Skip to content
Iklan

Apa Itu Semikonduktor?


Pernahkah anda mendengar kata ‘konduktor’ dan ‘isolator’? Konduktor adalah istilah untuk menyebutkan benda yang dapat menghantarkkan panas dan/atau listrik dengan baik, sedangkan isolator adalah istilah untuk menyebutkan benda yang tidak dapat mendapatkan panas dan/atau listrik dengan baik. Tapi pernahkah terpikirkan tentang benda yang dapat menjadi isolator dan dapat menjadi konduktor?

Jika anda pernah belajar elektronika, anda pasti tidak akan asing dengan komponen elektronika berupa dioda, bipolar juction transistor, thyristor, phototransistor, dan integrated Circuit (IS). Beberapa komponen di atas adalah contoh dari semikonduktor. Lalu apakah pengertian dari semikonduktor itu sendiri??

Semikonduktor adalah campuran dari zat murni (berupa silikon, germanium, atau yang lain), dengan bahan doping (berupa boron, nichrome, dan lain sebagainya), serta ditambah dengan sedikit liquid. Semikonduktor memiliki nilai konduktivitas antara 0.0000001 hingga 1000 mho/cm (konduktor memiliki nilai konduktivitas di atas rentang ini, dan isolator memiliki nilai konduktivitas di bawah rentang tersebut). Rentang tersebut dapat dilihat juga dari gambar di bawah ini :


SILICON


Silicon merupakan zat penyusun semikonduktor yang paling sering digunakan di dunia. Hal ini dikarenakan silicon lebih mudah di dapatkan di alam (rata-rata ditemukan 27%  dari suatu sumber batuan beku) dan murah. Tapi sebelum dapat digunakan, silicon harus dipisahkan dulu dari zat-zat pengotor yang bercampur dengannya. Silicon memiliki tegangan lutut sebesar 0.7 V.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s