Posted on 73 Comments

Menghitung Konsentrasi Suatu Zat

perhitungan konsentrasi

perhitungan kimia

Konsentrasi dapat diartikan sebagai ukuran yang menentukan banyaknya zat yang berada di dalam suatu campuran dan dibagi dengan volume total pada campuran tersebut. Biasanya konsentrasi dinyatakan pada satuan fisik, seperti halnya satuan volume, satuan kimia, ataupun satuan berat seperti mol, ekuivalen dan massa rumus. Pada bahasan ini, kita akan Menghitung Konsentrasi Suatu Zat dan memahami bagaimana konsentrasi berhubungan dengan persen konsentrasi, PPM (Parts per Million) atau PPB (Parts per Billion), fraksi mol, molaritas, dan molalitas.

1. Persen konsentrasi

Pada umumnya di bidan kimia, persen digunakan untuk menyatakan konsentrasi suatu larutan. Persen konsentrasi dapat dibagi menjadi persen volume dan persen berat.

Untuk mengukur persen berat (%W/W)  menggunakan rumus :

Sedangkan untuk mengukur persen volume (%V/V) menggunakan rumus :

persen berat

Persen volume

 

 

(Baca juga artikel Cara mengencerkan larutan )

2. PPM (Parts per Million) dan PPB (Parts per Billion)

Untuk yang ini biasanya digunakan pada larutan yang sangat enver dengan satuan PPB dan PPM. Satuan PPM ekuivalen dengan 1 mg zat terlarut dalam 1 liter larutan, sedangkan PPB ekuivalen dengan 1 ug zat terlarut per 1 liter larutan.

PPM

PPB

PPM dan PPB memang merupakan satuan yang mirip seperti persen berat. Jika persen berat, gram zat terlarut per 100 gram larutan, maka PPM gram teralrut per satu juta gram larutan, serta PPB zat terlarut per miliar gram larutan.

3. Fraksi Mol (X)

Fraksi mol merupakan perbandingan mol salah satu komponen degnan jumlah mol dari seluruh komponen. Bila suatu larutan mengandung zat P dan Q dengan jumlah mol masing-masing nP dan nQ, maka rumus untuk menentukan fraksi mol pada tiap komponen adalah :

Xq

Xp

 

 

 

Untuk melihat cara Bagian Molaritas dan Molalitas bisa lanjut ke halaman 2

Halaman 1 2

73 thoughts on “Menghitung Konsentrasi Suatu Zat

  1. bagaimana mencari satuan mol per liter

    1. mol per liter itu sama dengan M(Molaritas) , tergantung mau di ubah dari satuan apa

    2. kok jawaban cuma itu sih?

  2. kalo misalkan komposisi gas Nitrogen=19% vol,,ini artinya apa ya?

    1. Ya 19% persen dari komposisi gas campuran seluruhnya…

  3. bagaimana konfigurasi antara :
    CO (ppm) = ……….. CO (gr/km)
    NOx (ppm) = ………….NOx (gr/km)
    HC (ppm) = …………… HC (gr/km)
    CO2 (ppm) = …………… CO2 (gr/km)

    Tolong bisa bantu.Terima Kasih.

  4. jika soalnya seperti ini “berapa gramkah NaOH (Mr=40) yang terlarut dalam 250 ml larutan NaOH 0,4 M ” bagaimana cara menyelesaikannya? tolong bantuannya kak

    1. berapa gramkah NaOH (Mr=40) yang terlarut dalam 250 ml larutan NaOH 0,4 M ?
      kan pertama kita cari molnya dulu. dari mana mol?
      dari rumus mol = M x V
      jadi mol = 0,4 x 0,25 = 0,1 mol
      dari mol kita bisa cari gramnya
      dari rumus gram = mol x Mr jadi gram = 0,1 x 40 = 4 gram

  5. saya mw ngitung ppm dari kmol gimana yah caranya?
    mohon bantuannya

    1. Harus diketahui Volumenya juga, kalau mol kan hanya massa saja

  6. Gimana klu soalnya ” udara di satu daerah yang hutannya terbakar diketahui mengandung gas co 5×10(ppangkat -3) %. Berapakah konsentrasi co bila dinyatakan dalam ppm?”

  7. 0.005% = 0.005 gram = 5 mg x 1000 ml(udara) / 100 ml (udara) = 50 ppm

    1. 0.005 % = 0.005 g/ 100 ml (udara)

      1. untuk mencari kadar salinity dangan campuran potasium Na2 cromat dan AgNO3 bagaimana ya.. Tolong solusinya…

  8. misalnya buat slurry konsentrasi 250 ppm sebanyak 300 liter gimana ya?

