Cara Membuat Kalium Hidroksida (KOH)

Space-filling model of part of the crystal str...
Space-filling model of part of the crystal structure of potassium hydroxide, KOH. Crystal structure data from James A. Ibers, Junji Kumamoto, and Robert G. Snyder (1960). “Structure of Potassium Hydroxide: An X-Ray and Infrared Study”. J. Chem. Phys. 33 (4) : 1164-1170. DOI:10.1063/1.1731351. Image generated in Accelrys DS Visualizer. (Photo credit: Wikipedia)

Kalium hidroksida adalah basa kuat yang terbuat dari logam alkali kalium yang bernomor atom 19 pada tabel periodik. Berikut adalah beberapa cara yang  berguna dalam pembuatan garam kalium kebanyakan. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan sendiri walaupun tidak hanya dilihat dari sudut pandang komersial.

Prosedur
1. Membuat kalium hidroksida dari logam. Meskipun bukan cara yang baik secara komersial dalam mempersiapkan kalium hidroksida, logam kalium dapat dikombinasikan dengan air (ini berbahaya) untuk bereaksi hingga menghasilkan kalium hidroksida dan hidrogen.

2 K + 2 H ₂ O —–> 2 KOH + H ₂

Ketika logam kalium  kontak dengan air, begitu banyak panas yang dihasilkan  dan menyemburkan api hidrogen . Bahkan sepotong kalium ukuran kacang polong bereaksi dengan cara ini. Sangat berbahaya ! Akan terjadi ledakan

2. Membuat kalium hidroksida dari abu kayu. . Kalium karbonat, jika dipanaskan kuat, mengeluarkan gas karbon dioksida, memproduksi oksida kalium. Mereaksikan oksida dengan air menghasilkan kalium hidroksida.

K ₂ CO ₃ ——>K ₂ O + CO ₂

K ₂ O + H ₂ O ——>2 KOH

Ikuti prosedur ini  dengan menggunakan tungku saat memanaskan kalium karbonat.

3.Elektrolisis larutan kalium klorida dalam sistem elektrolisis.

Elektrolisis larutan kalium klorida sehingga menghasilkan gas klor pada satu elektroda dan kalium hidroksida pada yang lain. Gas dibiarkan hingga lepas ke atmosfer. Reaksi adalah:

2 KCl + 2 H ₂ O —->2 KOH + Cl ₂ + H ₂

Terbentuk gas hidrogen pada katoda, seperti halnya kalium hidroksida, sedangkan terbentu gas klor pada anoda.

4.Siapkan kalium hidroksida dari senyawa lain-lain.

Kalium hidroksida dapat dibuat (meskipun tidak praktis) dari hidrida, acetylide, azida, dan sejumlah senyawa lainnya. Misalnya, azida , K ₃N bereaksi dengan air untuk membentuk hidroksida kalium, gas amoniak, dan panas:

2 K ₃N + 6 H2O —–>6 KOH + 2 NH3 + panas

Petunjuk
Kalium hidroksida sangat berbahaya. Dapat menyebabkan luka bakar kimia parah dan kebutaan. Konsultasikan keselamatan sesuai MSDS. Orang terlatih yang harus menggunakan kalium hidroksida atau salah satu zat kimia yang tercantum dalam artikel ini. Semua peralatan keselamatan yang tepat, dan terutama pelindung mata, harus digunakan.

Sumber

www.ehow.com

9 thoughts on “Cara Membuat Kalium Hidroksida (KOH)

  1. saya tertarik dengan cara membuat KOH dari abu kayu atau no 2. Mohon penjelasan secara teknis cara membuatnya dengan disertai ukuran bahan dan persiapan bahan. Tks

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.