidak perlu dikontrol lagi. Anda akan tahu pada malam-malam mana sekiranya anak tidak perlu diberi madu dan malam-malam mana sekiranya anak memerlukan bantuan madu. Ketika Anda menyadari kapan memberi madu secara aman, Anda bisa mencoba mengurangi bantuan dosis madu sebagai tindakan awal untuk mengesampingkan bantuan madu. Tapi Anda tetap harus menyiapkan madu sebagai persediaan agar bisa digunakan bila tiba saatnya anak Anda kemungkinan akan ngompol Disinilah kiranya madu amat bermanfaat untuk mengakhiri kesulitan klasik karena ngompol.

2. Madu untuk Mengusir Insomnia

mengatasi insomnia

Satu cara yang dipercayai oleh sebagian besar orang agar mereka bisa cepat tidur adalah dengan memejamkan mata dan membayangkan sebuah papan tulis raksasa. Pada papan tulis itu, Anda membayangkan tangan Anda sedang meraba dengan hati-hati atau sedang mencatnya dengan kuas cat besar yang dicelupkan pada keleng cat putih untuk mencat angka 3 raksasa di papan itu Catlah angka itu dan telusurilah perlahan-lahan dan jika yang pertama sudah selesai, buatlah angka 3 berikutnya dan begitu seterusnya. Kebanyakan orang sudah tidur menjelang atau sebelum angka 3 yang ketiga diselesaikan.

Cara lain adalah menumpukkan relaksasi setiap tubuh,  persendian tangan yang satu ke persendian tangan yang lain, ke pergelangan tangan, naik ke lengan dan seterusnya ke seluruh tubuh Banyak orang yang menganggap bahwa cara ini amat praktis untuk mempercepat mimpi mereka

Pengobatan tradisional menganggap madu sebagai perantara terbaik dibandingkan yang bisa membantu kita terlelap Jika Anda menjumpai kesulitan tidur di malam hari atau jika tidur Anda kurang nyenyak sehingga mudah terusik ketika baru saja terlelap dan sulit untuk tidur lagi, manfaatkan pengaruh sedatif dalam madu. Jika Anda minum satu sendok teh setiap makan malam, maka Anda akan menemukan bahwa Anda menjadi lebih cepat mengantuk dan ini mungkin membuat Anda sukar mengusir rasa kantuk yang menyerang pada saat Anda perlu berjaga lebih lama. Keesokan paginya Anda akan merasa mudah terlelap begitu menyentuh bantal.

3.Madu untuk Mengusir Batuk

mengatasi batuk

Jika Anda merasa terganggu oleh batuk, manfaatkanlah obat batuk sesuai pengobatan tradisional ini. Walaupun kuno, namun masih bermanfaat dan efektif sampai saat ini.

Panggang sebutir jeruk lemon selama sepuluh menit. Cara ini mengkerutkan lemon sehingga lebih banyak jus yang bisa kita peras. Potong lemon tersebut menjadi dua dan peraslah. Wadahi jus pada gelas minum ukuran biasa. Tambah dua sendok teh gliserin, dalam istilah ukuran apotik (obat kedai), dua sendok teh sama dengan satu ons Aduk lemon di gliserin tersebut sampai merata, lalu campuran tambahkan ke dalam gelas yang berisi campuran itu dengan madu.

Berbicara tentang kegunaan lemon sebagai bahan obat batuk, saya teringat pada seorang petani yang pernah mengatakan “Namun, Lemon sukar kami peroleh. Saya ganti saja dengan sari apel. Hasilnya sama”

Dosis sirup obat batuk ini bergantung pada keperluan Anda. Jika Anda terbatuk sepanjang hari, minumlah satu sendok teh. Aduk terlebih dahulu sebelum Anda meminumnya. Jika Anda terbangun karena terbatuk di malam hari, minumlah satu sendok teh sebelum tidur dan sekali lagi ketika Anda terbangun Jika batuk Anda cukup parah, minum satu sendok teh ketika bangun, satu sendok teh di siang hari, satu sendok lagi di petang hari, setelah makan malam dan sebelum tidur. Begitu batuk mulai mereda, kurangi dosisnya. Saya pribadi menjumpai beberapa fakta padang gembalaan yang membuat campuran ini menjadi obat batuk yang terbaik. Campuran ini tidak mengganggu perut seperti kebanyakan obat batuk lainnya. Bisa digunakan oleh anak-anak maupun orang dewasa. Campuran ini bisa menjadi penolong jika Anda mengalami kegagalan dengan jenis obat batuk lainnya.

4.Madu Untuk Mengatasi Kejang Otot

mengatassi kejang otot

Ada saatnya merasa terganggu oleh kekejangan yang terjadi pada kelopak mata ataupun pada sudut bibir kita. Ini bisa segera dihilangkan dengan minum dua sendok teh madu setiap kali kita makan Pada umumnya gangguan ini akan lenyap dalam waktu satu minggu.

Kekejangan pada otot-otot tubuh, yang mungkin muncul dari waktu ke waktu, pada umumnya terjadi pada bagian kaki di malam hari. Kekejangan otot ini bisa diatasi dengan menelan dua sendok teh madu pada setiap kali waktu makan. Pada umumnya kekejangan ini akan hilang dalam jangka waktu seminggu dan tentu saja konsumsi madu bisa dilanjutkan karena bisa dimanfaatkan untuk mencegah kemungkinan serangan ulangan kejang otot ini

5.Madu Untuk Mengobati Luka Bakar

mengobati luka bakar

Dalam pengobatan tradisional, madu telah dimanfaatkan untuk menahan luka-luka bakar yang terjadi pada kulit.Jika diusapkan pada daerah yang terbakar, madu akan mengurangi rasa sakit yang menyengat dan mencegah pembentukan lepuhan. Madu cepat sekali menyembuhkan daerah-daerah yang terbakar.

6. Madu untuk Gizi Olahragawan

minuman olahragawan

Sebuah artikel di American bee journal Oktober 1955, yang ditulis Llyod Percival dari sport Academy of Canada mengemukakan bahwa kegunaan madu sebagai bagian diet olahragawan amat luar biasa dampaknya. Saya ingin mengemukakan kesimpulan ini karena cabang atletik pada masa ini amat penting baik di sekolah maupun di jurusan olahraga itu sendiri.

Setelah melalui berbagai penelitian, Sport Academy of Canada tidak merasa ragu mengatakan temuannya bahwa madu bisa dipadukan dalam diet para atlet amatir maupun profesional. Madu adalah sebuah zat ideal dan bahan pengusir keletihan yang utama. Kami menganjurkanmadu bagi semua orang yang aktif di olahraga dan bagi semua orang yang tertarik untuk memperoleh manfaat menakjubkan dari madu dalam kegiatan fisik mereka sepanjang hari.

7. Manfaat Sarang Lebah

Manfaat sarang lebah

 

Sarang lebah baik untuk mengobati gangguangangguan tertentu pada saluran pernafasan. Bagian yang digunakan adalah sarang lili dimana biasanya digunakan untuk menyimpan madu. Nilai konsumsi sarang lebah ini terutama ditujukan pada seluruh permukaan saluran pernafasan. Selain mengkonsumsi sarang madu, minum madu setiap hari merupakan sebagian cara pengobatan ini. Untuk tujuan medis ini, sarang lebah merupakan pilihan pertama, tetapi jika karena satu hal sarang madu ini sukar diperoleh, satu sendok teh madu cair sebagai pencuci mulut pada setiap waktu makan akan menghasilkan hasil-hasil diinginkan yang tidak jauh berbeda.

sejauh apa yang telah saya mampu pelajari pengobatan tradisional akan menunjukkan bahwa gangguan pada saluran penafasan adalah keadaan-keadaan defisiensi dan apapun prinsip aktif yang ada pada sarang madu, sarang madu ini merupakan ini bagi perkembangan dan perawatan seluruh saluran pernafasan