    1. kan ppm mg/L jadi kalau 250ppm dalam 300 L . isinya harus 250 mg x 300 = 75000 mg = 75 gr

  9. Reaksi kimia di rumah kalo musim ujan:
    ABC(Coffee) + H2O [Heat Transfer] -> Marlboro Red + (Grimis)2 -> [(Enak)2 Sekali]
    Hehehe…

    1. Di sebelah jangan ada anak ya. Kasian. Hehe

  10. saya ingin membuat larutan ZnO dan air 7000ml . Dengan ZnO 0,3% dalam larutannya. berapa gr ZnO yang saya harus tambahkan kedalam larutannya ?

    1. Dalam air ya.berarti 0.3% x 7000 =21gr

  11. mohon bantuannya, saya mau membuat larutan 500 ppm H2O2 dengan sediaan H2O2 50% 1000 ml, apakah saya sudah benar kalau saya mengkonversi 500 ppm menjadi 0,05% dengan dasar 1 ppm = 0,0001 %, sehingga saya hanya mebutuhkan 1 ml dari 50% H2O2 1000 mL

    1. larutan 50% 1000mL ingin di jadikan 500ppm

      untuk larutan, 1ppm setara dengan 0,0001%
      itu betul
      50% = 500000ppm

      untuk membuat 1000mL 500 ppm H2O2
      500000. V1 = 500 . 1000
      V1 = 1mL

      iya, untuk membuat 1000 mL 5000 ppm hanya butuh 1 mL H2O2 50%

  12. Maaf saya mau tanya….. saya punya larutan 20gr/L sebanyak 10 ml. bagaimana saya bisa membuat larutan sebanyak 20 ppm?

  13. Saya mau tanya jika saya mempunyai larutan dengan komposisi
    1. 8 kg/ 100 ltr air
    2. 6 kg/ 100 ltr air
    Maka berapakah konsentrasi PPM nya?

    1. PPM = Mg/L jadi tinggal di konvesi saja ya

      1. 8 kg/ 100 ltr air = 8×10^6/100 L = 8×10^4 mg/L = 80.000 PPM
      2. 6 kg/ 100 ltr air = 6×10^6/100 L = 6×10^4 mg/L = 60.000 PPM
  14. bagaimana cara membuat larutan 1000ppm dari larutan 24 mg /10ml?

    1. 24mg/10ml ini sama dengan 24mg/0,01L = 2400 mg/L = 2400 PPM

      jadi tinggal di encerkan saja menggunakan rumus V1.M1=V2.M2

      1. Maaf saya mau bertanya. Saya melarutkan larutan sebanyak 3ml ke dalam 1 L air. Berapa PPM ya hasilnya?

        1. tinggal di samakan saja satuannya
          3/1000 = 0,003= 3×10^-3
          Sedangkan ppm adalah 10^-6
          maka jika di bagi yaitu 3000 ppm

  15. bagaimana cara menentukan konsentrasi normal?

  16. sumpah , solusi yang hanya menambah masalah, dasar bocah

  17. Kalow 2% naoh itu berarti kita membuat larutan 2 gram dalam 100 ml ? Betul gak ? Kalow salah mohon perbaharui 😀

  18. Kak mohon bantuannya donk

  19. Kalo 0,1128 ppm (mg/gr) itu sama dengan berapa persen ? Mohon dijabarkan , terimakasih sebelumnya

  20. Kalo dari 0,1128 ug/mg (ppm nya yang mikrogram/miligram) = brapa persen ? Mohon balasanya

  21. kalau 10 ppm berapa mg/l

  22. Pagi kak..
    Sy mau tanya, kalau untuk membuat larutan 10ppm dalam 100ml dan 1000ml dari larutan murni bagaimana ya?
    Berapa ml kah larutan murni yg dibutuhkan untuk membuat masing-masing-masing larutan?
    Terima kasih..

    1. Perlu di perhatikan lagi bahwa ppm ialah part per million. jadi 1 : 1000.000

      kalau 10ppm maka kali saja 10 x 1/1000.000 = 1/100.000 = 0,001%

      jadi
      kalau 100mL maka cara menbuatnya ialah dengan mengambil 0,001% x 100mL = 0,001mL kemudian tambah akuades hingga 100mL

      sedangkan untuk 1000mL ambil 0,001% x 1000mL = 0,01mL kemudian tambah akuades hingga 1000mL

  23. izin nanyak pak,,
    bagaimana cara membuat larutan h2o2 dengan kadar 50 persen

    1. sebelumnya apa sudah punya larutan H2O2 dengan % yang berbeda?

    2. misalnya sudah ada larutan H2O2 3%.
      terima kasih

  24. Brpa kah konsentrasi MOLaritas dalam 1 l larutan terdapat 12,6 gr kristal H2C2O42H2O??

    1. pertama silahkan cari mol nya dulu dengan cara hitung mol=gr/Mr
      setelah dapat tinggal di hitung Molaritas=mol/V

  25. Mau bertanya..
    1. Seorg pasien mmiliki “tngkat kolsterol” 214 mg/dL. Tntukan knsentrasi molar dan molalitas (Mr = 386,64 g/mol) dalam darah pasien.?
    2. Stndar air minum dari WHO mngizinkan adanya knsentrasi ion magnesium sbesar 150 mg/L. Jika rapat air danggap 1,00 g/mL, ubah konsentrasi ini kdalam molaritas, molalitas, dan ppm.
    Mohon dijawab, terimakasih

  26. Mhon bntuan x, brpkah stok lrutn Fe yg hrus sya ambl untk 10 lter media hirdoponik dengan konsentrasi Fe 50 ppm?

  27. mohon bantuannya donk, kalau saya ingin membuat larutan AlCl3 2% dari alcl3 98% M=133,34 g/mol, ?

