Skip to content
Iklan

CELCIUS


Kalian tentu mengetahui untuk menunjukkan seberapa besar suhu dapat diukur dengan termometer. Suhu adalah besaran yang menyatakan derajat panas dingin suatu benda dan alat yang digunakan untuk mengukur suhu adalah thermometer. Dalam kehidupan sehari-hari masyarakat untuk mengukur suhu cenderung menggunakan indera peraba. Sedangkan termometer merupakan alat yang dipakai untuk mengukur temperatur atau suhu. Jika mengakar pada katanya, maka termometer berasal dari bahasa latin yakni thermo yang memiliki arti panas dan kata “meter” yang berarti mengukur. Pada dasarnya saat ini ada beragam jenis termometer. Namun yang paling lazim digunakan oleh masyarakat dunia adalah termometer celcius. Kita sering mendengar istilah celcius ini untuk menggambarkan suhu. Misalkan dalam titik wilayah tertentu suhunya sekian derajat celcius.

Ada beberapa satuan derajat untuk menunjukkan temperatur misalnya derajat Celcius, Kelvin Fahrenheit, Reamur. Di Indonesia, derajat Celcius sering digunakan dibandingkan dengan yang lain.

Tahukah kalian bahwa Celcius diambil dari nama penemunya seorang ilmuwan jenius  Anders Celcius.

Siapa  Anders Celcius. ?

Anders Celcius diakui dunia sebagai penemu termoter. Ia seorang ahli fisika yang lahir di Uppasala Swedia di tanggal 17 November tahun 1701. Wataknya sebagai ilmuan sudah dibentuk semasa ia kecil sebab Celcius memang tumbuh di dalam keluarga yang hampir semuanya berkecimpung dalam bidang ilmu pengetahuan alam. Selain itu, pada masanya, keluarga Celcius juga tergolong orang yang terpandang. Sebagai seorang ilmuan, Celcius termasuk memiliki otak yang jenius. Pada tahun 1730 saat ia masih berusia muda, ia sudah berhasil memperoleh gelar professor bidang astronomi di Swedia.

Selain menjadi tokoh penemu termometer, Anders Celcius juga tersohor sebagai tokoh yang mencetuskan istilah Aurora Borealis atau Sinar Kutub Utara yang mengagumkan. Ia mempublikasikan penelitiannya di tahun 1733. Celcius-lah orang pertama yang berpendapat bahwa Aurora Borealis memiliki koneksi yang erat dengan magnetic bumi. Di tahun 1740, karir Celcius juga semakin meningkat dengan dikukuhkannya ia sebagai kepala stasiun pengamat yang bertugas mengukur intensitas cahaya dari bulan. Kabarnya, Anders jugalah orang pertama yang mempopulerkan pemakaian alat fotometrik untuk mengukur cahaya bulan.

Terkait sejarah penemuan termometer, sebenarnya bukanlah Anders Celcius yang pertama kali mencetuskan ide mengenai alat yang bisa mengukur suhu. Orang pertama yang tercatat dalam sejarah adalah Galileo Galilei. Akan tetapi, termometer yang ia ciptakan lebih tepatnya disebut termoskop sebab alat tersebut tidak menggunakan satuan suhu sehingga ia hanya mampu mengamati perbedaan suhu antara titik yang satu ke titik lainnya. Ide Galileo ini kemudian beralih ke ilmuan lainnya mulai dari Santorio, Ferdinand II, Gabriel Farenheit, Rene Antonie Ferchauld de Reamur, hingga Anders Celcius. sumber

 

Iklan

1 Komentar »

  1. Mohon info cara membuat correction pen bisa ga ? TerimaKasih

    Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss…!

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: