hujan asam berbahaya !!!

Tahukah anda ? Hujan itu normalnya memiliki PH 5,6 . Mengapa ? ini dikarenakan oleh pembentukan asam karbonat (H2CO3) dari reaksi air dan gas karbon dioksida . Tetapi bahayanya jika hujan ini ph nya kurang dari 5,6. Kenapa bisa ? naah..disinilah kita akan membahas tentang hujan asam dan bahayanya..

Istilah hujan asam itu pertama kali digunakan oleh Robert Angus Smith pada tahun 1872 pada bukunya “Air and Rain: The Beginnings of Chemical Technology“. Seperti yang tadi sudah di ketahui bahwa sustu hujan dikatakan hujan asam itu ketika hujan itu memiliki ph dibawah 5,6. Mengapa kadar ph nya bisa lebih kecil dari 5,6 itu dikarenakan emisi gas SO2 dan NOx membuat kadar pH hujan lebih kecil dari 5,6.
dalam reaksi kimianya untuk  SO2 seperti ini :

\begin{matrix} S_{(s)}+O_{2(g)}\rightarrow SO_{2(g)} \\ 2 SO_{2(g)}+O_{2(g)}\rightarrow 2 SO_{3(g)} \\ SO_{3(g)} +H_2O_{(l)}\rightarrow H_2SO_{4(aq)}\\ \end{matrix}

dan untuk NOx

• NOx(g)+OH- (sunlight)->HNO3(g)
•Karena emisi SO2 dan NOx ke atmosfer yang berlebihan, terbentuklah asam sulfat dan asam nitrat di atmosfer.
asam-asam inilah yang membuat penurunan kadar pH dalam Hujan.

emisi SO2(sulfur dioxside), salah satunya diakibatkan oleh pembakaran batu bara. Asap asap yang berasal dari industri pun ikut berkontribusi dalam emisi SO2 , dan tentu juga dari asap kendaraan bermotor seperti bus, mobil, motor yang sudah tua .
emisi NOx(Nitrogen oksides), penginvest terbesarnya adalah kendaraan bermotor.

Apa sih bahayanya hujan asam ? banyak sekali dan sangat berbahaya bagi alam kita ini . Antara lain nya :
1. melarutkan kalsium, potasium dan nutrien lain yang berada dalam tanah. Akibatnya tanah menjadi kurang subur dan tanaman mati.
2. menghancurkan jaringan tumbuhan dan mengganggu pertumbuhan tanaman. Beberapa akibatnya adalah lapisan lilin pada daun rusak sehingga nutrisi menghilang sehingga tanaman tidak tahan terhadap keadaan dingin, jamur dan serangga. Pertumbuhan akar menjadi lambat sehingga lebih sedikit nutrisi yang bisa diambil, dan mineral-mineral penting menjadi hilang.
3. menyebabkan pH air turun di bawah normal sehingga ekosistem air terganggu. beberapa akibatnya adalah berkurangnya populasi ikan di danau-danau, menghambat produksi enzim dari larva ikan trout untuk keluar dari telurnya, dan beberapa ikan mengeluarkan lendir berlebihan di sekitar insangnya sehingga ikan sulit bernapas.
4. dapat membuat korosi logam (pengkaratan).
ini hanyalah sedikit dari dampak hujan asam . Bisa kita bayangkan apa yang akan terjadi pada dunia kita ini nantinya jika kita tidak menyayangi alam kita sendiri. Kita bisa kekurangan bahan makanan, lama kelamaan dunia ini akan rusak , ya itu semua adalah akibat ulah kita sendiri.
Ini adalah beberapa saran untuk kita agar kita dapat mengurangi hujan asam yang sekarang sudah sering terjadi ini , yaitu :
a. Individu
– tidak menggunakan lagi kendaraan bermotor yang sudah tua dan juga jangan mengganti knalpot anda dengan knalpot yang mengeluarkan banyak asap (biasanya yang berisik itu sering sekali berasap ) .
– mengurangi bepergian dengan kendaraan sendiri, pakailah kendaraan umum , atau untuk lebih sehat bersepeda . (saran untuk pemerintah diadakannya jalan untuk sepeda).

b. Industri
– Mengurangi kadar sulfur pada batu bara sebelum digunakan
– Memasang scrubber pada tumpukan asapnya untuk mengurangi jumlah SO2.

dan juga kepada para pemilik trayek angkot atau bus. tolong segera di ganti bus atau angkutan yang sudah sangat mengeluarkan asap banyak. Bukan saja merugikan orang yang menghirup asapnya tetapi juga alam sangat di rugikan.

so GO GREEN !!!!

sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Hujan_asam

http://www.acidrain.org

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.