SIMBOL BERACUN PADA BAHAN KIMIA: Misteri Simpson

Advertisements

Hai semua. Coba perhatikan gambar kartun The Simpsons berikut!

Ada keanehan pada drum sirup di atas, apa makna simbol tengkorak itu ya? Apakah sirupnya tergolong bahan kimia?

Yuk kita bahas!

Bahan kimia (chemical) didefinisikan suatu substansi yang bisa dihirup, dilihat, dan disentuh, baik berupa zat murni maupun campuran yang terdiri dari beragam elemen-elemen kimiawi. Segala sesuatu di sekitar kita, baik yang ada atau yang masuk ke dalam tubuh maupun peralatan yang kita gunakan sehari-hari adalah bahan kimia.

Misalnya, hormon dalam tubuh, udara yang kita hirup, air yang kita minum, makanan yang kita makan, bahan bakar kendaraan kita, dan masih banyak lagi. Dengan demikian, sirup Simpson juga dapat dikatakan sebagai bahan kimia.

(Baca juga Risiko dan Toksisitas Bahan-bahan Kimia )

Berdasarkan sifatnya, bahan kimia dikelompokkan menjadi beberapa jenis, salah satunya adalah bersifat racun. Sifat bahan kimia tersebut dapat diketahui dari simbol, label, atau lambang yang tertera pada kemasan bahan. untuk simbol beracun pada bahan kimia. Adapun simbolnya sebagai berikut.

Apakah kalian menemukan simbol yang sama dengan simbol yang ada pada drum Simpson? Apa maknanya? Bagaimana cara kita agar tetap aman? Mari simak penjelasan berikut ini.

Bahan Kimia Beracun (Toksik)

92495476-hazard-sign-with-deadly-danger-symbol5163595283382380275.jpg

(Simbol Internasional)

Simbol berupa gambar tengkorak dan tulang bersilang. Simbol ini menunjukkan suatu bahan yang memiliki sifat bahaya, yaitu beracun (toxic). Bahan kimia beracun adalah suatu zat dalam wujud padat atau cair atau gas yang dapat menimbulkan keracunan dan bersifat bahaya terhadap kerusakan kesehatan akut atau kronis, dan bahkan kematian. Hal ini terjadi akibat bahan kimia tersebut masuk ke dalam tubuh karena tertelan (ingestion), terhirup (inhalation), atau kontak langsung dengan kulit (contact with skin).

Bahan kimia toksik dibagi menjadi dua, yaitu sangat beracun (Very Toxic), dan beracun (Toxic).

Penentuan tingkat sifat racun ini didasarkan atas uji LD50 dan LC50. Suatu bahan dikategorikan sangat beracun jika memenuhi kriteria berikut:

  1. LD50 oral (tikus) ≤25 mg/kg berat badan ,
  2. LD50 dermal (tikus atau kelinci) ≤50 mg/kg berat badan,
  3. LC50 pulmonary (tikus) untuk aerosol /debu ≤0,25 mg/L,
  4. LC50 pulmonary (tikus) untuk gas/uap ≤0,50 mg/L.

Selain itu, suatu bahan dikategorikan beracun jika memenuhi kriteria berikut:

  1. LD50 oral (tikus) 25–200 mg/kg berat badan,
  2. LD50 dermal (tikus atau kelinci) 50–400 mg/kg berat badan,
  3. LC50 pulmonary (tikus) untuk aerosol /debu 0,25–1 mg/L,
  4. LC50 pulmonary (tikus) untuk gas/uap 0,50–2 mg/L,

Perbedaan antara bahan kimia sifat sangat beracun dan beracun diantaranya sebagai berikut.

1. Huruf Kode

Huruf kode sangat beracun adalah T+, sedangkan beracun adalah T.

2. Frasa-R

Frasa-R (bahasa Inggris: Risk phrases) didefinisikan dalam Annex III Directive 67/548/EEC Uni Eropa, yaitu ciri-ciri risiko khusus yang terdapat pada bahan-bahan dan perparat berbahaya. Frasa risiko ini dipakai secara internasional.

Frasa-R untuk bahan sangat beracun yaitu R26, R27 dan R28. Sedangkan Frasa-R untuk bahan beracun adalah R23, R24 dan R25.

3. Contoh Bahan Kimia

SIMBOL BERACUN PADA BAHAN KIMIA

Selain contoh di atas, bahan dengan sifat racun telah terlampir dalam Peraturan Menteri Kesehatan, Nomor 472/MENKES/PER/V/1996 tertanggal 09 Mei 1996. Peraturan Menteri Kesehatan tersebut memuat 348 bahan berbahaya beserta sifat bahayanya, salah satunya adalah boraks yang juga bersifat racun.

Bahan kimia beracun maupun sangat beracun sifatnya merusak sel, loh. Apabila seseorang mengalami paparan bahan kimia ini dapat mengalami luka, sakit, bahkan kematian. Oleh karenanya, bekerja dengan bahan-bahan tersebut harus memperhatikan keselamatan diri.

Demi keselamatan dan keamanan diri gunakanlah selubung masker untuk mencegah uapnya masuk ke dalam saluran pernapasan. Hindari kontak langsung dengan kulit dan juga hindari bahan tersebut dari mulut agar tidak tertelan. Bersegeralah ke dokter apabila mungkin terjadi keracunan.

Jadi, simbol pada drum Simpson di atas sangat penting. Pemberian label dimaksudkan untuk mengenal dengan cepat sifat bahaya suatu bahan kimia. Pengenalan bahan kimia penting dalam penanganannya. Nah, menurut kalian apa yang harus dilakukan Simpson?

Sekian ya pembahasan mengenai SIMBOL BERACUN PADA BAHAN KIMIA: Misteri Simpson. semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian, terimakasih.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.