Pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan

  • Pertumbuhan adalah perubahan biologis pada makhluk hidup yang berupa pertambahan ukuran ( volume, massa tinggi dsb. ) yang bersifat ireversible atau tidak dapat kembali ke bentuk semula dan dapat diukur secara kuantitatif dengan busur pertumbuhan (aksono  meter ) .
  • perkembangan adalah terspesialisasinya sel-sel menjadi  struktur dan fungsi tertentu yang dinyatakan dengan perubahan  bentuk dan tingkat kedewasaan  serta dapat diukur secara kualitatif ,
  • sebelum tubuh tumbuhan tumbuh dan berkembang biji tumbuhan mengalami yang namanya fase dormansi , yaitu suatu keadaan dimana terjadinya pertumbuhan yang tertunda . Karna biji tanaman berada pada fase istirahat  keadaan ini dpengaruhi oleh lingkungan . Biji akan melakukan dormansi jika lingkungan dianggap tidak mendukung pada saat itu
  • Imbibisi adalah peristiwa masuknya air kedalam biji untuk pertama kalinya untuk mengakhiri masa dormansi (ingkatnya pengaktifan kembali biji )
  • perkecambahan yaitu peristiwa tumbuh dan berkembangnya embrio didalam biji  yang memiliki kemampuan tubuh menjadi tumbuhan baru setelah masa dormansi

Perbedaan tumbuhan monokotil dan dikotil berdasarkan bijinya

no monokotil dikotil
1 Akarnya berserabut Akarnya tunggang
2 Berkeping satu bijinya Berkeping dua  bijinya
3 Bentuk tulang daun sejajar / melengkung Bentuk tulang daun menyirip dan menjari
4 Batangnya tidak bercabang Batangnya bercabang
5 Letak berkas pembuluh tidak teratur Letak berkas pembuluh teratur
6 Kelopak bunga dengan jumlah 3atau kelipatanya Kelopak bunga dengan jumlah 4 atau 5 atau kelipatanya
7 Tidak Mudah dibedakan xylem dan floemnya Mudah dibedakan xylem dan floemnya
  • Berdasarkan  asal maristemnya ;
  • pertumbuhan primer, menyebabkan tumbuhan semakin tinggi (mendekati cahaya ) dan akar yang semakin panjang , pertumbuhan primer terjadi karena adanya aktifitas maristem primer yang terdapat pada bagian ujung batang dan akar tanaman .
  • pertubuhan sekunder, menyebabkan diameter batang membesar / melebar besar karna maristem sekunder  yang terdapat pada kambium dan kambim gas , jadi kambium itu  embelah membentuk Xylem kearah dalam dan floem kearalh luar .
  • Faktor internal yang mempengaruhi Pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan  ;
  1. hormon , pusat hormon manusia diatur oleh dan letaknya dimana? yaitu di HIPOTALAMUS. Tumbuhan juga memiliki hormon tapi enggak punya hipotalamus karna tidak punya otak , contoh hormon adalah  auksin  (diferensisasi sel) , asam traumalin ( menyembuhkan luka tumbuhan ) sel trombosit (menyembuhkan luka manusia ) , gas etilen ( mengatur pemasakan buah ) , giberelin ( mendorong proses perkecambahan ) , asam absisat ( gugurnya daun), kalin( merangsang pertumbuhan  organ tumbuhan  seperti akar , batang , daun, dan bunga ) , sitokinin ( sitokinesis)
  2. Gen , merupakan penurunan sifat dari induk keketurunan dan yang mengontrol reaksi kimia didalam sel , misalnya saat  sintesis  protein
  • Faktor eksternal yang mempengaruhi Pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan  ;
  1. Air 
  2. berfungsi untuk fotosintesis , mengatifkan reaksi enzimatik, menjaga kelembaban dan membantu perkecambahan biji. Tanpa air reaksi kimia dalam sel tidak dapat berlangsung sehingga mengakibatkan kematian tumbuhan.

2. Cahaya merupakan factor utama sebagai sumber energy dalam fatosintesis untuk memproduksi tepung atau karbohidrat, namun cahaya juga sebagai penghambat pertumbuhan meninggi karena cahaya dapat mengurangi auksin.

3. Suhu atau Temperatur, mempengaruhi pertumbuhan pada rproduksi tumbuhan . Perubahan temperature dari dingin atau panas mempengaruhi kemampuan fotosintesis ,translokasi, respirasi, dan transpirasi.

4. Kelembaban , kondisi lembab menyebabkan banyak air yang diserap tumbuhan dan lebih sedikit yang di uapkan. Kondisi tersebut mendukung pemanjangan sel-sel.

intinya faktor eksternal dan internal haruslah seimbang yah . demikian rangkuman materi Pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.