Skip to content
Iklan

Pencemaran Tanah


Pencemaran tanah merupakan kondisi dimana bahan kimia buatan manusia masuk ke lingkungan tanah alami. Pencemaran tersebut disebabkan kebocoran limbah cair, pembuangan cairan dari pabrik pengolahan sampah, batik, cat, fasilitas komersial seperti penggunaan pestisida, kecelakaan kendaraan mengangkut minyak zat kimia atau limbah air, seperti limbah rumah sakit, limbah lain yang mengandung bahan kimia yang langsung dibuang ke tanah yang tidak memenuhi syarat (illegal dumping)

Ketika suatu zat yang berbahaya dan beracun telah mencemari kepermukaan tanah kemudian menguap, terspu air hujan dan masuk ke tanah. Pencemaran yang masuk ke dalam tanah akan terendap beberapa hari atau berbulan-bulan sebagai zat kimia yang beracun dalam tanah. Zat beracun di dalam tanah bisa berdampak langsung kepada manusia ketika ia bersentuhan langsung atau dapat mencermari air tanah dan udara di atasnya.

Ada beberapa langkah dalam penanganan untuk mengurangi dampak yang ditimbulkan oleh pencemaran tanah sebagai berikut:

  1. bioremediation tanahRemidiasi
    Remidiasi adalah keadaan pembersihan permukaan tanah yang dicemari. Ada dua jenis remidiasi tanah yaitu in-situ dan ex-situ. Pembersihan in-situ adalah membersihkan langsung di lokasi. Pembersihan ini lebih terjangkau dan mudah yang terdiri dari injeksi dan bioremediasi. Pembersihan ex-situ adalah pembersihan melalui penggalian tanah yang tercemar dan kemudian dipindah ke daerah yang lebih aman. Setelah dipindah ke daerah aman,maka tanah tersebut beramai-ramai dibersihan dari zat pencemaran tanah. Caranya yaitu tanah yang tercemar disimpan di bak yang kedap. Kemudian zat pencemar dipompakan ke bak, zat pencemar dipompakan keluar dari bak setelah itu diolah dengan instalasi pengolah air limbah. Pembersihan model seperti ini jauh lebih mahal dan sulit
  2. Bioremediasi. model pembersihan pencemaran tanah dengan menggunakan jamur bakteri, tujuannya adalah untuk memecah atau mendegradasi zat pencemar menjadi bahan agar tidak beracun yang berupa karbon dioksida dan air.

Efek yang ditimbulkan oleh pencemaran tanah adalah:

  1. Pada kesehatan. Dampak penceraman tanah ini akan menimbulkan berbagai banyak penyakit, contohnya bila anak anda terkena timbal maka akan mengakibatkan kerusakan pada otak, pada orang dewasa bisa terkena kerusakan ginjal.
  2. Pada ekosistem. Perubahan kimiawi tanah yang radikal ini akan menimbulkan berbagai hal, seperti perubahan metabolism dari mikroorganisme endemik serta antropoda yang hidup pada lingkungan tanah tersebut. Pencamaran tanah ini juga akan menurunkan hasil pertanian.
Iklan

2 Comments »

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: