Skip to content
Iklan

Penguapan pun bisa diubah menjadi energi, bagaimana?


150616123608_1_900x600

Kekuatan yang tak terlihat namun sangat kuat dari air yang berasal dari bumi dan memberikan salju kepuncak Himalaya. Namun, meski air menguap, potensi untuk mendorong dan menghasilkan listrik tetap sebagian besar belum dimanfaatkan sampai sekarang.  Dalam jurnal Nature Communication, ilmuwan Universitas Columbia melaporkan perkembangan dua perangkat baru yang menghasilkan listrik langsung dari proses penguapan. Piston mesin yang menghasilkan listrik menyebabkan cahaya kilat dan mesin rotari mampu menggerakan miniatur mobil.

Ketika energi penguapan ditingkatkan, para peneliti memprediksi bahwa suatu hari hal itu bisa menghasilkan listrik bahkan menjad pembangkit listrik terapung raksasa yang “duduk” di teluk atau waduk. Bisa juga bentuknya seperti mesin besar yang berputar mirip dengan turbin angin yang mengambang di atas air, begitulah kata Ozgur Sahin, Ph.D., seorang profesor ilmu biologi dan fisika di Columbia University serta menjadi penulis utama pada proyek tersebut.

Sahin mengatakan bahwa penguapan adalah kekuatan dasar alam dan itu lebih kuat dibandingkan dengan kekuatan yang lain seperti angin dan gelombang.

Tahun lalui, Sahin menembukan bahwa ketika spora bakteri menyusut dan membengkak dengan mengubah kelembaban, mereka dapat mendorong dan menarik benda-benda lainnya secara paksa.  Mereka mengemas lebih banyak energi dibandingkan bahan lain yang digunakan dalam rekayasa pada obyek bergerak. Proyek tersebut dilaporkan dalam sebuah makalah yang diterbitkan di Nature Nanotechnology yang didasarkan pada kerja Sahin sebagai Scholar di kediaman Wyss Institut pada teknik biologis di Harvard University

Dengan mengingat temuan tahun lalu itu, Sahin dan rekannya di Columbia berusaha untuk membangun perangkat yang sebenarnya dapat didukung oleh energi tersebut. Untuk dapat mengambang, mesin piston digerakkan, para peneliti pertama terpaku pada spora di kedua sisi tipis, pita plastik dua sisi mirip dengan yang terdapat pada kaset yang menyebabkan hal itu menciptakan garis putus-putus pada spora. Mereka melakukan hal yang sama di sisi berlawan tapi diimbangi garis sehingga di satu sisi tumpang tindih dengan celah di sisi lain.

Ketika udara kering membuat spora menyusut, kurva strip spora tertutup dan hal ini mengubah pita menjadi bergelombang. Sahin dan Xi Chen seorang mahasiswa postdoctoral di lab menempatkan puluhan kaset berdampingan menciptakan otot buatan yang kuat kemudian mereka menempatkannya ke dalam sebuah kotak plastik dan mengambang. Dalam kasus ini, air yang menguap membuat udara menjadi lembap, kelembaban tersebut membuat otot menjadi memanjang, membuka jendela dan membiarkan udara kering masuk. Ketika kelembaban tersebut mulai menipis, spora menyusut dan menarik jendela itu sehingga menutup dan memungkinkan udara menjadi lembap lagi secara berulang kali.

Otot-otot buatan spora yang tertutup itu berfungsi sebagai piston penguapan dan dapat memproduksi listrik yang cukup untuk menyalakan lampu kecil untuk flash. Dalam hal itu, terjadilah peristiwa penguapan air kolam menjadi energi listrik dan beralih menjadi cahaya.

Dengan output data saat ini, mesin penguapan tersebut masih hanya bisa memberi pasokan listrik pada lampu kecil atau sensor di dasar laut yang memantau. Chen  mengatakan bahwa dengan spekulasi yang lebih besarr dalam versi perbaikan pada pita plastik dan spora yang lebih berpotensi menghasilkan tenaga lebih dari sebuah kincir angin.

Sumber : sciencedaily.com

 

 

 

 

Iklan

1 Komentar »

  1. Selamat Siang,
    Kami dari perusahaan properti ingin mengajak teman2 blogger yang punya blog pribadi, untuk melakukan paid review

    untuk teman2 yang berminat melakukan paid review dan memiliki niche sbb:

    rumah
    desain rumah
    berita
    properti
    arsitek
    dekorasi
    atau yang berhubungan dengan niche diatas.

    kita akan menawarkan mulai dari rp. 100rbu-500rbu / blog post tergantung kualitas blognya dengan jumlah kata min. 400 kata.
    dan mencantumkan minimal 1 link ke situs yang kita minta.

    blog harus memiliki min. pr 1 dan berumur min. 1 tahun bkn free blog.

    yang berminat silahkan PM ke inbox atau kirim email : developerrumahku@gmail.com

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: