Pemanis … emmmm

https://encrypted-tbn2.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcQ4CGrzj7SXTYXfZWo81mBPrTlfMEOvfIsG62UTb8N_Tksxv9Qw

Bagi penderita diabetes melitus atau kadar gula darah tinggi tentunya sanagt dibatasi konsumsi jenis gula glukosa, fruktosa dan sukrosa. Tetapi ada alternatif lain dengan penambahan zar aditif pemanis buatan sebagai pengganti gula. Berbeda dengan gula, pemanis buatan bukanlah karbohidrat. Karena keunggulan inilah pemanis buatan sering direkomendasikan bagi para penderita diabetes.


Meski sering dijadikan rujukan, pemakaian pengganti gula tetaplah tidak bisa sembarangan. Penderita diabetes yang hendak mengganti asupan gula dengan pemanis buatan sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter atau ahli gizi.
Apa saja ya yang termasuk pemanis buatan?
1. Sakarin (Benzoic sulfimide/Ortho sulphobenzamide)
Sakarin adalah zat pemanis buatan yang dibuat darigaram natrium dari asam sakarin berbentuk bubuk kristal putih, tidak berbau dan sangat manis. Pemanis buatan ini mempunyai tingkat kemanisan 550 kali gula biasa. Oleh karena itu sangat populer dipakai sebagai bahan pengganti gula.

Dalam perdagangan dikenal dengan nama Gucide, Glucid, Garantose, Saccharimol, Saccharol, dan Sykosa. Harga sakarin paling murah dibanding dengan pemanis buatan lainnya. Sakarin dapat menghemat biaya produksi. Harga pemanis buatan jauh lebih murah dibandingkan dengan gula asli. Pemanis buatan hanya sedikit ditambahkan untuk memperoleh rasa manis yang kuat.

2. Siklamat
Siklamat adalah pemanis tanpa kalori yang 30 kali lebih manis dibanding sukrosa. Bahan ini dapat larut di dalam air ,stabil di dalam panas dan dingin, serta mempunyai umur simpan yang panjang.
Pemanis buatan ini merupakan garam natrium dari asam siklamat. Siklamat menimbulkan rasa manis tanpa rasa ikutan (tidak ada after taste-nya).
Dalam perdagangan dikenal sebagai Assugrin, Sucaryl, dan Sucrosa.

Masih ada jenis pemanis buatan lainnya di artikel selanjutnya ya. Nantikan.

One thought on “Pemanis … emmmm

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.