sampai sekarang belum saya jumpa prinsip aktif daripada sarang madu ataupun sarang lebah tersebut. Sejauh yang saya ketahui belum ada satupun perusahaan farmasi yang telah mempelajari sarang lebah berhasil mendapatkan jawaban tentang efek efek medis sarang lebah. Tetapi, saya telah mencari berbagai rujukan untuk mendapatkan sebuah pengertian yang lebih baik tentang sarang lebah maupun lebah madu sendri. Dari semua literatur yang saya baca, tahulah saya bahwa sari bunga yang diperoleh dari bunga-bungaan oleh lebah madu adalah sumber utama karbohidrat yang mudah dicerna yaitu dextrosa dan levulosa. Penyaluran sari bunga ini disebut madu. Selain dextrosa dan leluvosa, ditemukan juga zat  alami lainnya seperti dextrin, maltosa dan gula lain yang jarang ada dan juga mineral mineral. Hamus dan asam yang dijumpai adalah asam format, asetat, maleat, atrat, suksinat dan juga asam animo. Ada juga karoten dan pigmen-pigmen xanthophill, alubminoid dan enzim enzim invertase, diastase katalase dan inulasi. Madu juga mengandung vitamin B komponen-komponen kompleks dalam mikrogram pergram sebagai berikut: Asam pantotenat o.55, riboflavin 0.26, asam nikoyinat 1.1, thiamin 0.44, pyridoxin 0.10, biotin 0.00066, asam folat 0.03.

zat lain yang diperlukan oleh lebah madu diambil dari pollen yang juga dijumpai pada sarang lebah madu tersebut. Analisis kimiawi pollen menunjukkan bahwa serbuk bunga ini kaya akan protein dan lemak yang mengandung beraneka karbohidrat seperti gula, tajin dan selulosa. Di samping komponen-komponen yang ada pada sari bunga, walaupun komposisi pollen juga tidak sama satu sama lain, analisis pollen yang dikumpulkan dari berbagai sumber menunjukkan variasi luas dalam lemak, tajin, kandungan mineral dan protein.

Lilin skala perawan, begitu dikeluarkan para lebah, mengandung komposisi yang seragam. Zat ini ternyata sesuai dengan kegunaan gula. Karena ini benar, hal ini sebaiknya dianggap mengandung beberapa komponen yang digunakan sari bunga.

Hasil pengobatan yangdiperoleh oleh kombinasi lilin sarang madu dan lebah madu menunjukkan data yang menakjubkan. Sekitar 90% kasus yang diobati dengan kombinasi ini memberikan efek yang amat memuaskan dalam waktu beberapa hari dan seringkali hanya dalam waktu yang lebih singkat. Pengobatan tradisional bagi mereka yang menggunakan lebah madu dalam dietnya sampai mencapai usia enam belas memperlihatkan jarangnya serangan pilek, hay-fever atau gangguan gangguan hidung lainnya. Ini juga berarti bahwa pengunyahan sarang lebah madu menciptakan sebuah imunitas pada saluran pernafasan selama empat tahun berikutnya. Perlu juga disinggung bahwa jika sarang lebah belum memperlihatkan dampak medisnya pada usia keenam belas itu berarti bahwa zat tersebut akan setiap saat dalam tahun-tahun berikutnya muncul setiap saat dalam tahun tahun berikutnya dan masih juga akan menghasilkan fungsi dan masih juga akan pernafasan yang normal.

Jika Anda akan mengkonsumsi sarang lebah, carilah bagian yang disebut “caping” atau penutup karena dari bagian inilah madu akan dikeluarkan dari setiap sel sarang lebah.Jika Anda menjumpai bahwa tudung atau penutup ini terlalu keras untuk ditambahkan sedikit madu karena madu akan segera melembutkan tudung itu untuk mempermudah pencernaan Anda

Setelah menyinggung pengobatan ini, ijinkan saya mengemukakan beberapa hal menarik yang telah saya peroleh.

8. Madu Untuk Menghilangkan Hidung Tersumbat

mengatasi mampet

Seorang ibu membawa anaknya yang baru berusia 8 tahun ke klinik untuk mendapatkan pemeriksaan dan pengobatan
hidungnya dalam beberapa bulan terakhir sepertinya tersumbat. Selama lima bulan, anak itu terus-menerus menderita pilek basah (selesma udara dingin) yang sampai sekarang belum ada satu obatpun yang bisa menyembuhkannya. Serangan penyakit ini membuat hidung seorang anak tampak selalu basah dan rasanya terus-menerus berasa ingin membuang lendir yang menumpuk di hidungnya.

Ternyata anak ini menderita amandel (tonsilitis) dan adenoidnya telah diangkat melalui pembedahan ketika dia masih berusia tiga tahun. Pemeriksaan hidungnya menunjukkan bahwa dia mungkin mendapat serangan hay-fever

Membran selaput lendir dalam hidungnya begitu pucat dan tampak bengkak. Anak itu menghirup nafas melalui mulutnya karena pernafasan normalnya terganggu dengan pembengkakan yang terjadi pada jaringan hidungnya.

Setelah melewati tahap pemeriksaan umum dan khusus pada hidungnya, saya berikan kepadanya sekeping sarang lebah untuk dikunyah dan menunggu apa yang akan terjadi. Saya sertakan secara tertulis bagaimana penyakitnya harus diobati di rumah dan membekali dia beberapa ons madu yang harus dia konsumsi seperti yang saya sarankan. Sebelum saya selesai menuliskan resepnya (kira-kira butuh waktu lima menit, tiba-tiba anak itu berseru “terbuka! Hidungku terbuka! Aku bisa bernafas lewat hidung lagi!” saya memberinya obat obat yang akan dipakai di rumah kepada ibunya dan memberitahu bagaimana memakainya. Lalu saya perhatikan anak itu sekali lagi untuk melihat dampak medis apa yang dihasilkan oleh sarang lebah itu.

Kini hidungnya telah normal kembali seakan-akan sayalah yang meneteskan obat anti-hidung tersumbat itu. Membran selaput lendir yang tadinya berwarna kepucatan kini telah berubah normal ker warna merah muda Seminggu kemudian, pada kunjungan berikutnya ke klinik saya, hidung anak itu tetap terbuka dan dia sudah mampu bernafas dengan mulut tertutup

Di klinik saya, tapi pada waktu yang lain, saya juga memberikan sekeping sarang lebah untuk dikunyah kepada salah seorang pasien wanita yang menghadapi keluhan hidung mampat. Sekali lagi langkah ini untuk melihat sejauh mana dampak sarang lebah terhadap pembengkakan selaput lendir itu apakah berhasil kembali ke posisi normal atau tidak. Lubang hidungnya cukup besar. Sekitar lima kemudian, dia mampu menghela nafas melalui hidungnya kembali dengan lebih baik dan kunyahan sarang lebah itu mampu menjaga kenormalan bukaan lubang hidungnya secara normal dalam waktu dua minggu

Pendekatan kunyahan sarang ini juga saya terapkan pada pasien-pasien saya lainnya hidung yang menderita gangguan sadan hasilnya selalu memuaskan.

9. Madu Untuk Menyembuhkan Sinus

Obat sinus

Sinus adalah bagian terpenting pada alat pernafasan berhubungan dengan saluran hidung dan membantu menyaring kelembabab udara hangat yang kita hirup. Selain itu karena tidak terhalang oleh tulang, hidung juga mempengaruhi suara dan mengurangi berat tengkorak kepala

Dalam rongga hidung terdapat delapan sinus yang terbagi pada dua bagian kepala. Maksileri terletak pada pipi sepanjang rongga hidung. etmoid dan sfenoid terletak di belakang hidung dekat pusat otak. dua sisinya terletak di depan yaitu atas mata. Semua ini tidak berhubungan secara langsung dengan hidung seperti sinus sinus lainnya, tapi terkait terlebih dahulu dengan etoid etoid dan baru dari sana terus ke rongga hidung. Ini membuat sinus-sinus terasa lebih sukar dikontrol karena ada dua set-bukan satu-yang harus dipertimbangkan. Lapisan teratas membran yang membatasi ruang ini tebalnya sekitar sperdua puluh lima inci dan diliputi oleh satu hamparan silia halusyang amat kecil (rambut halus). Dalam hal ini, mereka termasuk dalam bagian hidung. Rambut-rambut halus ini bergerak kesana kemari seperti api tertiup angin dan gerakan ini menghalangi selaput lendir dari rongga hidung. Jadi proses ini sama dengan proses pembersihan sendiri

