Skip to content
Iklan

Resep khusus pelapisan kimia


Tidaklah sering  ahli kimia menemukan metode cepat, sederhana dan

murah untuk membuat hal-hal menggunakan bahan-bahan banyak tersedia, namun para peneliti telah melakukan hal itu: Mereka telah membuat kapsul kecil yang elegan dan coating dalam air hanya dengan pencampuran besi dan senyawa dari tanaman yang disebut asam tanat. Lapisan lembut terbentuk dengan sendirinya di sekitar apa pun yang ada di dalam air – manik-manik kaca, bakteri, nanopartikel emas dan banyak lagi. Hanya dengan mengubah pH larutan, kita dapat membuat lapisan untuk terbongkar.

Bahan pelapis ini dianggap aman – Asam tanat ditemukan dalam anggur, sementara besi merupakan elemen penting bagi makhluk hidup. Itu berarti kapsul mungkin dapat membantu dalam penyampaian obat dalam tubuh atau menemukan fungsinya dalam kosmetik atau makanan, kata bioengineer Gregory Payne dari University of Maryland di College Park.

Pekerjaan ini sesuai dengan upaya berkesinambungan untuk menemukan senyawa biologis ramah, bahan yang bermanfaat, dan “Ini membuka banyak peluang.” Kata Payne.

Dengan menggunakan peralatan laboratorium biasa, tim peneliti yang dipimpin oleh ilmuwan bahan Frank Caruso dari University of Melbourne di Australia, menciptakan lapisan kecil pada suhu kamar. Ketika para peneliti menambahkan asam tanat ke dalam air air, terjadi keceenderung untuk berkumpul di sekitar permukaan, apakah mereka menjadi bagian dari polystyrene atau bakteri E. coli. Ketika para peneliti menambahkan ion besi ke dalam campuran, besi akan mengkait ke molekul asam tanat, menghubungkan mereka menjadi film tipis. Pada pH 7,4, kapsul masih utuh setelah 10 hari, pada pH 3, mereka terbongkar dalam waktu empat jam.

Sumber :

http://www.sciencenews.org/view/generic/id/351501/description/Coatings_have_simple_recipe_for_success

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s