  28. mohon bantuan pak…
    saya mau membuat larutan garam 0,1 ppm dalam 1 liter air…bagaimana caranya pak?

  29. Mohon bantuannya dong, 0,02 g NaOH dilarutkan dalam air sehingga vol larutan 250 ml. Hitung konsentrasi dalam satuan molal dan ppm, makasih

  30. mohon bantuannya, 16 gr kaporit, dengan volume air 400 liter, maka brp ppm ya jawabannya…? terima kasih

    1. kan ppm = mg/l
      jadi ya kaporitnya jadikan miligram dlu
      16 gr=16000mg
      ppm= 16000mg/ 0.4L
      Ppm= 40.000
      jadi ya 40.000ppm konsentrasinya

  31. kak saya punya zat sano yg mengandung 1500 ppm vit k, berapa sano saya harus timbang bila membuat tablet dengan dosis vit k 45 mcg, thanks ya kak

  32. Kalo misalnya diketahui lar glukosa 1,2 m (mr 180) lalu ditanya persen massa glukosa…?

    1. Berarti hitung massa glukosa dan air. Nanti di bandingkan

  33. bagaimana caranya mengkonversi dari kapasitas antioksidan sebesar 185865,77 mg/L kedalam persen??

    1. Melalui ppm. Jadi mg/L=ppm
      ppm = 1/1000000 = 0.000001%
      185865.77 x 0.000001% = 0.18586577%

  34. bisa tolong dibantu contoh soal nya ? terima kasih.

  35. Saya mau tanya

    cara mendapatkan NaOH 0,1N itu bgmna cara x yh

    1. N=(gram/BE)×(1000/ml larutan)
      Misal larutan yg akan dibuat 100 ml
      0.1N=(gram/40)×(1000/100)
      gram = 0.4 gram

      Cara membuat: 0.4 gram NaOH dilarutkan hingga mjd 100 ml larutan dengan H2O

  36. 1.sebanyak 2.5gram NaCl dilarutkan dalam air.Hitung konsentrasi larutan jika dinyatakandalam satuan Molaritas dan gr/L

  37. kalau cara menghitung fraksi berat / berat itu bagaimana ya rumusnya ?

  38. mohon bantuannya. saya punya larutan yang mengandung Cl- sebanyak 10rb PPM. berapa banyak NH4Cl yang harus saya tambahkan untuk mendapatkan larutan yang mengandung Cl- 20rb PPM? btw, rumusnya seperti apa ya?

  39. […] (Baca Juga cara menghitung konsentrasi suatu zat) […]

  40. permisi, saya mau bertanyak boleh ? jika diketahui 1ppm 1/1.000.000 berapa % b/v dan ppm dari zat x seberat 23 mg/ml ? mohon bantuan nya, terimakasih

    1. 1 ppm ini setara dengan 1mg/L
      jadi kalau 23mg/ml . tinggal di konversikan ml menjadi L .
      23 mg/ml x 1000 ml/L = 23.000 mg/L – 23.000 ppm

      jika di jadikan % m/v maka 23.000/1.000.000 x 100% = 2.3%

  41. Saya mau tanya bagaimana konversi hasil analisa dari satuan % ke meq/100 gr ? misa kadar ca terlarut: 1.97% bila dikonversi menjadi meq/100 gr berapa ya? terima kasih

  42. Kak mau tanya, hubungan antara ppm dan mikro Molar kak?

    1. Kalau ppm sih gak ada satuan kimianya. Lebih ke satuan fisik aja.

      Kalau udah molarkan perhitungan kimia.

  43. Assamualaikum
    Mau tanya..
    Cara hitung untuk mendapatkan konsentrasi ethepon 150 ppm gmna ya ?
    Mhon bantuannya trimaksih 🙏

  44. Permisi. mohon bantuan..
    sy mau buat larutan :
    1. 100ppm dengan konsentrasi 1% dengan volume air 1jt liter, brp gram kebutuhan chemical yg sy butuhkan.?
    2. 200ppm, 2%, 1jt liter.?
    3. 300ppm, 2%, 1jt liter.?

    terima kasih..

  45. kalau untuk air 25 liter= 25 mL NAOCL. BERAPAKAH ppm nya?
    terimakasih

  46. Kalau liquid+solid apakah perlu menggunakan fraksi mol/volume/massa?

Tinggalkan Balasan ke 1304103010074@che.unsyiah.ac.id Batalkan balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.