zat pencemar masuk ke dalam tubuh

https://i1.wp.com/bisakimia.com/wp-content/uploads/2016/05/9331c-05112010021153.jpg?w=1540&ssl=1

Beberapa zat kimia dalam lingkungan mempunyai beberapa jalan masuk ke dalam tubuh dengan sifat-sifat fisikokimia yang khas. Jalan masuk ke dalam tubuh dapat merupakan faktor penting dalam menentukan tingkat bahayanya. Misalnya, lebih banyak timbal anorganik yang diserap mealui  pernapasan dibanding saluran makanan.


Zat-zat pencemar dapat memberikan pengaruh bahaya terhadap suatu organ baik dengan menekan atau menstimulir metabolisme normal fungsi organ. Pada kenyataannya, jumlah sedikit dari zat-zat toksik menstimulir fungsi organ dan pada dosis tinggi akan menghancurkan aktivitasnya.
Ada 3 mekanisme penting yang sangat menonjol pada kerja zat pencemar toksik. Apa saja ya?
1. Pengaruhnya terhadap enzim yang terlibat dalam aktivitas organ.
2. Penggabungan langsung zat kimia dengan zat- zat penyusun sel.
3. Kerja sekunder sebagai konsekuensi keberadaanya dalam sistem itu.

Organ-organ  bisa terserang penyakit yang disebabkan oleh penghisapan bahan-bahan toksik diantaranya yaitu hidung, sinus, larynx, percabangan bronchial, dan paru- paru. Jalan penting lain  yang bisa dilalui zat pencemar masuk ke dalam tubuh adalah melalui saluran pencernaan dan kulit. Ginjal yang merupakan organ eksresi utama sangat peka terhadap zat- zat toksik. Zat-zat pencemar juga mempengaruhi organ-organ individu yang tidak terlibat dalam pengambilan atau eksresi seperti otak, hati dan otot-otot.
Nanti akan dibahas di artikel selanjutnya bagaimana zat pencemar masuk ke dalam tubuh melalui hidung, saluran pencernaan dan kulit.

One thought on “zat pencemar masuk ke dalam tubuh

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.