Pentingnya Puasa Bagi Kesehatan

Ramadhan
Ramadhan (Photo credit: phalinn)

Dalam bulan Ramadhan ini, hampir semua umat muslim di dunia menjalani puasa ramadhan yang merupakan salah satu kewajiban umat islam yang termasuk salah satu rukun islam.

Dalam setiap hal yang diperintahkan oleh Allah swt pasti ada hikmah yang terkandung dalamnya, walaupun tidak semuanya kita tahu, begitu pula dalam berpuasa. Dalam sebulan penuh kita berpuasa.

Tentu saja dari sisi spiritual sangat banyak yang di dapat dalam bulan spesial umat islam ini, namun dalam kesempatan ini bisakimia.com akan membahas beberapa keuntungan berpuasa di bulan ramadhan dari sisi kesehatan.
1. Kesempatan untuk menghentikan kebiasaan yang buruk (seperti merokok)

2. Meningkatkan kesabaran (Kesabaran dapat  membuat otak kita lebih rileks dan terhindar dari stress)

3. Memperbanyak Solat, karena setiap gerakan solat memiliki manfaat bagi kesehatan

4. Penurunan berat badan secara sehat, dengan pemilihan makanan untuk saur dan berbuka maka dengan efektif kita bisa menurunkan berat badan dengan sehat dan efektif

5. Meningkatkan fungsi pencernaan

6. Meningkatkan kebiasaan makan, terhindar dari kebiasaan “nyemil” yang tidak sehat

7. Detoksifikasi Tubuh, Ketika berpuasa tubuh kita melakukan pengeluaran racun racun ditubuh. tubuh kita tidak menerima asupan sehingga organ organ kita hanya bekerja untuk mencerna dan fokus untuk bekerja sesuai fungsinya, begitu pula dengan hati yang berfungsi untuk penghilang racun ditubuh

8. Menurunkan Kadar gula darah, sangat bermanfaat untuk orang yang memiliki kadar gula tinggi. Bahkan Puasa di bulan ramadhan sangatlah baik sebagai pengobatan beberapa penyakit seperti diabetes, obesitas dan hipertensi

Dalam menjalani puasa di bulan ramadhan kita tetap harus mengingat prinsip prinsip islam yang dapat membantu kita dalam menjaga kesehatan, Yaitu janganlah berlebihan, karena yang berlebihan itu tidaklah baik. Jadi ketika anda berbuka, janganlah makan secara berlebihan karena merasa sudah sangat lapar. TAHAN!

Berbukalah dengan kurma, jika tidak ada maka minumlah air putih. Lalu solatlah, hal ini memang sangat baik untuk kesehatan karena kurma mengandung gula kompleks yang cukup lama untuk diserap sehingga tubuh. Jika kita langsung makan berat saat berbuka maka pencernaan kita akan kerja terlalu berat dan tidak baik bagi kesehatan.

Solusinya? Setelah berbuka dengan kurma, air, atau tambhan cemilan ringan. Solatlah untuk menggerakkan badan dan menunggu perut kita yang telah dirangsang dengan makanan ringan tadi. 30 menit kemudian barulah perut anda siap untuk menerima makanan tersebut.

selamat menunaikan ibadah puasa bagi yang menjalankan. 🙂

Sumber

www.islam-usa.com

Akhtar, Syed H. Significance of fasting in the month of Ramadan. Austin, Texas

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.