Skip to content
Iklan

Ada gula batu, ada juga garam batu.. Ini nih cara membuatnya :)


garam batuGaram batu adalah sesuatu yang alami yakni garam mentah yang terdiri dari kristal-kristal besar dengan mineral. Kadang mineral tersebut mewarnai garam. Misalnya, garam alami memiliki warna putih, merah muda, merah, dan hitam. Ukuran dari butiran, warna, dan rasa membuat garam batu populer untuk resep-resep, produk-produk untuk mandi, dan kerajinan-kerajinan, tetapi garam batu memiliki harga yang mahal! Anda dapat membuat sendiri garam batu Anda sebagai pengganti dari garam meja biasa.

Bahan-bahan dari Garam Batu

  • Garam (NaCl). Anda dapat menggunakan garam beryodium, garam tanpa yodium, atau garam laut.
  • Air
  • Pewarna makanan (opsional)

Membuat Kristal-kristal Garam Batu

  1. Panaskan air sampai mendidih. Air keran yang sangat panas tidak cukup panas karena kelarutan garam tergantung pada suhu.
  2. Aduk garam sampai tidak ada lagi yang akan larut.
  3. Jika ingin, tambahkan beberapa tetes pewarna makanan. Dua tetes warna merah dan satu tetes warna kuning akan memberikan Anda garam batu yang menyerupai garam Himalaya berwarna merah muda.
  4. Tuangkan larutan itu ke dalam sebuah wadah yang bersih. Untuk mendapatkan kristal-kristal yang sangat bersih, hindari untuk memiliki garam yang tidak larut ke dalam wadah baru ini. Di sisi lain, untuk mendapatkan hasil-hasil dengan sangat cepat, biarkan garam yang tidak larut untuk membantu dalam memulai pertumbuhan kristal.
  5. Biarkan kristal-kristal garam untuk tumbuh. Ketika air menguap, cairan menjadi lebih terkonsentrasi dan kristal akan tumbuh lebih cepat.
  6. Bila Anda puas dengan jumlah yang Anda miliki (atau ristal-kristal tersebut berhenti untuk tumbuh), tuang cairan yang tersisa dan biarkan garam menjadi kering. Anda dapat memecahnya menjadi potongan-potongan dan menyimpannya dalam sebuah kantong yang tertutup atau toples.

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s