Jika sampai terjadi inflamasi atau pembengkakan pada salah satu sinus atau lebih, pada umumnya gangguan ini akan berkembang seperti cacing yang bersifat basa. Jika penderita mengunyah sarang lebah maka air kencing yang tada bersifat basa akan kembali ke tingkat normal yaitu berubah menjadi basa yang menunjukkan bagaimana cepatnya reaksi medis sarang lebah yang menimbulkan reaksi reaksi kimawi dalam tubuh manusia. Jadi, bagi para penderita sinusitis (pembengkakan sinus), mereka harus berhati-hati agar selalu mengingat makanan-makanan mana saja yang menimbulkan sifat basa pada air kencingnya dan harus menghindarinya sampai sembuh dari encingya dan harus menghindarinya

Jumlah sarang lebah dalam satu kunyahan yang boleh diambil adalah sebesar ibu jari. Ambil dan kunyah satu keping sarang lebah setiap jam selama empat sampai enam jam. Kunyahlah setiap ambilan sarang lebah selama lima belas menit dan buang sisa sarang lebah yang berada di dalam mulut Anda.Jika sinus semakin serius, waktu kunyahan selama empat sampai enam jam ini sudah cukup untuk menghilangkan gejala-gejala sinusitis dalam waktu setengah jam sampai satu hari. Dengan begitu, hidung akan terbuka kembali dan rasa sakitpun akan segera hilang sehingga tenaga tubuh akan pulih dan sinus itu sendiri akan kembali ke posisi normal. Pada minggu berikutnya ada baiknya kunyahan ini terus dilanjutkan, tetapi cukup satu kali selama satu hari semata-mata untuk mencegah agar gangguan serupa tidak akan muncul lagi Ada cara lain tidak kalah efektifnya: minum yang dua sendok madu setiap kali makan sebagai tambahan untuk memperkuat kandungan gizi makanan Anda sehari-hari. Tindakan sederhana ini akan menjauhkan Anda dari serangan sinusitus, influensa dan panas dingin. Penelitian yang telah lama saya lakukan terhadap potensi medis madu dan sarang lebah telah membawa saya pada kesimpulan bahwa ada sesuatu yang kuat dalam sarang lebah yang mampu melindungi saluran pernafasan untuk melawan penyakit penyakit yang mencoba mengganggu metabolisme tubuh kita.

10. Madu Untuk Menyembuhkan Alergi

menyembuhkan alergi

orang – orang yang menderita alergi pasti mengatakan ada beberapa penyakit yang lebih sulit untuk ditangani Pengobatan tradisional membagi alergi menjadi tiga bagian yaitu kategori ringan, sedang dan berat. Pengobatan sebisa mungkin bersifat preventif. Jika Caping sarang lebah dikunyah satu kali sehari selama satu bulan sebelum alergi ini menyerang lagi, maka alergi kemungkinan tidak akan menyerang tapi kalau toh mengganggu, mereka hanya menghasilkan dampak dampak medis yang tidak terlalu serius

Pada kategori alergi ringan, pengobatan bisa dilakukan sehari sekali, tiga kali seminggu selang satu hari. Cara ini terbukti tetap mampu menjaga  normalitas lubang hidung. Jika sarang lebah sulit diperoleh, anda bisa menggantinya dengan minum dua sendok teh madu setiap kali Anda makan.

pada kategori alergi sedang, sebaiknya pengobatan dengan cara mengunyah sarang lebah dilakukan lima kali sehari selama dua hari. hari pertama dan tiga kali sehari sesudahnya selama diperlukan ini merupakan rencana yang baik untuk mengunyah sarang lebah setiap hari jika sarang lebah mudah diperoleh. Tapi jika sulit, dua sendok teh madu saja sudah cukup.

Pada kategori alergi berat, akan muncul beberapa hal berikut ini

  1. Mata berair akan kering dalam waktu tiga menit
  2. Hidung yang tersumbat akan terbuka dalam waktu tiga menit, sementara dalam waktu enam menit hidung akan kembali normal dan terasa nyaman untuk bernafas dengan mulut tertutup
  3. Hidung berair akan kering dalam waktu lima menit.
  4. Rasa kurang enak pada tenggorokan akan lenyap dalam tiga sampai lima menit.

Jika alergi termasuk dalam kategori berat, pengobatan tradisional menganjurkan cara cara seperti di bawah ini

  1. Tiga bulan sebelum serangan kambuhan alergi muncul, setelah Satu sendok teh madu sebagai makanan pencuci mulut setiap kali makan. Kepingan caping sarang lebah merupakan bagian terbaik, tetapi madu juga memiliki khasiat yang sama. kadang-kadang sama kuatnya. juga minumlah 1 sendok teh maduyang dicampur dengan setengah gelas air sebelum tidur
  2. Dua minggu sebelum perkiraan serangan alergi tiba, minumlah campuran dua sendok teh madu dan dua sendok teh sari apel dengan setengah atau segelas air, sekali sebelum sarapan dan sekali sebelum tidur
  3. Lanjutkan mengkonsumsi satu sendok teh madu setelah makan siang dan makan malam sebagai hidangan pencuci mulut, pada saat yang sama juga minumlah campuran madu dan sari apel sebelum sarapan dan sekali sebelum berangkat tidur.
  4. Jika perlu, kunyahlah sekeping sarang lebah pada siang hari untuk menjaga agar hidung tidak tersumbat atau tetap kering.

Dari pengamatan pribadi, saya mendapati bahwa hasil campuran antara sari apel dan madu yang ditambahkan pada kunyahan sarang lebah lebih dibandingkan pengobatan tradisional secara modern. Sementara suntikan tidak menghalau serangan selaput lendir di hidung tapi lewat pengobatan tradisional, tidak ada selaput lendir yang muncul

Demikian pula, tidak perduli bagaimana hebatnya serangan alergi dengan perasaan menyengat pada mata dan hidung, jika pengobatan ini dituruti, hanya akan muncul sedikit bersin dan tidak terjadi hidung berair.

Sementara saya sendiri belum memeriksa seluruh penemuan ini, saya mendengar dari mereka yang berpengalaman dengan pengobatan tradisional tentang hasil-hasil maksimal yang muncul pada hari ketiga

  1. Bersin berhenti.
  2. Mata mengering dalam tiga menit.
  3. Hidung mengering dalam tiga sampai lima menit.
  4. Bisa mendekati anjing lagi.
  5. Bisa mengelus kucing atau anjing.
  6. Bisa memberi makan ayam.
  7. Bisa memerah sapi.
  8. Bisa menunggang kuda.
  9. Bisa tidur dengan selimut wol.
  10. Bisa tidur dengan bantal bulu.
  11. Bisa bekerja di kebun bunga.
  12. Bisa menuai Hasil Tanaman
  13. Bisa menghirup aroma bunga mawar

Hasil selanjutnya bahwa pengunyahan sekeping sarang lebah tiga atau empat kali seminggu akan menghapus berjangkitnya alergi dalam waktu tiga tahun

secara khusus, saya sempat melakukan pengamatan terhadap beberapa fakta menarik tentang pengobatan ini dalam kasus kasus yang telah menyerang bidang pertanian dan peternakan

Contoh, seorang anak laki-laki bekerja di ladang peternakan. Pekerjaannya adalah memberi makan sapi sapi yang terlambat diberi rumput. Tiap kali dia memberi makan sapi-sapi itu, hidungnya berair dan menghambat pernafasannya serta menyebabkan matanya berair. sayamemberitahu dia agar mengunyah sekeping sarang lebah tiga kali sehari. Pada akhir minggu, dia bisa menyelesaikan pekerjaannya tanpa ada gangguan mata dan hidungnya lagi.

seorang anak laki-laki lainnya yang bekerja di ladang peternakan menemui beberapa kesulitan dengan serangan hay fever, sementara dia mengunyah sarang lebah tiga kali sehari. Saya suruh dia menghentikannya sementara dia bekerja sehingga dampak sarang lebah itu bisa dirasakan. Dia benar, selama tujuh hari dia masih mendapat gangguan tersebut, bahkan ketika dia sedang bekerja sekalipun Tetapi pada hari ke delapan, hay fevernya kambuh kembali justru dalam tingkat yang lebih mengkhawatirkan dan dia menjadi sangat menderita

saya berikan dia sekeping sarang lebah secepat mungkin. Seminggu kemudian kembali ke sana untuk melihat keadaannya saat itu. Tenyata dia sedang berada di atas tumpukan, “Baik” jawabnya sambil tersenyum. “Tidak ada bersin, hidung saya tidak tersumbat”  Terapi kunyahan keping sarang lebah itu tentunya tidak akan pernah dia tinggalkan sejak

