Skip to content
Iklan

Badan sekuat baja :D


https://encrypted-tbn2.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcRBNTZV7fZRiJcv-xG4sXbE9pwmAyt2IerzeE3KYOgvnCd5bxpk

Nah pernah dengar dong istilah seperti itu, apa sih baja itu? unsur atau bukan ya? hmm

Baja merupakan paduan dari besi dan unsur lainnya, terutama karbon , yang banyak digunakan dalam konstruksi dan aplikasi lainnya karena dari tinggi kekuatan tarik dan biaya rendah. logam dasar baja adalah besi, yang mampu mengambil dua bentuk kristal (bentuk allotropic), tubuh berpusat kubik (BCC) dan wajah berpusat kubik (FCC), tergantung pada suhu. Ini adalah interaksi mereka alotrop dengan unsur-unsur paduan, terutama karbon, yang memberikan baja dan cor besi jangkauan mereka dari sifat unik. Dalam pengaturan kubus berpusat badan, ada sebuah atom besi di pusat setiap kubus, dan dalam menghadapi berpusat kubik, ada satu di pusat masing-masing dari enam wajah kubus. Karbon, unsur-unsur lain, dan inklusi dalam bertindak besi sebagai pengerasan agen yang mencegah pergerakan dislokasi yang dinyatakan terjadi dalam kisi kristal dari atom besi.

Karbon dalam baja paduan khas dapat berkontribusi hingga 2,1% dari berat. Memvariasikan jumlah elemen paduan, kehadiran mereka dalam baja baik sebagai elemen zat terlarut, atau fase sebagai endapan, memperlambat gerakan mereka dislokasi yang membuat besi relatif ulet dan lemah, dan dengan demikian mengendalikan kualitas nya seperti kekerasan , keuletan , dan tarik kekuatan baja yang dihasilkan. kekuatan baja dibandingkan dengan besi murni hanya mungkin dengan mengorbankan daktilitas besi ini, yang besi memiliki kelebihan.

FagerstaRAÄ2.jpg

Baja diproduksi di Bloomery tungku selama ribuan tahun, tetapi penggunaan yang luas dimulai setelah metode produksi yang lebih efisien yang dirancang pada abad ke-17, dengan produksi baja blister dan kemudian baja wadah . Dengan penemuan proses Bessemer pada pertengahan abad ke-19, era baru yang diproduksi secara massal baja mulai. Hal ini diikuti oleh proses Siemens-Martin dan kemudian proses Gilchrist-Thomas yang halus kualitas baja. Dengan perkenalan mereka, baja ringan diganti besi tempa .

Perbaikan lebih lanjut dalam proses, seperti pembuatan baja oksigen dasar (BOS), digantikan metode sebelumnya oleh lebih menurunkan biaya produksi dan meningkatkan kualitas produk. Hari ini, baja adalah salah satu bahan yang paling umum di dunia, dengan lebih dari 1,3 miliar ton diproduksi setiap tahunnya. Ini adalah komponen utama dalam bangunan, infrastruktur, peralatan, kapal, mobil , mesin, peralatan, dan senjata. Baja modern umumnya diidentifikasi oleh berbagai kelas yang didefinisikan oleh berbagai macam organisasi standar .

Iklan

1 Komentar »

  1. Ping-balik: Bisa Kimia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: