selamatkan apel !!!

Sering kan melihat apel yang sudah di belah, lalu setelah beberapa menit kmudian berubah menjadi kecoklat coklatan? Kenapa ya apelnya jadi tidak terlihat segar kembali? Bisa tidak sih kita upayakan agar tetap segar ?

Hmmm,,, jawabannya begini..

Ketika apel sudah di belah, maka apelnya terkena udara . lalu timbullah pertanyaan “trus kenapa kalau sudah terkena udara?”

Nah.. bahan kimia di dalam apel itu bereaksi  dengan cara menghancurkan sel nya jika terkena udara. Maka dari itu apelnya berubah menjadi coklat. Apel merupakan antioksidan yang baik sehingga ia akan teroksidasi karena terkena udara. hal ini menunjukkan sifat yang sangat baik. bayangkan saja jika anda memakan apel dan apel tersebut akan menggantikan penuaan sel anda dengan apel itu sendiri.

Agar kita menjaga apel supaya tetap segar, yaitu dengan memeras buah lemon ke apel tersebut. Dan terbesit lah di pikiran kita ,” Kok bisa ya lemon menjaga apel menjadi tetap segar?”. Itu dikarenakan vitamin c di dalam lemon (ascorbid acid) memperlambat reaksi antara bahan kimia di dalam apel dan oksigen di udara. Jadi, lemon dapat menyelamatkan warna dan rasa dari apel . Karena asam askorbat atau vitamin C merupakan antioksidan yang baik pula. maka saat terkena udara,  vitamin C lah yang teroksidasi oleh udara. bukan apel.

Disini kita bisa mengamati bagaimana sifat vitamin C sebagai antioksidan berfungsi secara langsung melindungi Zat lain untuk teroksidasi. Hal yang sama terjadi di tubuh kita. vitamin C akan menahan semua kerusakan dan menjaga sel dalam tubuh agar tetap segar.

so guys, patut untuk di coba !!!

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.