Mungkin ada sebagian pembaca yang menduga bahwa amat menggembirakan ini hanya terjadi di Vermont saja, tempat dimana orang orangnya memiliki keyakinan yang kuat terhadap kemanjuran pengobatan tradisional. Tapi saya juga mendapat sepucuk surat dari seseorang di Texas Sebuah kajan pengobatan terhadap hay-fever dimulai pada bulan April 1936 di William Beaumont General Hospital, El Paso. Begitu musim pollen meningkat pada bulan Maret sampai mencapai puncaknya di bulan Agustus, maka merebak pula kasus serangan hay fever dan gejala-gejalanya amat mengkhawatirkan di El Paso dimana hampir seluruh penduduk dea terserang wabah ini, bahkan saking ganasnya ada juga penduduk kota yang terjangkit. Pasukan tentara yang sedang bertugas di sana juga tidak luput dari serangan hay-fever dan tergolong penderita kelas berat dan mereka inilah yang mendorong dilakukannya penelitian ini, selain juga adanya beberapa fakta yang telah lebih dulu muncul pada awal tahun.

Diantara obat-obat yang tersedia baik di rumah sakit maupun rumah-rumah penduduk semuanya dibahas secara panjang lebar dari segi kelebihan dan kekurangannya. Beberapa orang mengatakan bahwa pada satu dua tahun mereka menerima beberapa jenis obat untuk mencegah gejala-gejala penyakit tersebut dengan cara minum madu yang dihasilkan oleh lebah-lebah yang ada di daerah mereka dan khususnya dengan mengunyah lilin yang terdapat pada sarang lebah tersebut.

Kebanyakan orang yang selama ini mengetahui penelitian saya dalam pengobatan tradisional mulai memperhatikan obat-obatan yang terdapat di sekitar rumah mereka baik itu tanaman yang ada di halaman rumah atau yang tumbuh subur di kebun belakang rumah mereka. Belum lama berselang seorang laki-laki singgah di tempat praktek saya dan bercerita, “Saya tidak sempat membawa sebatang pohon untuk Anda, tetapi saya mendapatkan setangkai cabang yang patah di angin dan saya kira Anda ingin sekali memilikinya. Lendirnya banyak sekali.” Panjang batang pohon terabut sekitar 40 cm dan batangnya memang diselaputi lendir yang tebal. Dia menjelaskan bahwa lendir batang warnanya bermacam-macam seperti coklat dan kelabu.

lendir itu sesungguhnya merupakan persediaan alam untuk melindungi batang tubuh pohon dan ranting rantingnya. lebah madu seperti serangga sera ngga lainnya juga tertarik pada getah lendir pohon cemara dan getah pinus. Ketika para petani mengamati sapi- sapi perah merekaka memamah rumput-rumput bergetah dan bahwa biri biri juga melakukan hal yang sama, mereka mendapat ilham bahwa  penyakit menyerang saluran pernafasannya, maka getah tesebut dimanfaatkan untuk mengobati dan mengembalikan ritme pernafasannya ke kondisi normal.

Lalu dia memotong beberapa dahan cemara dan dimasukkannya kedalam sebuah bejana. Kemudian direndam dengan air dan dimasak dalam api kecil sampai mendidih secara perlahan-lahan dalam tiga hari selama tiga hari dalam pemanasan api kecil ini, air rendaman dahan cemara itu berubah warna menjadi kecoklatan. Warna coklat ini disebabkan air yang mendidih. Hasil didihan dahan cemara itu kemudian dicampur dengan madu satu sendok teh. campuran ini yang diminum beberapa kali dalam sehari akan mampu mengusir gangguan saluran pernafasan.

Bagian sebesar telur yang terdapat dalam digunakan batang cemara bila ditusuk dengan pisau akan mengeluarkan cairan yang bisa digunakan dengan campuran madu. Resepnya adalah satu sendok teh madu dan diminum tiga kali sehari Banyak orang  untuk yang telah membuktikan bawha cara ini bisa digunakan mengatasi gangguan saluran pernafasan.

 

Sumber :

M.D, D.C. Jarvis. 2002. Khasiat sari apel & Madu.Prestasi Pustaka : Jakarta

Iklan

1 Komentar »

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s