Skip to content
Iklan

Sepuluh Cara Lulus Ujian Kimia


chemistry_exam_by_joouchiyanmon-d46m4ke

Jangan suka SKS (Sistem Kebut Semalam)

Cara ini sesungguhnya tidak akan bekerja jika Anda menjejalkan semua hal yang Anda pelajari dalam waktu singkat di otak Anda. Tentunya, Anda harus mempelajari setidaknya satu minggu sebelum ujian sehingga ketika hari ujian dekat Anda sudah bisa merasa siap.

Praktek

Seperti halnya belajar bahasa asing, tentunya Anda tidak dapat menguasainya jika tidak mempraktekkannya, begitu juga kimia yang tentunya membutuhkan logika dan tentunya tidak hanya dihafalkan melainkan dipahami, untuk memahami lebih dalam Anda perlu mempraktekkannya. Semakin banyak Anda mempraktekkannya, konsep yang Anda pegang juga semakin kuat dan dasar yang Anda pelajari pun sudah tertanam di otak Anda.

Baca dengan mata tertutup

Masih ingat cara SD? Dimana kita membaca lalu kita menutup bukunya dan mengulanginya? Yah, cara ini juga dipakai untuk semua kalangan, jadi jangan remehkan metode ini agar bisa mempelajari dengan baik.Lebih baik lagi jika setelah Anda membaca, menutup bukunya, mengulanginya secara lisan dan ambil kertas atau buku lalu jabarkan secara sederhana apa yang Anda pelajari itu.

Lakukan hal yang sama

Anda harus mencoba untuk berlatih secara terus menerus tiap jenis masalah yang akan ditangani, jangan hanya meniru contoh melainkan mencari masalah baru yang perlu ditangani. Jadi, kita tidak perlu khawatir jika menemui masalah yang berbeda.

Get the big picture

Maksudnya adalah Anda harus memahami inti dari referensi yang akan dipelajari sehingga mendapatkan gambaran langsung secara garis besar dan Anda pun tak perlu susah-susah menghafal kata demi kata. Cakupan penguasaan materi pun lebih besar sehingga bisa memperoleh hasil yang optimal.

Bertanyalah jika ada kesulitan

Jangan takut untuk bertanya, karena guru atau dosen Anda memang dibayar untuk itu. Bertanyalah jika ada kesulitan atau hal yang masih susah untuk Anda pahami.Satu hal lagi adalah jangan menunggu ketika ujian sudah dekat untuk mendapatkan bantuan.

Coba mengerjakan soal-soal tahun lalu

Biasanya soal-soal sebelumnya baik tahun lalu atau bisa dua tahun yang lalu atau lebih masih tersimpan, pinjamlah kepada guru atau dosen Anda untuk berlatih dan mengukur berapa persen Anda dapat menguasai pelajaran tersebut. Namun, Anda jangan berasumsi bahwa soal-soal besok sama persis pada soal-soal yang Anda gunakan berlatih untuk saat ini. Soal latihan tersebut hanyalah gambaran atau uraian sekilas agar tidak menimbulkan tanda tanya bagi diri Anda tentang bab yang Anda pelajari.

Fokus pada tujuan

Ketika Anda mempelajari kimia, maka Anda harus tahu tujuan apa tujuan terpenting dalam diri Anda seperti mendapat nilai bagus, meraih nilai tertinggi dan lain sebagainya. Usaha tanpa tujuan memang akan sia-sia sebab Anda tidak mampu melihat dan merencanakan ke depan apa yang harus Anda lakukan selanjutnya.

Manajemen waktu

Pengelolaan waktu yang terpenting, ingat seberapa cerdas Anda namun jika Anda tidak memiliki waktu untuk belajar maka hasil yang Anda dapatkan tidak maksimal. Aturlah waktu sebisa mungkin setidaknya satu sampai dua jam untuk belajar dan harus dalam kondisi yang rileks sehingga pelajaran dapat lebih mudah terserap dalam waktu singkat. Dan ingatlah untuk tidur lebih awal sebab kurang tidur dapat meningkatkan perasaan cemas dalam diri Anda dan pikiran lebih keruh.

Santai

Menjelang ujian tentunya jantung akan berdegup kencang dan diri menjadi tidak rileks, Anda harus santai, tarik napas dalam-dalam dan hembuskan secara perlahan. Biarkan kepercayaan diri Anda timbul dan bersikap optimislah pada diri Anda.

Sumber : antoine.frostburg.edu

Iklan

1 Komentar »

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: