Skip to content
Iklan

Fakta Unik Kimia (2)


Kembali lagi dengan fakta unik kimia. Dan kali ini fakta unik yang telah berhasil saya kumpulkan antara lain :

 

1. Unsur Termahal

Unsur Californium adalah zat yang paling mahal di dunia (sebanyak $ 68 juta untuk satu gram.)

Californium

Californium. Sumber : Wikipedia

Unsur Californium adalah suatu unsur kimia logam radioaktif dengan simbol Cf dan nomor atom 98. Unsur ini pertama kali dibuat di Universitas California, Berkeley, pada tahun 1950 dengan membombardir curium dengan partikel alpha (helium-4 ion). Ini adalah elemen aktinida, unsur transuranium keenam yang disintesis, dan memiliki massa atom kedua tertinggi dari semua elemen yang telah diproduksi dalam jumlah yang cukup besar untuk melihat dengan mata telanjang (setelah einsteinium). Unsur ini dinamakan atas nama California dan Universitas California. Ini adalah unsur terberat terjadi secara alami di bumi, unsur yang lebih berat hanya dapat diproduksi oleh sintesis.

2. Unsur Terlangka

Unsur paling langka yang terjadi secara alamiah dalam kerak bumi adalah astatin. Seluruh kerak bumi tampaknya hanya mengandung sekitar 28 g elemen.

Astatine

Astatin adalah suatu unsur kimia radioaktif dengan simbol kimia At dan nomor atom 85. Hal ini terjadi di Bumi karena hasil dari peluruhan radioaktif dari unsur tertentu yang lebih berat. Semua isotop yang berumur pendek, yang paling stabil adalah astatin-210, dengan waktu paruh 8,5 jam. Oleh karena itu, jauh lebih sedikit yang diketahui tentang astatin daripada kebanyakan unsur-unsur lain.

 

3. Oksigen Cair Dan Padat Berwarna Biru

Urin Yang Berpijar

Oksigen Cair. Sumber : Wikipedia

 

Oksigen adalah unsur kimia dalam sistem tabel periodik yang mempunyai lambang O dan nomor atom 8. Ia merupakan unsur golongan kalkogen dan dapat dengan mudah bereaksi dengan hampir semua unsur lainnya (utamanya menjadi oksida). Pada Temperatur dan tekanan standar, dua atom unsur ini berikatan menjadi dioksigen, yaitu senyawa gas diatomik dengan rumus O2 yang tidak berwarna, tidak berasa, dan tidak berbau. Oksigen merupakan unsur paling melimpah ketiga di alam semesta berdasarkan massa dan unsur paling melimpah di kerak Bumi. Gas oksigen diatomik mengisi 20,9% volume atmosfer bumi.
Baik oksigen cair dan oksigen padat berwarna biru langit. Hal ini dikarenakan oleh penyerapan warna merah. Oksigen cair dengan kadar kemurnian yang tinggi biasanya didapatkan dengan distilasi bertingkat udara cair. Oksigen cair juga dapat dihasilkan dari pengembunan udara, menggunakan nitrogen cair dengan pendingin. Oksigen merupakan zat yang sangat reaktif dan harus dipisahkan dari bahan-bahan yang mudah terbakar
4. Petir

Petir

Petir Yang Menyambar. Sumber : Wikipedia

Kalian semua tahu petir kan? Nah, apakah kalian juga tahu kalau petir itu 3 kali lebih panas daripada matahari.

Sambaran petir bisa mencapai suhu 30.000 derajat Celcius atau 54.000 derajat Fahrenheit.

 

5. Urine (Air Kencing)

Urin Yang Berpijar

Urin Yang Berpijar. Sumber : Wikipedia

Ternyata urin (air seni/air kencing) bersinar di bawah sinar ultraviolet.

 

6.Lobsters Memiliki Darah Yang Berwarna Biru.

Lobster

Lobster. Sumber : Wikipedia

Wah ternyata lobster memiliki darah berwarna biru, makanya harganya bisa mahal bener (bangsawan? cuma bercanda). Lobster memiliki darah biru karena adanya haemocyanin yang mengandung tembaga. Sebaliknya, vertebrata dan banyak binatang lainnya memiliki darah merah dari hemoglobin kaya besi. Lobster memiliki sebuah hepatopancreas hijau, disebut tomalley oleh koki, yang berfungsi sebagai hati hewan dan pankreas.

Sumber :

  • chemistry.about.com
  • Wikipedia

Untuk fakta kimia lain silahkan mengunjungi : https://bisakimia.com/2013/11/19/fakta-kimia/

Iklan

2 Comments »

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s