Skip to content
Iklan

Mengenal Benzalkonium Klorida sebagai Desinfektan


​Kalian tahu salah satu zat aktif pembersih lantai adalah benzalkonium klorida?

Benzalkonium klorida digunakan sebagai zat aktif karena merupakan salah satu jenis desinfektan. Apa itu desinfektan?

Desinfektan didefinisikan sebagai bahan kimia atau pengaruh fisika yang digunakan untuk mencegah terjadinya infeksi atau pencemaran jasad renik seperti bakteri dan virus, juga untuk membunuh atau menurunkan jumlah mikroorganisme atau kuman penyakit lainnya. Bahan desinfektan dapat digunakan untuk proses desinfeksi tangan, lantai, ruangan, peralatan dan pakaian.Desinfektan yang banyak dikenal adalah alokohol. 

Larutan benzalkonium klorida adalah zat biosida yang bertindak-cepat dengan durasi aksi yang tidak terlalu lama. Mereka aktif melawan bakteri dan beberapa virus, jamur, dan protozoa. Spora bakteri dianggap tahan. Larutan bakteriostatis atau bakterisida. Bakteri gram-positif secara umum lebih rentan dibandingkan bakteri gram-negatif. Aktivitas sangat tidak dipengaruhi oleh pH, tetapi meningkat secara substansial pada suhu yang lebih tinggi dan waktu pajanan yang diperpanjang. Pada studi 1998 menggunakan protokol FDA, sanitasi non-alkohol yang menggunakan bahan aktif benzalkonium klorida menemui baku kinerja FDA, sedangkan Purell, pembersih berbasis alkohol, tidak. Studi ini menemukan bahwa pembersih berbasis benzalkonium klorida adalah pembersih tangan berbasis-non-alkohol paling baik.sumber

Bagaimana sifat benzalkonium klorida itu sendiri?

Nama lain benzalkonium klorida ialah N-Alkil-N-benzil-N,N-dimetilammonium klorida, ADBAC, BC50, BC80, senyawa ammonium kuaterner ; quat.

Rumus molekul dan berat molekulnya bervariasi, tergantung pada panjang rantainya. Penampilan benzalkonium klorida 100% putih atau serbuk kuning ; Larutan BC50 (50%) & BC80 (80%), larutan tak berwarna sampai kuning pucat.

Senyawa ini memiliki densitas 0,98 gr/cm3, sangat mudah larut dalam air. Senyawa memiliki titik nyala pada 250 oC, bila pelarutnya basa.

Benzalkonium chloride adalah zat amonium yang biasanya digunakan sebagai antibakteri. Zat ini banyak digunakan sebagai bahan penyusun produk kesehatan dan obat-obatan.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: