Sponsored Post

Ikuti Kursus IELTS untuk Meningkatkan Kemampuan Reading

Advertisements

Kursus IELTS – Berencana untuk mengikuti kursus persiapan IELTS tapi masih ragu? Apalagi jika kamu merasa bahwa kelemahan yang dimiliki adalah reading. Jangan sampai karena satu kelemahan ini skor IELTS tidak mencapai seperti yang diinginkan.

Banyak orang lain yang masih meremehkan bahwa kemampuan reading bisa diasah dengan belajar sendiri. Padahal dalam kenyataannya, kemampuan reading perlu bimbingan khusus yang intens.

Kursus IELTS untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris

Kamu memang bisa membaca banyak bahan bacaan baik itu fiksi dan juga non fiksi. Di tempat kursus kamu akan belajar lebih dari sekedar membaca. Pengajar yang memberikan materi adalah orang yang berpengalaman dan sangat paham tentang sesi ini. Jadi kamu akan mendapatkan panduan tentang seperti apa saja soal bacaan yang akan keluar dalam tes ielts ini.

1. Materi Reading di Tempat Kursus untuk Persiapan IELTS

Tempat kursus bukan sekedar tempat berkumpul di dalam kelas dan latihan soal terus menerus. Banyak materi yang diberikan mengenai kelemahan yang dimiliki masing-masing siswa. Salah satunya adalah kelemahan dalam hal reading. Ada banyak sekali materi yang akan membantu kamu dalam mengatasi kelemahan ini di tempat kursus.

Apa saja materi yang akan dipelajari untuk meningkatkan kemampuan reading dalam tes IELTS? Berikut ini gambaran umum materi yang akan diberikan.

2. Mengenal karakteristik reading IELTS

Materi pertama yang akan diberikan berhubungan dengan karakteristik reading pada IELTS. Disini kamu akan belajar format tes dan berapa waktu yang diberikan untuk mengerjakannya. Mengetahui format akan memudahkan cara belajar yang tepat untuk menghadapinya nanti.

Tentu saja untuk mengetahui sejauh mana kemampuan yang dimiliki, kamu akan berlatih dalam bentuk tes. Kemudian belajar pada materi reading apa saja yang belum dikuasai.

3. Belajar teknik skimming

Apakah kamu harus membaca seluruh paragraf dari awal hingga akhir? Jawabannya adalah tidak. Dalam tes IELTS satu bacaan memiliki tiga paragraf dan akan menghabiskan waktu jika kamu membacanya secara utuh.

Untuk itu dibutuhkan teknik skimming dimana kamu akan membaca bagian yang penting saja dalam bacaan. Melalui teknik ini kamu akan mengetahui maksud dari bacaan tersebut tanpa membacanya secara keseluruhan.

4. Belajar teknik scanning

Selain teknik skimming kamu juga akan belajar cara scanning dalam paragraf. Teknik ini dimaksudkan untuk mencari jawaban yang benar di dalam paragraf sesuai dengan pertanyaan. Scanning bahan bacaan membutuhkan waktu untuk berlatih dimana kamu akan bisa menemukan jawaban dengan sangat cepat.

Kuncinya adalah menemukan kata kunci yang dibutuhkan sesuai dengan pertanyaan dalam bacaan. Teknik juga akan kamu belajar di tempat kursus.

5. Belajar vocabulary khusus

Di tempat kursus kamu akan mengetahui berbagai macam vocabulary khusus yang biasanya sering muncul dalam bacaan. Materi ini sudah dipersiapkan terlebih dahulu oleh pengajar jadi Anda akan mempelajarinya dengan sangat mudah.

Ditambah lagi kamu juga akan belajar bacaan dari tes IELTS sebelumnya. Langkah ini akan membuat kamu lebih familiar dengan vocabulary apa saja yang sering digunakan. Tentu saja hal ini tidak akan ditemukan jika kamu hanya belajar melalui buku saja.

6. Meningkatkan waktu membaca

Kamu mungkin sudah menguasai teknik skimming namun bukan berarti kecepatan membaca dilupakan. Materi tentang cara membaca dengan cepat akan tetap dipelajari. tentu saja caranya adalah dengan lebih sering membaca dengan batasan waktu tertentu.

Tidak perlu takut karena tidak ada pinalti dalam latihan ini. Kamu masih memiliki banyak waktu untuk berlatih, belum lagi suasana kelas yang menyenangkan akan membuat lebih santai dalam membaca.

Baca juga 4 Hal Penting Memahami Sistem Pendidikan Jerman

Trisna Dwi Wardhana
Latest posts by Trisna Dwi Wardhana (see all)

1 comment

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.