Bio-plastik


https://i2.wp.com/www.ummiindonesia.com/wp-content/uploads/2016/01/biodegradable.jpg

Ada yang pernah dengan bio plastik? hmmm apasih itu?

Bioplastik adalah plastik yang berasal dari terbarukan biomassa sumber, seperti lemak dan minyak nabati , pati jagung , atau mikrobiota.  Bioplastik dapat dibuat dari produk sampingan pertanian dan juga dari botol plastik bekas dan wadah lainnya menggunakan mikroorganisme. Plastik umum, seperti plastik bahan bakar fosil (juga disebut polimer petrobased), yang berasal dari minyak bumi atau gas alam . Produksi plastik seperti cenderung membutuhkan bahan bakar fosil lebih lanjut dan untuk menghasilkan lebih gas rumah kaca dari produksi polimer biobased (bioplastik). Beberapa, tetapi tidak semua, bioplastik dirancang untuk terurai . bioplastik biodegradable dapat memecah baik anaerobik atau aerobik lingkungan, tergantung pada bagaimana mereka diproduksi. Bioplastik dapat terdiri dari pati , selulosa , biopolimer , dan berbagai bahan lainnya.

Bioplastik digunakan untuk barang-barang sekali pakai, seperti kemasan , peralatannya, alat pemotong, pot, mangkuk, dan sedotan. Mereka juga sering digunakan untuk tas, nampan, buah dan sayuran wadah dan foil blister, karton telur, kemasan daging, sayuran , dan pembotolan untuk minuman ringan dan produk susu.

Plastik ini juga digunakan dalam aplikasi non-disposable termasuk casing ponsel, serat karpet, interior isolasi mobil, saluran bahan bakar, dan pipa plastik. Bioplastik electroactive baru sedang dikembangkan yang dapat digunakan untuk membawa arus listrik . Di daerah ini, tujuannya adalah tidak biodegradasi, tapi untuk membuat item dari sumber daya yang berkelanjutan.

Implan medis yang terbuat dari PLA , yang larut dalam tubuh, dapat menyelamatkan pasien operasi kedua. film mulsa kompos juga dapat diproduksi dari polimer pati dan digunakan dalam pertanian. Film-film ini tidak perlu dikumpulkan setelah digunakan pada bidang pertanian.

Biopolimer yang tersedia sebagai pelapis untuk kertas daripada pelapis petrokimia lebih umum. (sumber)

lalu apa saja jenisnya? dampak lingkungan? biaya? ditunggu di artikel berikutnya ya? 🙂

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s