Skip to content
Iklan

Memanfaatkan daun Pepaya sebagai Obat penyembuh luka


daun pepaya

Menurut wikipedia, pepaya (papaya Carica L.) awalnya berasal dari meksiko bagian selatan dan utara Amerika Serikat, dan kini tumbuh menyebar diwilayah tropis untuk diambil buahnya. Papaya adalah buah yang segar dan manis, ketika ia sudah matang. Namun  buah pepaya mentah juga biasa dimasak untuk sayur, sementara daun pepaya muda juga banyak dimakan sebagai sayur. Tak hanya itu, bagian akar, pepaya muda, kulit pepaya, daun pepaya juga dipercaya dapat dimanfaatkan untuk pengobatan penyakit. Ada banyak jenis kultivar pepaya, dan masing masing dapat memiliki tekstur, aroma, ukuran, rasa, bahkan daun yang berbeda. Beberapa jenis kultivar pepaya yang ada misalnya, pepaya bangkok, pepaya thailand, pepaya meksiko dll. Dan umumnya perbedaan ini berdasarkan darimana ia berasal/dibudidayakan.

Daun pepaya sangat berkhasiat untuk tubuh, tetapi ada satu lagi yang spesial dari daun pepaya, mungkin belum banyak orang yang tahu kalau daun pepaya dapat menyembuhkan luka.

begini cara membuat obat luka dari daun pepaya :

pertama-tama cuci daun pepaya sampai bersih, lalu dihaluskan daun pepaya, bisa dengan blender atau alat lainnya. setelah dihaluskan ambil air yang keluar dari daun pepaya tersebut. lalu oleskan terhadap luka yang baru terjadi.

emang sakit sih rasanya, tetapi insyallah lebih cepat sembuh dari obat merah. bila ingin hasilnya lebih bagus lagi. sisa ampas beserta air nya di tempelin diatas luka yg kebuka. setengah s/d 1 hari luka nya ketutup dan cepat sembuh deh.

dari hasil uji mikrobiologi yang saya lakukan, ekstrak daun pepaya mempunyai daya bunuh mikroba yang cepat.

Iklan

1 Komentar »

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s