Skip to content
Iklan

Apa itu Reverse Osmosis ?


Akhir akhir ini kita sering mendengar istilah reverse osmosis tau disingkat RO. dan biasanya kita mendengar istilah itu di  air siap minum atau pemurnian air. Sebenarnya apa reserve osmosis itu tapi bagaimana cara kerjanya? Seperti biasa sebelum kita memahami suatu hal, kita harus mempelajari dasarnya dahulu. Untuk pengertian Osmosis sebaiknya lihat dulu artikel berikut ini.

Reverse Osmosis merupakan kebalikannya dari osmosis. Jika osmosis ialah perpindahan molekul pelarut dari konsentrasi rendah ke konsentrasi tinggi. Maka reverse osmosis ialah perpindahan molekul pelarut dari konsentrasi tinggi ke rendah.

Ingat! Berbeda dengan difusi, karena osmosis ialah perpindahan pelarut, sedangkan difusi ialah perpindahan zatnya terlarutnya. 

Seperti terlihat pada gambar di bawah, Reverse Osmosis pada suatu sistem yang di batasi oleh membran semi permeable dan terdapat dua larutan dengan kandungan zat terlarut yang berbeda. Pada reverse Osmosis. Air/Pelarut akan bergerak ke arah air yang konsentrasi pelarutnya lebih rendah.

reverse osmosis

 

Aplikasi Reverse Osmosis pada Pemurnian Air Minum

Teknologi Reverse Osmosis ini sangat baik digunakan untuk pemurnian air dari air ledeng menjadi air siap minum. Karena dapat membuat air ledeng yang banyak kandungan zat terlarutnya menjadi air murni atau Hampir tak ada zat terlarutnya. Dibawah ini terdapat gambar bagan kerja rangkaian mesin Reverse Osmosis untuk pemurnian air minum.

mesin osmosis

sumber : brentpoynter.deviantart.com

Pada gambar diatas terlihat air dari kotor hingga siap minum. dengan langkah langkah sebagai berikut:

  1. Pertama tama air masuk (contaminatedd feed water)
  2. Lalu di saring dengan carbon filter. Oleh karena itu carbon filter ini harus di ganti secara berkala
  3. Setelah inilah Air akan melalui Membran Reverse Osmosis. Air yang kotor(banyak zat terlarut) dibuang, sedangkan air yang sudah bersih lanjut dialirkan
  4. Air bersih sudah siap diminum dan di simpan dalam tangki penyimpanan untuk di pakai jika perlu

Ada beberapa Cara Untuk Membuktikan keampuhan alat RO ini. diantaranya TDS Meter dan Water Electroyzer. Untuk melihat bukti buktinya silahkan lihat artikelnya.

 

Iklan

9 Comments »

  1. Assalamualaikum saya ingin bertanya
    apakah kunci perbedaan difusi dan osmosis itu seperti yang tertuliskan di blog anda, bahwa osmosis ialah perpindahan pelarut, sedangkan difusi ialah perpindahan zatnya terlarutnya. ??? Terima kasih

    Suka

    • Wa’alaykumussalam
      hai wahyu, ada 2 kunci perbedaan antara osmosis dengan difusi. yang perlu di perhatikan itu ialah Pelarut dan zat terlarut. kemudian masalah perpindahan konsentrasi tinggi ke konsentrasi rendah atau sebaliknya.
      Contoh difusi ialah seperti parfum yang di semprotkan dalam ruangan. Konsentrasi parfum sebagai terlarut. akan menyebar luas ke ruangan.
      sedangkan untuk osmosis contohnya terjadi pada sel makhluk hidup

      Suka

      • Emang kalo sudah murni airnyA knp trus? ApA lebih baik dari air mineral ? Kalau memang lebih bAik, Air yg ada di toko kimia itu kok ga baik di minum (H2O) tanpa campuran zat lain . Dan harganya juga ga mahal.

        Suka

        • Bisa diminum. Beli aja aquades atau aquabides. Sangat boleh diminum.

          Untuk mana yang lebih baik mengenai air mineral atau air murni. Para ilmuwan sendiri berselisih masalah tersebut. Ada yang memilih air murni karena menurutnya mineral dalam air minum itu tidak bisa diserap dan hanya mmperberat organ.
          Sedangkan yg lain mengatakan air mineral lebih baik karena mineral dapat diserap tubuh.

          Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s